Bisnis

Analisis SWOT Pada Bisnis Online yang Perlu Anda Ketahui

analisis swot bisnis online

Anda mungkin sering mendengar istilah SWOT, yaitu abreviasi dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats. Analisis SWOT ini bisa dilakukan untuk bisnis maupun untuk mengukur diri sendiri. Bagi bisnis, SWOT perlu dianalisis untuk mengetahui risiko yang sekiranya bisa ditemui di kemudian hari. Dengan begitu, pemilik bisnis bisa melakukan strategi menghindari risiko ini. 

Lantas bagaimana cara melakukan analisis SWOT untuk bisnis online? Sebelum Anda memulai bisnis online, sebaiknya Anda mengetahui SWOT untuk membantu keputusan bisnis nantinya. Yuk simak artikel berikut ini!

Apa itu Analisis SWOT dalam Bisnis?

Analisis SWOT merupakan kependekan dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats yang seringkali digunakan dalam dunia bisnis untuk mengetahui bagaimana kelebihan, kekurangan maupun risiko yang dapat dihadapi. Melansir laman Investopedia, analisis SWOT adalah kerangka kerja yang digunakan untuk mengevaluasi posisi kompetitif perusahaan dan untuk mengembangkan perencanaan strategis. 

Anda sebagai pemilik bisnis online juga perlu untuk memahami bagaimana cara analisis SWOT ini. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui keputusan bisnis yang akan Anda hadapi di kemudian hari. 

Baca Juga : Jenis dan Faktor dalam Menentukan Strategi Harga Produk

Manfaat SWOT

Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari analisis SWOT, seperti yang dilansir dari laman web investopedia, yaitu sebagai berikut:

  1. Analisis SWOT membuat masalah kompleks mudah ditangani: Dalam bisnis, tentunya terdapat banyak data yang perlu dianalisis, dan dipertimbangkan. Dengan adanya analisis SWOT yang sudah tersedia, Anda bisa memilih ide-ide yang sesuai dengan kepentingan bisnis. 
  2. Analisis SWOT membutuhkan pertimbangan eksternal: Seringkali bisnis hanya mempertimbangkan faktor internal saja ketika membuat sebuah keputusan. Analisis SWOT ini juga mencakup faktor internal dan eksternal untuk membantu membuat keputusan bisnis. 
  3. SWOT bisa diterapkan pada setiap pertanyaan bisnis: Analisis SWOT ini bisa berhubungan dengan organisasi, tim, ataupun individu. Selain itu juga dapat menganalisis lini produk, maupun perubahan merek bisnis. 
  4. Analisis SWOT memanfaatkan sumber data yang beragam: Selain mengumpulkan informasi internal, melakukan analisis SWOT berarti juga mengumpulkan informasi eksternal yang berhubungan dengan pasar luas maupun kompetitor. 

Kenapa SWOT Diperlukan Dalam Bisnis Online?

Sebagai pemilik bisnis online, Anda perlu untuk melakukan analisis SWOT ini. Dengan beragamnya kompetitor bisnis yang semakin menjamur, Anda perlu untuk melakukan strategi bisnis, agar tetap bertahan. Dengan analisis SWOT yang memperhatikan faktor internal dan eksternal, bisnis Anda bisa maju dan bisa meminimalisir risiko yang ada di masa yang akan datang. 

Faktor Penting dalam Analisis SWOT

Apa saja faktor penting dalam analisis SWOT? Yuk kita lihat penjelasannya berikut ini:

1. Strength

Strength merupakan kekuatan ataupun hal-hal yang bisa dilakukan oleh organisasi Anda dengan sangat baik, yang membedakan dengan para kompetitor Anda. Ini bisa jadi merupakan motivasi-motivasi atau kekuatan dari produk atau jasa yang Anda berikan. Sebelum menentukan kekuatan dari bisnis Anda, Anda perlu bertanya kepada diri sendiri nilai bisnis apa yang Anda miliki, yang tidak dipunyai kompetitor lain.

2. Weakness

Selain kekuatan, Anda juga perlu untuk mengetahui kelemahan yang bisnis Anda miliki. Kelemahan pada dasarnya melekat pada organisasi, seperti halnya kekuatan. Oleh karena itu, Anda perlu fokus kepada sumber daya, sistem serta prosedur bisnis online Anda. Pikirkan mengenai apa yang bisa Anda tingkatkan, dan apa yang perlu dihindari. Selain itu, jujurlah mengenai kelemahan ini, agar Anda bisa memperbaiki diri dan berkembang di masa depan. 

Baca Juga : Mengenal Cashback Marketing, Keuntungan dan Strateginya

3. Opportunity

Faktor penting selanjutnya dalam analisis SWOT adalah opportunity, atau adanya peluang. Hal ini pada umumnya bisa muncul dari luar organisasi Anda ataupun sebagai perkembangan di pasar yang Anda layani. Pikirkan mengenai peluang yang mungkin bisa terjadi, dan setelah menemukannya, Anda perlu untuk memanfaatkan peluang tersebut. Misalnya tren pasar yang sedang digemari. 

4. Threats

Terakhir, yaitu ancaman yang tidak luput dari faktor analisis SWOT. Threats, merupakan segala sesuatu yang bisa mengancam bisnis Anda seperti masalah pada rantai pasokan atau yang lainnya. Dengan analisis SWOT ini, Anda bisa mengantisipasi adanya ancaman yang bisa datang menghampiri Anda. Oleh karena itu, pertimbangan apa yang bisa dilakukan oleh para kompetitor Anda. 

Contoh Analisis SWOT Bisnis Online

Berikut adalah contoh analisis SWOT bisnis online yang bisa Anda tiru. Untuk contoh kali ini, adalah bisnis online makanan dan minuman sop ayam. 

  • Strength: harga yang cukup terjangkau, harga supplier murah.
  • Weakness: Apabila makanan tidak laku, akan basi
  • Opportunities: memiliki rating toko bagus, sehingga bisa menjangkau konsumen lebih luas.
  • Threat: Sudah terdapat banyak kompetitor sop ayam di platform online. 

Nah, demikianlah pembahasan kali ini mengenai analisis SWOT pada bisnis online yang perlu Anda ketahui. Pastikan Anda melakukan analisis SWOT dengan baik, agar bisnis Anda bertahan dengan berbagai ancaman yang dihadapi. Semoga ulasan kali ini dapat menginspirasi Anda dan selamat mencoba melakukan analisis SWOT pada bisnis online Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *