Bisnis

6 Tujuan Promosi Produk, Simak Strategi Memulai Bisnis ini!

tujuan promosi

Tujuan promosi produk membantu dalam membuat produk Anda terjual lebih luas dan mudah.Umumnya, melakukan promosi adalah untuk membujuk dan mempengaruhi calon pembeli supaya segera membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Selain itu, promosi adalah kegiatan yang paling penting dalam dunia pemasaran atau marketing di perusahaan. Oleh karena itulah akan lebih baik apabila Anda mempertimbangkan referensi promosi paling terkini dan menguntungkan.

Apa Itu Promosi?

Mengutip dari sumber Wikipedia menjelaskan bahwa pengertian promosi merupakan usaha untuk mengiklankan produk tertentu untuk membangun penjualan yang lebih baik. Dari segala definisi tentang promosi maka bisa ditarik kesimpulan bahwa promosi adalah sebuah upaya untuk menginformasikan, memengaruhi, menyebarluaskan, menawarkan, dan mengajak masyarakat untuk menjadi pelanggan sebuah produk dari sebuah produk atau jasa.

Apa Tujuan Promosi?

Pelaku usaha yang melakukan promosi tentunya untuk menggapai suatu tujuan tertentu, inilah salah satu tujuan:

1. Menginformasikan (Informing)

Menurut repository.iainkudus.ac.id oleh S Fu’ain, tujuan promosi adalah untuk menginformasikan berbagai jenis produk yang ditawarkan kepada target pasar. Contohnya yaitu memberikan informasi tentang kualitas, harga, dan manfaat produk tersebut.

Baca Juga : Inilah Kunci Sukses Menjadi Pengusaha Muda, Tertarik?

2. Membujuk Pelanggan (Persuading)

Selanjutnya adalah membujuk sesuai sifat iklan yang biasanya mempengaruhi atau persuading. Promosi juga berperan untuk mendorong komunikasi untuk pelanggan jangka pendek maupun jangka panjang. Membujuk pelanggan tentunya tidak mudah dilakukan dan perlu banyak strategi agar dapat membujuknya agar menggunakan prokuk.

3. Mengubah Tingkah Laku

Promosi dapat mengubah tingkah laku pada masyarakat. Dengan kegiatan promosi, konsumen tidak bergantung pada satu jenis produk namun juga dapat mengubah perspektif pada produk dan membandingkan produk yang satu dengan yang lainnya sehingga dapat memilih yang terbaik.

4. Meningkatkan Keuntungan (Laba)

Promosi yang dilakukan dengan menarik akan berdampak sangat baik terhadap penjualan. Penjualan dalam jumlah besar akan meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

5. Mengingatkan Suatu Brand/Merek (Reminding)

Mengingatkan pelanggan juga termasuk tujuan promosi. Dengan sering mengingatkan setiap saat maka kemungkinan besar masyarakat akan lebih mengingat produk karena merasa familiar dengan keberadaan produk tersebut. Tujuan promosi sebagai pengingat merek yaitu mengikat hati masyarakat agar tidak lupa dengan produk yang dipasarkan oleh penjual.

6. Membedakan Produk dengan Produk Pesaing

Tujuan promosi yang selanjutnya adalah untuk membedakan produk dengan pesaing. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengetahui apa yang menjadi kelebihan dari produk atau jasa Anda. Tanyakan pada diri sendiri, apakah produk Anda mampu untuk menjadi solusi bagi kebutuhan pelanggan, dan keunggulan apa yang bisa produk Anda tawarkan dibandingkan dengan pesaing di industri Anda.

Fungsi Promosi 

Pada dasarnya orang memulai strategi memulai bisnis dengan promosi.Inti dalam kegiatan promosi adalah daya tarik produk barang dan jasa. Untuk menciptakan daya tarik, seseorang akan mempromosikan dengan menonjolkan kelebihan produk. Fungsi promosi lainnya yaitu menarik perhatian masyarakat yang nantinya akan menjadi target pasarnya. Melalui promosi, masyarakat diharapkan tertarik dan mengkonsumsi produk atau jasa tersebut.

Jenis-Jenis Promosi

Untuk melakukan promosi, Anda harus memilih berbagai jenis promosi yang tersedia. Supaya bisa menyesuaikan dengan produk atau jasa yang akan Anda iklankan. Maka dari itu,  simak berikut jenis-jenis promosi berikut ini agar lebih memaksimalkan tujuan promosi Anda.  Inilah penjelasannya:

1. Iklan (Advertising)

Iklan adalah bentuk jenis promosi yang digunakan perusahaan untuk menjual barang ataujasa. Misalnya pada pemasaran jasa, periklanan berperan untuk membangun kesadaran atau awareness atas jasa yang ditawarkan.

Baca Juga : 3 Ide Usaha Modal Kecil Namun Untung Besar, Intip Yuk!

2. Promosi Penjualan (Sales Promotion)

Promosi penjualan adalah kegiatan yang bertujuan meningkatkan arus produk atau jasa dari produsen sampai hingga penjual akhir. Umumnya, promosi penjualan terdiri dari brosur, information sheets, dan sebagainya.

3. Promosi Mulut ke Mulut (Word of Mouth)

Masyarakat juga berperan penting dalam kegiatan promosi. Pasalnya, ketika ada seorang yang telah membeli atau menggunakan produk kita. Lalu, jika responnya positif maka tentu saja pembeli akan ada potensial untuk membeli nya lagi di kemudian hari.

4. Hubungan Masyarakat (Public Relation)

Hubungan dengan banyak pihak menjadi hal penting dalam kegiatan promosi. Public relation yang baik berusaha untuk melakukan promosi dengan rencana yang matang dan berjalan dengan baik sehingga membuka peluang marketing dan meningkatkan penjualan produk atau jasa.

5. Pemasaran Langsung (Direct Marketing)

Jenis pemasaran yang selanjutnya adalah direct marketing, yang berarti promosi yang dilakukan secara langsung kepada konsumen, tanpa adanya pihak ketiga, seperti media massa. Metode pemasaran ini biasanya menggunakan media seperti surat, email, media sosial, ataupun kampanye SMS. 

6. Personal Selling

Secara sederhana, personal selling bisa diartikan sebagai interaksi langsung antara seorang penjual dengan calon pembeli, di mana tujuan utamanya adalah untuk memberikan informasi dan pemahaman mengenai sebuah produk atau merek yang ditawarkan. Hal ini bertujuan agar calon pelanggan merasa tertarik dan bersedia mencoba serta membeli produk tersebut.

Kegiatan promosi merupakan salah satu kegiatan yang penting dalam pemasaran produk. Sesuai tujuan promosi, produk diharapkan bisa dikenal dan memberi manfaat pada konsumen. Produk dengan kualitas baik dan  promosi yang berkualitas dapat memberi keuntungan untuk perusahaan dan konsumen. Hal sebaliknya terjadi jika materi promosi tidak disusun dengan baik. Karena itu, perusahaan atau penjual harus bekerja kertas dan membuat strategi promosi berkualitas. Semoga informasi tentang tujuan promosi dapat bermanfaat untuk memulai bisnis Anda. Selamat mencobanya!

peluang bisnis modal kecil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *