SAPedia

Apa Itu Logistik, Tujuan dan Manfaatnya yang Perlu Anda Tahu

seorang wanita sedang memantau kondisi logistik

Istilah logistik pasti sudah tidak asing bagi banyak orang. Namun mungkin masih banyak yang belum memahami apa itu logistik dengan benar. Secara umum logistik adalah ilmu pengetahuan yang digunakan dalam proses penyimpanan, penyaluran, pemeliharaan hingga penghapusan terhadap barang atau alat tertentu.

Kegiatan logistik memiliki maksud, tujuan serta manfaat yang penting dalam kehidupan masyarakat. Untuk mengetahui apa itu logistic dalam perusahaan, apa tujuan hingga apa manfaatnya, berikut penjelasannya.

Apa Itu Logistik

Logistik berasal dari Yunani, Logos yang memiliki arti rasio, kalkulasi, pembicaraan, alasan dan juga orasi. Logistik dapat diartikan sebagai proses yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan terhadap suatu proses perpindahan baik berupa barang, jasa, energi hingga sumber daya lain dari satu tempat ke tempat lain.

Logistik juga bisa diartikan sebagai seni mengirim barang yang dilakukan secara modern, yang mana terdapat tahapan serta fungsi yang berguna agar bisa mencapai tujuan tertentu.

Tujuan Logistik

Kegiatan logistik dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan dari tugas logistik adalah untuk mendapatkan barang, waktu, jumlah pada kondisi yang tepat dengan biaya yang terjangkau, namun tetap mampu memberikan keuntungan bagi penyedia jasa logistik.

Baca juga: Yuk, Kenali Istilah Pengiriman Barang yang Kerap Digunakan Berikut Ini!

Aktivitas logistik dilakukan untuk menyediakan suatu barang yang dibutuhkan pada waktu dan tempat yang tepat. Dalam hal ini, perusahaan harus melakukan serangkaian kegiatan seperti proses pengadaan barang, produksi hingga distribusi. 

Secara umum, kegiatan logistic memiliki  tujuan, yaitu:

Tujuan operasional

Tujuan operasional adalah menyediakan barang yang harus cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam beberapa hari kedepan. 

Tujuan keuangan

Tujuan keuangan dari kegiatan logistik adalah untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin dan menekan kerugian seminimal mungkin. Logistik biasanya menawarkan pengiriman barang yang lebih terjangkau dari jenis pengiriman lainnya.

Tujuan keamanan

Tujuan keamanan dari kebutuhan logistik adalah memastikan bahwa barang yang akan dikirim bisa aman hingga sampai ke tangan penerima. Biasanya perusahaan logistik memiliki standar keamanan tersendiri untuk memastikan barang yang dikirim tidak akan rusak.

Manfaat Logistik

Logistik juga bisa memberikan banyak manfaat dalam proses penyediaan barang. Apa saja manfaatnya?

1. Merencanakan Pemenuhan Kebutuhan

Logistik bermanfaat untuk merencanakan pemenuhan kebutuhan. Hal ini karena kegiatan logistik memiliki jadwal dan pengaturan yang tepat sehingga bisa memastikan bahwa kebutuhan akan bisa terpenuhi setiap hari.khususnya untuk pengiriman barang kebutuhan pokok.

2. Sebagai Tempat Penyimpanan

Logistik juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan. Idealnya logistik memiliki gudang tersendiri yang telah memiliki jadwal teratur untuk setiap barang yang masuk maupun keluar.

3. Memelihara Kualitas Barang

Manfaat logistik selanjutnya adalah untuk memelihara kualitas barang yang akan dikirim. Hal ini karena barang yang tersimpan di gudang logistik akan dicek secara berkala untuk memastikan kualitas barang tetap bagus. Hal ini juga mengurangi risiko barang mengalami cacat atau rusak saat diterima oleh pelanggan.

Baca juga: Ini Pentingnya Gudang Online Untuk Kemajuan Bisnis Anda

4. Manajemen Anggaran

Satu lagi manfaat dari adanya aktivitas logistik adalah untuk mempermudah dalam proses manajemen anggaran. Hal ini karena semua barang yang masuk maupun keluar dari gudang logistik akan dicatat dengan rinci sehingga proses pengiriman barang bisa lebih maksimal, cepat dan terjangkau.

Logistik adalah hal yang sangat penting dalam bisnis pengiriman barang. Melalui logistik, Anda bisa merencanakan, melaksanakan dan mengatur stock hingga pengiriman barang dengan lebih baik sehingga menjamin proses distribusi akan berjalan lebih baik dan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.