Logistik

Apa Itu Logistik, Tujuan dan Manfaatnya yang Perlu Anda Tahu

apa itu logistik

Istilah logistik pasti sudah tidak asing bagi banyak orang. Namun mungkin masih banyak yang belum memahami apa itu logistik dengan benar. Secara umum logistik adalah ilmu pengetahuan yang digunakan dalam proses penyimpanan, penyaluran, pemeliharaan hingga penghapusan terhadap barang atau alat tertentu.

Kegiatan logistik memiliki maksud, tujuan serta manfaat yang penting dalam kehidupan masyarakat. Untuk mengetahui apa itu logistic dalam perusahaan, apa tujuan hingga apa manfaatnya, berikut penjelasannya.

Apa Itu Logistik

Logistik berasal dari Yunani, Logos yang memiliki arti rasio, kalkulasi, pembicaraan, alasan dan juga orasi. Logistik adalah proses yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan terhadap suatu proses perpindahan baik berupa barang, jasa, energi hingga sumber daya lain dari satu tempat ke tempat lain.

Logistik juga bisa diartikan sebagai seni mengirim barang yang dilakukan secara modern, yang mana terdapat tahapan serta fungsi yang berguna agar bisa mencapai tujuan tertentu.

Tujuan Logistik

Kegiatan logistik dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan dari tugas logistik adalah untuk mendapatkan barang, waktu, jumlah pada kondisi yang tepat dengan biaya yang terjangkau, namun tetap mampu memberikan keuntungan bagi penyedia jasa logistik.

Baca juga: Yuk, Kenali Istilah Pengiriman Barang yang Kerap Digunakan Berikut Ini!

Aktivitas logistik dilakukan untuk menyediakan suatu barang yang dibutuhkan pada waktu dan tempat yang tepat. Dalam hal ini, perusahaan harus melakukan serangkaian kegiatan seperti proses pengadaan barang, produksi hingga distribusi. 

Secara umum, kegiatan logistic memiliki  tujuan, yaitu:

1. Tujuan Operasional

Tujuan operasional adalah menyediakan barang yang harus cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam beberapa hari kedepan. Setiap dari perusahaan logistik biasanya memiliki gudang yang disesuaikan dengan kebutuhan. Tujuannya tidak lain adalah untuk menghindari terjadinya kelangkaan atau kelebihan barang, sehingga perhitungan stok harus dilakukan dengan teliti.

2. Tujuan keuangan

Tujuan keuangan dari kegiatan logistik adalah untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin dan menekan kerugian seminimal mungkin. Logistik biasanya menawarkan pengiriman barang yang lebih terjangkau dari jenis pengiriman lainnya.

3. Tujuan keamanan

Tujuan keamanan dari kebutuhan logistik adalah memastikan bahwa barang yang akan dikirim bisa aman hingga sampai ke tangan penerima. Biasanya perusahaan logistik memiliki standar keamanan tersendiri untuk memastikan barang yang dikirim tidak akan rusak.

Manfaat Logistik

Logistik juga bisa memberikan banyak manfaat dalam proses penyediaan barang. Apa saja manfaatnya?

1. Merencanakan Pemenuhan Kebutuhan

Logistik bermanfaat untuk merencanakan pemenuhan kebutuhan. Hal ini karena kegiatan logistik memiliki jadwal dan pengaturan yang tepat sehingga bisa memastikan bahwa kebutuhan akan bisa terpenuhi setiap hari.khususnya untuk pengiriman barang kebutuhan pokok.

2. Sebagai Tempat Penyimpanan

Logistik juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan. Idealnya logistik memiliki gudang tersendiri yang telah memiliki jadwal teratur untuk setiap barang yang masuk maupun keluar. Dalam dunia logistik, keberadaan gudang di setiap wilayah memegang peran sentral dalam menjaga keamanan dan kualitas barang yang dikirim hingga mencapai tujuan akhir.

3. Memelihara Kualitas Barang

Manfaat logistik selanjutnya adalah untuk memelihara kualitas barang yang akan dikirim. Hal ini karena barang yang tersimpan di gudang logistik akan dicek secara berkala untuk memastikan kualitas barang tetap bagus. Hal ini juga mengurangi risiko barang mengalami cacat atau rusak saat diterima oleh pelanggan.

4. Manajemen Anggaran

Satu lagi manfaat dari adanya aktivitas logistik adalah untuk mempermudah dalam proses manajemen anggaran. Hal ini karena semua barang yang masuk maupun keluar dari gudang logistik akan dicatat dengan rinci sehingga proses pengiriman barang bisa lebih maksimal, cepat dan terjangkau. Selain itu, dengan pengeluaran dan pemasukan biaya dengan bijaksana, tujuan logistik adalah mencapai keuntungan dengan harga jasa yang ekonomis.

COD

Sistem Logistik

Nah, dalam logistik sendiri terdapat beberapa komponen utama yang perlu diperhatikan dalam sistem logistik, yaitu antara lain:

1. Lokasi Fasilitas Logistik

Sebelum memilih jenis transportasi yang akan digunakan, perusahaan melakukan pertimbangan yang cermat terhadap lokasi pengiriman logistik. Dalam komponen ini, perusahaan juga perlu merencanakan aspek lainnya, seperti ketersediaan stok, pihak penerima, pabrik, dan berbagai faktor lainnya. 

2. Transportasi

Komponen yang perlu diperhatikan dalam sistem logistik yang selanjutnya adalah transportasi. Hal ini berarti perusahaaan harus memilih metode transportasi yang sesuai untuk mengirimkan logistik. Selain itu, perusahaan juga perlu melakukan estimasi biaya dan mempertimbangkan potensi risiko yang dapat terjadi di kemudian hari. Oleh sebab itu, faktor-faktor seperti biaya, kecepatan, dan konsistensi pengiriman dapat mempengaruhi kualitas layanan transportasi. 

3. Manajemen Pengadaan Persediaan

Komponen dalam sistem logistik selanjutnya adalah manajemen pengadaan persediaan, yang merupakan faktor penting dalam struktur perusahaan yang bertanggung jawab untuk mengatur tingkat persediaan barang. Tujuan utama dari manajemen pengadaan persediaan ini yaitu untuk menjaga kuantitas barang agar sesuai dengan target layanan yang telah ditetapkan. 

Baca juga: Ini Pentingnya Gudang Online Untuk Kemajuan Bisnis Anda

4. Komunikasi

Dalam sistem logistik, komunikasi adalah elemen penting yang harus dipertahankan. Dengan adanya komunikasi, semua proses logistik barang bisa berjalan lebih lancar dan teratur. Oleh sebab itu, miskomunikasi antar kegiatan atau komponen logistik dapat dihindari. Sebab, komunikasi yang tidak lancar dapat menyebabkan terjadinya kekurangan persediaan barang dalam prosesnya. 

5. Penyimpanan

Komponen penting lainnya dalam sistem logistik adalah penyimpanan. Dalam situasi ini, penyimpanan meliputi segala aspek mengenai operasional logistik, termasuk dengan pengepakan, pergerakan, dan pengemasan. Semua dari aspek tersebut saling terkait dengan aliran persediaan yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan atas produk atau material tertentu.

Logistik adalah hal yang sangat penting dalam bisnis pengiriman barang. Melalui logistik, Anda bisa merencanakan, melaksanakan dan mengatur stock hingga pengiriman barang dengan lebih baik sehingga menjamin proses distribusi akan berjalan lebih baik dan lancar.

3 Comments

  • Antika 29 September 2023

    Saya tanya di kantor logistik tidak ada respon.kenapa saya tidak pesan barang apa2 di lazada kenapa kok bisa masuk ke logistik lazada apa bisa di kembalikan

  • gulit 2 Februari 2023

    Ngomongin logistik emang seru dan ga ada abisnya. Tapi buat sebagian orang ini topik yang kompleks sih. Gw sendiri baru tertarik sama logistik pas punya usaha jadi ngerti penting nya logistik. Trus gw coba pake aplikasi golektruk buat cari2 truk eh ternyata lebih gampang dari yang gw kira.

    jadi buat temen-temen yang sama kek gw butuh angkutan yang enak ya coba aja di golektruk.com atau coba download aplikasinya juga ada kok

    salam cuan

  • Lintas 11 Desember 2022

    Training of Supply Chain Management www. lintas .pro/produk/training-of-supply-chain-management/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *