SAPedia

5 Cara Packing Sepatu yang Tepat Agar Tidak Mudah Rusak

cara packing sepatu

Menjual sepatu secara online atau melalui marketplace memiliki risiko yang cukup besar. Pasalnya, jika sepatu yang dikirim rusak atau penyok, maka Anda akan mendapat komplain dari pelanggan. Reputasi toko online Anda pun akan buruk di mata mereka. Oleh karena itu, pastikan Anda tahu cara packing sepatu untuk dikirim yang tepat guna memberikan layanan terbaik.

Packing atau kemasan sangat mempengaruhi isi dari paket. Jika sepatu dikemas dengan rapi, maka sepatu akan sampai ke tangan pelanggan dalam keadaan baik. Terlebih jika Anda mengemas sepatu dengan cantik, pelanggan akan puas berbelanja di toko Anda.

Nah, berikut ini SAP Express akan memberikan beberapa tips atau cara packing sepatu yang rapi, cantik, dan mudah namun tetap aman sampai tempat tujuan. Yuk, simak!

1. Cek Kondisi Sepatu

Sebelum mengirim sepatu, pastikan terlebih dahulu bahwa kondisi sepatu yang Anda kirim dalam keadaan baik. Dalam hal ini, lakukan quality control terhadap produk Anda supaya pelanggan tidak mendapatkan sepatu dalam keadaan rusak. Pastikan juga ukuran dan tipe sepatu sesuai dengan pesanan dan tidak tertukar satu sama lain. 

Untuk sepatu yang dijual dalam keadaan second, Anda bisa mencucinya terlebih dahulu agar lebih bersih dan menarik. Jadi meskipun bekas, sepatu masih tampak baru dan layak untuk dibeli. 

Baca juga: Begini Cara Packing Buku yang Aman dan Anti Rusak

2. Gunakan Plastik Pelindung

Setelah memastikan kondisi sepatu, cara packing sepatu berikutnya adalah dengan memasukkan sepatu tersebut ke dalam plastik pelindung. Pisahkan sepatu menggunakan plastik yang berbeda jika terdapat lebih dari 1 buah sepatu yang dikirim. Tujuannya adalah agar kondisi sepatu tetap aman dan terjaga kualitasnya selama proses pengiriman.

3. Masukkan ke dalam Kardus yang Pas

Tidak hanya dimasukkan ke dalam plastik saja, Anda juga perlu menyiapkan kardus untuk mengemas sepatu yang hendak dikirim. Kardus yang digunakan perlu memiliki kualitas yang baik agar tidak penyok atau sobek di perjalanan. 

Selain itu, pilih kardus yang baru serta memiliki ukuran yang pas dengan sepatu. Hindari celah kosong di dalam kardus yang berisiko membuat sepatu terguncang kemudian rusak.

4. Tambahkan Bubble Wrap

Untuk meningkatkan keamanan produk selama pengiriman, Anda bisa menambahkan bubble wrap sebagai salah satu cara packing sepatu. Bubble wrap berfungsi sebagai pelindung sepatu dari berbagai kemungkinan dan risiko, seperti terguncang atau terbentur.

Harga bubble wrap juga tidak terlalu mahal sehingga Anda bisa memberikan pelindung ini secara cuma-cuma, atau meminta pembeli untuk menambahkan bubble wrap dalam pesanannya.

Baca juga: Begini Cara Menulis Alamat Paket yang Tepat

5. Berikan Tanda ‘Fragile’

Meskipun sepatu bukanlah barang pecah belah, namun jenis sepatu tertentu cukup rentan dan berisiko rusak. Oleh karena itu, tambahkan stiker atau tanda ‘fragile’ pada kemasan box. Tanda ini berfungsi untuk memberi tanda bahwa produk yang dikirimkan merupakan barang yang mudah pecah atau rusak.

Nantinya petugas ekspedisi akan lebih berhati-hati dalam menjaga dan mengirimkan produk yang dilengkapi dengan tanda tersebut. Cara packing sepatu ini cukup aman untuk menjaga kualitas produk agar tetap baik dan aman sampai ke tangan pelanggan.Itulah 5 cara packing sepatu yang tepat dan aman agar kondisi sepatu tetap baik di perjalanan. Jangan lupa untuk menggunakan jasa packing terpercaya yang ada di SAP Express yang menjamin paket yang Anda kirim tiba dengan selamat. Bila perlu, tambahkan asuransi guna meminimalisir risiko yang mungkin terjadi. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.