Finance

5 Tips Cara Mencapai Financial Freedom Di Usia Muda

cara mencapai financial freedom

Apakah Anda sudah terbayang ingin mencapai financial freedom, atau kebebasan finansial di usia berapa? Bagi Anda yang ingin mencapainya, tentunya Anda perlu bekerja keras sedari dini, dan memiliki perencanaan keuangan yang baik. Memang terlihat sulit, namun jika Anda mengetahui tipsnya, Anda bisa meraih financial freedom di usia muda lho! Lantas, apa itu financial freedom dan bagaimana cara mencapai financial freedom? Simak ulasan selengkapnya berikut ini yuk!

Apa itu Financial Freedom?

Bagi Anda yang bertanya-tanya, apa sih sebenarnya financial freedom yang diidamkan oleh orang-orang? Melansir dari laman Forbes, financial freedom adalah mencapai tujuan di mana Anda dapat bernapas, dan Anda tidak perlu bekerja terlalu keras hanya untuk bertahan atau khawatir tentang membayar tagihan tepat waktu. Orang-orang yang sudah mencapai kebebasan finansial ini, tidak perlu lagi bersusah payah bekerja keras untuk memenuhi kebutuhannya. 

Baca Juga : Ide Bisnis Anak Muda, Modal Kecil Untung Besar

Sangat menarik bukan? Anda tidak perlu lagi bekerja setiap senin sampai jumat, jam 9 hingga jam 5 sore hanya untuk membayar cicilan Anda setiap bulannya. Sebab, dengan mencapai financial freedom, itu berarti Anda sudah memetik hasil dari kerja keras Anda, seperti mengumpulkan aset, tabungan, pemasukan pasif, dan yang lain-lainnya. Anda yang masih muda pun juga bisa mencapai financial freedom ini. Bagaimana caranya?

Cara Mencapai Financial Freedom

Nah, setelah mengetahui apa itu financial freedom, selanjutnya adalah bagaimana cara untuk mencapai financial freedom? Berikut adalah tipsnya untuk Anda.

1. Belajar Cara Membuat Anggaran 

Cara pertama untuk bisa mencapai financial freedom yaitu dengan belajar cara membuat anggaran. Untuk bisa menjadi maju, Anda perlu memiliki rencana untuk segala aspek dalam kehidupan Anda, salah satunya termasuk uang. Kebebasan finansial tidak mungkin dapat dicapai apabila Anda tidak hidup dengan yang namanya anggaran. Langkah pertama yaitu dengan mengetahui kemana saja uang Anda dibelanjakan. Tertarik mencobanya?

2. Hindari Hutang

Untuk bisa mencapai financial freedom, Anda tentunya harus terbebas dari lilitan hutang. Jika Anda saat ini memiliki hutang seperti kartu kredit, cicilan motor atau mobil, inilah saatnya untuk menghentikannya. Jika Anda sudah memiliki hutang, pastikan Anda melunasinya sesegera mungkin, dan niatkan dalam hati untuk tidak lagi berhutang. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk mencapai financial freedom. 

3. Simpan Uang Untuk Hal Darurat

Apabila tujuan Anda adalah untuk mencapai financial freedom, Anda perlu menyiapkan dana darurat. Memang hal-hal yang emergency adalah suatu yang ingin dihindari, namun kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Oleh sebab itu, Anda bisa menyisihkan sebagian dari pendapatan Anda setiap bulannya untuk dana darurat. Idealnya, Anda perlu menambah dana darurat untuk menutupi pengeluaran 3-6 bulan setelah Anda keluar dari hutang. 

4. Investasi Untuk Masa Depan Pensiun Anda

Sekarang, setelah Anda sudah memiliki rencana untuk tabungan jangka pendek, Anda kini siap dengan pilihan investasi jangka panjang Anda. Hal baiknya adalah, semakin cepat Anda mulai berinvestasi, maka semakin banyak waktu yang dimiliki uang Anda untuk berkembang. Untuk Anda yang mungkin masih bingung berapa banyak yang harus Anda investasikan, Anda bisa investasi 15% dari penghasilan Anda untuk masa pensiun nantinya. 

Baca Juga : Waspadai Ciri-ciri Investasi Bodong, Jangan Mudah Tertipu!

5. Prioritaskan Kesehatan 

Cara mencapai financial freedom yang selanjutnya adalah dengan memprioritaskan kesehatan. Kita pastinya mengetahui bahwa diet sehat dan olahraga baik untuk kesehatan Anda. Nah, ternyata ketika Anda menjaga kesehatan fisik, mental serta spiritual, Anda juga menjaga kesehatan keuangan Anda. Terdapat sebuah penelitian yang membuktikan orang dewasa di Amerika Serikat yang mengikuti pola makan sehat, pengurangan penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2 dan penyakit Alzheimer bisa menghemat biaya sebesar $88,2 miliar, lho!

Nah, demikianlah 5 tips cara mencapai financial freedom di usia muda. Memang terdengar sulit untuk mencapainya, namun jika Anda niat sedari awal, Anda akan mencapai financial freedom lebih cepat dari orang lain. Semoga artikel kali ini dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *