Finance

Apa Arti dan Peran Akuntansi untuk Kemajuan Bisnis?

apa arti akutansi

Di dalam dunia akuntansi, orang yang paham dan mengaplikasikan ilmu tersebut disebut sebagai akuntan. Apakah hanya akuntan yang boleh menggunakannya? Tentu tidak, seorang pebisnis juga wajib mengetahui apa arti penting dari akuntansi.

Meskipun akuntansi penting untuk kebutuhan bisnis, tapi masih banyak pebisnis yang belum paham apa arti dan menggunakan akuntansi sebagai landasan bisnisnya.

Jika Anda belum mengetahui apa arti akuntansi atau hanya mengetahui dasarnya saja, mari kita cari tahu pengertian, jenis, peran, dan manfaat akuntansi dalam dunia bisnis di bawah ini.

Pengertian Akuntansi

Untuk mengetahui pengertian akuntansi, ada baiknya kita mengetahui apa arti akuntansi menurut parah ahli seperti di bawah ini.

1. Weygandt, Kieso, dan Kimmel

Menurut mereka, akuntansi adalah sebuah bagian sistem informasi yang mengidentifikasi sebuah catatan dan menginformasikan insiden ekonomi pada suatu organisasi terhadap pengguna yang berkepentingan. 

Investor, manajer perusahaan, akuntan, dan instansi pemerintah adalah pengguna-pengguna yang berkepentingan dan berperan besar dalam akuntansi. 

Baca Juga : Cost of Goods Sold: Penjelasan, Rumus, dan Manfaat

2. Sunyanto 

Sunyanto berpendapat bahwa akuntansi merupakan tahapan proses pengumpulan, pengidentifikasian, mencatat, penggolongan, peringkasan serta penyajian laporan dari banyaknya transaksi keuangan. 

Proses di atas, ditafsirkan dengan baik sehingga hasilnya berguna untuk pengambilan keputusan yang berhubungan dengan keuangan.

3. Suparwoto L 

Bagi Suparwoto L, akuntansi adalah sebuah teknik untuk mengukur atau mengelola transaksi keuangan dan memberikan hasil pengelolaan dalam bentuk informasi kepada pihak internal maupun eksternal perusahaan.

Apa yang bisa disimpulkan dari pengertian para ahli di atas? Arti akuntansi adalah pencatatan transaksi keuangan dalam bentuk informasi untuk kepentingan pihak internal dan eksternal perusahaan.

Jenis-jenis Akuntansi

Setelah mengetahui penjelasan tentang apa arti akuntansi dari para ahli di atas, ketahui juga beberapa jenis akuntansi, bisa jadi perusahaan Anda membutuhkan akuntan jenis tersebut.

1. Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)

Sesuai namanya, akuntansi keuangan atau akuntansi umum mengatur unit ekonomi secara menyeluruh dan berhubungan langsung dengan pelaporan keuangan untuk pihak di luar perusahaan.

Laporan keuangan yang dimaksud adalah neraca, laporan laba rugi, laporan laba ditahan selama jangka waktu tertentu dan laporan perubahan modal. 

2. Akuntansi Manajemen (Management Accounting)

Akuntansi manajemen memiliki fungsi khusus, yaitu membantu perusahaan untuk memperlancar jalannya manajemen sehingga dapat mengembangkan bisnis menjadi lebih berkembang.

Jenis akuntansi ini banyak digunakan untuk mengatur kegiatan perusahaan, mengontrol arus kas dan mencari jalan lain untuk pengambilan keputusan agar bisa membangun strategi agar tetap bisa bersaing.

3. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)

Akuntansi biaya memiliki tujuan untuk mengumpulkan, mencatat dan menganalisis biaya sehingga Anda dapat melakukan kontrol atas biaya pengeluaran.

Cost accounting memiliki fungsi mencatat dan menganalisis yang berfokus pada penetapan dan kontrol atas biaya yang akan terjadi atau sudah terjadi.

4. Akuntansi Pemeriksaan (Auditing)

Akuntansi pemeriksaan atau audit berfungsi sebagai pemeriksaan hasil pencatatan dan pelaporan keuangan sebuah perusahaan. Selain berfungsi sebagai pemeriksa, auditing juga berfungsi untuk kontrol atas ketaatan kebijakan perusahaan, prosedur serta efisiensi dan efektifitas suatu kegiatan perusahaan. 

Baca Juga : Hal yang Wajib Anda Ketahui tentang Buku Kas!

5. Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting)

Akuntansi perpajakan adalah akuntansi yang memiliki fungsi sebagai pengelola pajak usaha yang harus dilaporkan dan dibayarkan. Akuntansi ini membantu pihak manajemen untuk menentukan pilihan transaksi yang akan terjadi dan yang terkait dengan perpajakan. Oleh karena itu, pihak yang membantu haruslah mengerti undang-undang yang sedang berlaku.

6. Akuntansi Anggaran (Budgeting)

Akuntansi anggaran adalah bidang akuntansi yang bertugas untuk menyusun rencana keuangan yang berhubungan dengan kegiatan perusahaan untuk jangka waktu tertentu.

Ditambah juga, penganggaran bisa digunakan sebagai salah satu dasar untuk menentukan kebijakan selanjutnya, terutama penyusunan anggaran untuk perkembangan bisnis.

7. Sistem Akuntansi (Accounting System)

Sistem akuntansi adalah sistem pencatatan manual atau komputerisasi berbagai macam transaksi keuangan perusahaan dan menginformasikannya ke pihak manajemen..

Bidang akuntansi  ini bertujuan untuk menyusun dan menyimpan informasi, lalu memprosesnya sebagai materi pengambilan keputusan yang efisien dan sesuai visi misi perusahaan.

8. Akuntansi Pemerintahan (Government Accounting)

Biasanya, pebisnis tidak terlalu memperhatikan jenis akuntansi satu ini, itu dikarenakan akuntansi pemerintahan dijalankan oleh lembaga pemerintahan dengan cara pencatatan serta laporan keuangan transaksi pemerintahan.

Untuk lembaga pemerintahan, akuntansi tersebut berguna untuk menyajikan laporan keuangan, mengatur serta sebagai pengawas keuangan negara.

9.Akuntansi Perbankan (Bank Accounting)

Akuntansi perbankan berfungsi untuk dilakukan secara selektif untuk memberikan keuntungan bagi beberapa pihak, seperti pihak internal maupun eksternal. 

Keuntungan tersebut bisa dicapai dengan melalui berbagai macam proses, seperti pencatatan, pengklasifikasian, penganalisaan, dan penafsiran data keuangan.

Peran Penting Akuntansi dalam Sebuah Bisnis

Mengetahui apa arti dan jenis akuntansi bisa menambah pengetahuan Anda tentang hal tersebut. Tapi, tahukah Anda bahwa akuntansi memiliki peran penting dalam bisnis? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Penyedia Informasi dan Jawaban Keuangan

Seperti penjelasan di atas,  bidang akuntansi bisa berguna untuk menyediakan berbagai informasi sekaligus jawaban untuk kegiatan dan keadaan keuangan perusahaan.

Informasi tentang keuangan perusahaan akan dicatat pada sistem akuntansi yang akan memudahkan Anda untuk mengawasi kondisi keuangan perusahaan.

Selain itu, akuntansi akan memberikan informasi kekurangan dan kelebihan keadaan keuangan perusahaan sehingga Anda akan dengan mudah mengevaluasi performa bisnis. 

2. Pengendali Keuangan

Akuntansi juga bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui informasi data keuangan perusahaan, seperti: 

  • Apakah perusahaan sedang mempunyai masalah keuangan?
  • Apakah klien sudah melakukan pembayaran?
  • Apakah Keuangan yang didapat meningkat atau menurun?
  • Mengetahui alur pemasukan dan pengeluaran uang kas perusahaan

Dari data di atas, Anda dapat mengevaluasi kembali performa bisnis sehingga menjadikan akuntansi sebagai pengendali keuangan.

Baca Juga : Catat, Ini 5 Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Usaha yang Cocok untuk Pebisnis!

3. Penghubung ke Pihak Ketiga

Selain Anda dan pihak internal perusahaan, ada juga pihak eksternal perusahaan yang membutuhkan informasi keuangan, yakni stakeholder atau pemegang saham.

Pihak ketiga membutuhkan data keuangan perusahaan melalui seorang akuntan yang menjembatani kesepakatan antara pihak internal dan eksternal.

Data-data yang telah dikumpulkan akan dijadikan bahan pertimbangan oleh para pemegang saham, apakah mereka akan berinvestasi di perusahaan atau tidak?

Selain pemegang saham, akuntansi juga bisa menjadi jembatan antara internal perusahaan dan eksternal, yakni pemerintah. Hal tersebut berguna untuk pelaporan pajak dan audit perusahaan.

4. Pengambil Keputusan

Setelah memiliki informasi tentang keuangan perusahaan, Anda atau pemegang saham lain bisa dengan mudah mengambil keputusan dengan tepat dan bijak.

Seorang pemegang saham pastilah menghitung dengan detail sebelum berinvestasi. Oleh karena itu, pengambilan keputusan bisa dilakukan karena memiliki dasar yang kuat.

Setelah investor mempercayakan uangnya, mereka pasti menginginkan informasi yang up to date perihal keuangan perusahaan agar uang yang sudah diinvestasikan tidak hangus terbakar.

Mengapa Akuntansi Penting dalam Dunia Bisnis?

Dapat disimpulkan bahwa alasan tersebar akuntansi penting dalam dunia bisnis adalah akuntansi bisa memberikan informasi atau data mengenai keuangan perusahaan.

Selain hal di atas, akuntansi juga memiliki fungsi untuk kemajuan bisnis Anda, yakni:

  • Menjadi sumber informasi
  • Menjadi pertimbangan bisnis
  • Menjadikan dasar bahan evaluasi perusahaan
  • Memberikan arus keuangan yang tersalurkan selama satu periode

Demikian pembahasan tentang apa arti akuntansi, jenis, dan peran penting akuntansi dalam dunia bisnis. Perusahaan yang baik pastilah menggunakan akuntansi sebagai landasan dasar berbisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *