Logistik

Agar Aman Bertransaksi, Yuk Perhatikan Tips COD Bagi Penjual Berikut Ini!

tips cod

Sistem COD atau Cash on Delivery merupakan salah satu metode pembayaran dalam transaksi online. Metode pembayaran ini memungkinkan pembeli untuk membayar pesanan saat paket tiba di tempat tujuan. Sistem ini banyak dipakai oleh para penjual online melalui marketplace. 

Sistem COD mirip dengan transaksi konvensional atau offline yang mana pembeli baru membayarkan pesanan setelah melihat barang secara langsung ketika paket tiba di rumah. Pembayaran tersebut bisa dititip pada kurir saat barang diterima untuk transaksi melalui marketplace atau dibayarkan langsung pada penjual (ketika penjual mengirimkan barang langsung pada pembeli).

Nah, lantas bagaimana tips COD bagi penjual agar transaksi aman dan minim kerugian? Berikut ulasannya.

Baca Juga : Tips dan Trik Jualan Online via Facebook Tanpa Modal Besar!

1. Pastikan Produk Sesuai dengan Deskripsi

Untuk menghindari pengembalian barang karena barang tidak sesuai pesanan, pastikan Anda telah mengecek deskripsi produk sebelum menjual barang. Pastikan barang yang dibeli oleh pembeli sudah sesuai dengan deskripsi produk yang tertera pada marketplace.

Pasalnya, ketika barang tidak sesuai dengan ekspektasi pembeli, bukan tidak mungkin pembeli akan mengembalikan barang Anda. Oleh sebab itu, cek kembali dengan teliti sebelum mengirimkan produk.

2. Pastikan Alamat Pembeli Valid

Tips COD bagi penjual berikutnya adalah memastikan bahwa alamat pembeli sudah benar dan valid. Hindari kesalahan pada penulisan alamat yang berakibat fatal. Jika alamat salah dan paket tidak diterima dengan baik, maka paket akan dikembalikan. Tentunya ini merugikan Anda sebagai penjual.

3. Pastikan Nomor Telepon Pembeli Aktif

Selain memastikan alamat sudah sesuai, Anda juga perlu memastikan bahwa nomor telepon pembeli aktif dan valid. Hal ini akan memudahkan Anda atau kurir pengantar saat mengirimkan barang kepada pembeli. Selain itu, akan lebih baik jika nomor telepon tersebut terhubung pada aplikasi Whatsapp yang akan semakin mempermudah komunikasi.

Baca Juga : Lakukan Tips-tips Jitu ini Saat Bertransaksi COD

4. Bertransaksi di Lokasi yang Ramai (Jika Tidak Melalui Marketplace)

Jika Anda melakukan transaksi langsung pada pembeli (tidak melalui marketplace) dan Anda yang mengantar pesanan COD secara langsung, maka pilihlah lokasi COD yang ramai dan mudah ditemukan. Pastikan juga titik pertemuan tersebut dekat dengan lokasi Anda dan pembeli. Jika perlu, ajak teman untuk menemani Anda agar transaksi berjalan dengan lebih aman.

5. Pilih Ekspedisi yang Terpercaya

Tips COD bagi penjual berikutnya adalah memilih kurir ekspedisi yang terpercaya. Jika transaksi dilakukan melalui ekspedisi, maka pilihlah ekspedisi yang benar-benar terpercaya. Salah satunya adalah SAP Express. SAP Express merupakan jasa pengiriman paket dan dokumen secara COD dengan jangkauan yang luas, yaitu lebih dari 200 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Itulah beberapa tips COD bagi penjual yang perlu Anda perhatikan. Anda juga perlu memastikan bahwa pembeli telah membayar sesuai pesanan sebelum barang diberikan. Hal ini penting untuk menghindari segala bentuk penipuan yang merugikan Anda sebagai penjual. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *