Finance

6 Cara Menabung Unik dan Bikin Semangat, Yuk Praktikkan!

cara menabung unik

Kesulitan untuk menyimpan dan menyisihkan uang? Anda harus tahu cara menabung unik yang efektif dan mudah berikut. Dengan cara ini, menabung akan terasa menyenangkan dan tidak terasa berat sehingga tanpa disadari tabungan Anda sudah banyak.

Salah satu menjaga agar finansial aman di masa depan adalah dengan rajin menyisihkan uang. Anda tidak harus menabung dengan nominal besar secara langsung. Yang lebih penting, Anda harus konsisten karena seperti kata peribahasa “sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.”

Lalu bagaimana cara menabung yang unik dan bikin semangat itu? Nah, beberapa cara berikut ini bisa Anda coba.

5 Cara Menabung Unik yang Mudah Dipraktekkan

Menabung tidak harus dilakukan di bank dengan nominal yang besar. Anda bisa mulai menabung dari rumah dengan nominal kecil asalkan konsisten melakukannya. Berikut ini beberapa cara menabung yang unik dan mudah untuk dipraktikkan.

1. Menabung Sesuai Tanggal

Menabung sesuai tanggal bisa menjadi salah satu cara menyisihkan uang paling unik dan bikin semangat. Seperti namanya, Anda harus rutin menabung setiap hari sesuai dengan nominal yang disesuaikan dengan tanggal pada hari tersebut. Contohnya, saat tanggal 1 Anda menabung 1000, tanggal 2 menabung 2000 dan begitu seterusnya hingga tanggal 30 atau tanggal 31.

Baca Juga : 6 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Tepat

2. Menabung Uang Receh

Mungkin masih banyak orang yang menyepelekan uang receh seperti pecahan koin 500 dan 1000. Padahal jika dikumpulkan secara konsisten dan dalam waktu lama, uang receh tersebut bisa menjadi nominal yang besar. Cara menabung unik cocok untuk semua umur, termasuk pelajar yang mana bisa memasukkan sisa uang saku ke celengan setiap harinya.

3. Menabung Uang Kertas dengan Nominal Tertentu

Cara unik lainnya yang bisa Anda praktekkan adalah menabung uang kertas dengan nominal tertentu. Misalnya saja, Anda setiap hari harus menyisihkan uang kertas dengan nominal 5000 atau 10.000. Meski terlihat kecil, akan tetapi jika dilakukan secara konsisten dan terus menerus, hasilnya akan banyak.

4. Mengikuti Arisan

Mengikuti arisan juga bisa menjadi cara cepat menabung yang dapat Anda coba. Anda bisa mengajak teman atau tetangga untuk melakukan kegiatan arisan pada hari-hari tertentu dengan nominal yang disepakati bersama. Setiap anggota nantinya akan mendapatkan uang arisan secara bergilir. Semakin banyak anggota arisan, maka akan semakin besar uang yang bisa Anda kumpulkan.

Baca Juga : Catat, Ini 5 Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Usaha yang Cocok untuk Pebisnis!

5. Menabung Menggunakan Celengan Target

Menabung menggunakan celengan target beberapa waktu belakangan memang tengah populer di masyarakat. Biasanya setiap celengan target akan dilengkapi dengan catatan nominal uang yang harus Anda masukkan setiap harinya. Contohnya saja seperti cara menabung 50 30 20 selama beberapa waktu hingga mencapai target yang Anda inginkan. Setiap nominal uang yang Anda masukkan, jangan lupa untuk mencoret catatan nominalnya agar tahu kapan target tersebut akan selesai.

6. Menabung dari Uang Kembalian

Siapa sangka menyisihkan uang kembalian di dalam wadah khusus atau celengan bisa memberikan hasil yang besar jika dilakukan secara konsisten. Setiap kali selesai belanja, sisa uang tidak dimasukkan ke dalam dompet lagi, akan tetapi langsung masukkan ke celengan meski uang receh sekalipun.

Pada dasarnya menabung itu bukan hal sulit jika Anda memiliki tujuan dan konsisten melakukannya. Beberapa cara menabung unik di atas bisa Anda coba karena selain bikin semangat, hasilnya bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan yang penting maupun darurat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *