Bisnis

Apa Itu Relasi Bisnis, Jenis, dan Manfaatnya? Pebisnis Wajib Tahu!

relasi bisnis

Salah satu cara untuk sukses dalam berbisnis adalah dengan membangun sebuah relasi bisnis. Relasi bisnis akan memudahkan Anda dalam memperjuangkan bisnis Anda, karena dapat membangun sinergi bersama. Lain halnya ketika Anda hanya sendirian saat terjun ke bisnis, maka akan lebih sulit dalam menghadapi segala problematika dalam dunia bisnis.

Lantas apa sebenarnya relasi bisnis itu? Nah, untuk tahu lebih lanjut tentang relasi bisnis dan manfaatnya, yuk simak ulasan berikut ini!

Pengertian Relasi Bisnis

Relasi adalah hubungan antara 2 orang atau lebih guna mencapai sebuah tujuan. Sedangkan relasi bisnis adalah hubungan 2 orang lebih yang memiliki keterkaitan baik internal maupun eksternal dalam sebuah bisnis. Relasi bisnis tidak melulu terjadi dalam 1 perusahaan saja, namun bisa juga terjalin dari pihak luar, perusahaan lain, atau pihak lain yang berkepentingan. 

Dengan adanya relasi bisnis, maka bisnis akan berjalan lebih mudah lantaran adanya koneksi dengan pihak luar. Itulah mengapa bisnis yang berkembang pesat biasanya memiliki relasi bisnis yang juga besar. 

Jenis Relasi Bisnis

Terdapat beberapa jenis relasi bisnis yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Role Model

Role model merupakan sosok yang dijadikan panutan dalam berbisnis. Umumnya setiap pengusaha memiliki sosok panutan dalam menjalankan bisnisnya. Bagi Anda yang baru memulai bisnis, penting untuk mencari relasi bisnis dengan tipe role model untuk melihat dan mempelajari bagaimana ia bisa sukses membina dan menjalankan bisnisnya sampai berkembang. Dengan melihat role model, Anda akan menjadi lebih bersemangat dalam menjalankan bisnis.

Baca Juga : Tertarik Bisnis Barang Impor? Yuk, Cari Tahu Cara Menjadi Importir Berikut!

2. Mentor

Jenis relasi bisnis berikutnya adalah mentor. Mentor akan memberikan segala pengetahuan yang dimilikinya kepada Anda. Relasi bisnis berupa mentor sangat dibutuhkan oleh para pebisnis karena bisa belajar banyak hal dari mentor. Segala hal terkait bisnis termasuk kendala dan sejenisnya sebaiknya dikomunikasikan kepada mentor demi kemajuan bisnis Anda. Untuk itulah carilah mentor yang tepat dan mau membagikan ilmu bisnisnya kepada Anda.

3. Kemitraan

Dalam bisnis juga terdapat relasi kemitraan dengan perusahaan lain. Kemitraan sangat diperlukan bagi usaha kecil atau usaha yang baru saja berjalan untuk membangun kepercayaan. Kemitraan juga penting untuk menjangkau para pelanggan baru. Jadi dengan menjalin kemitraan dengan perusahaan lain (terlebih yang sudah ternama), akan mempercepat perkembangan bisnis baru.

4. Karyawan dan Pelanggan

Tidak hanya dengan sesama pebisnis saja, relasi bisnis juga perlu dibangun dengan para karyawan dan pelanggan. Karyawan merupakan pihak yang sangat membantu jalannya bisnis Anda, sedangkan pelanggan merupakan pengguna bisnis yang berjasa untuk memajukan usaha Anda. Oleh sebab itu, relasi atau hubungan dengan karyawan dan pelanggan harus diperhatikan.

Baca Juga : 5 Tujuan Promosi Produk, Simak Strategi Memulai Bisnis ini!

5. Kompetitor

Siapa sangka jika kompetitor juga termasuk salah satu jenis relasi bisnis. Hubungan dengan kompetitor dapat meningkatkan inspirasi dan kreativitas guna meningkatkan layanan bisnis. Bahkan bisnis Anda bisa menjadi lebih baik berkat adanya relasi dengan kompetitor. Saat kompetitor membuat inovasi baru, Anda bisa terdorong untuk mencari inovasi lain agar tidak tertinggal jauh dari kompetitor.

Manfaat Relasi Bisnis

Membangun relasi bisnis dengan pihak lain ternyata memberikan manfaat dan dampak yang besar terhadap bisnis, antara lain:

1. Membantu Mempertahankan Bisnis

Relasi bisnis dapat membantu mempertahankan bisnis Anda. Bahkan bisnis baru yang masih kesulitan untuk menemukan pelanggan dapat terbantu dengan menjalin relasi bisnis. Untuk itulah agar bisnis Anda bisa bertahan, carilah relasi bisnis yang dapat memberikan motivasi serta saling menguntungkan satu sama lain.

Baca Juga : Begini Cara Meningkatkan Traffic Bisnis Agar Cuan!

2. Meningkatkan Kualitas Bisnis

Manfaat relasi bisnis berikutnya adalah dapat meningkatkan kualitas bisnis Anda. Adanya relasi dapat meningkatkan motivasi Anda untuk terus memajukan bisnis. Termasuk ketika menjalin relasi dengan kompetitor, tanpa sadar kualitas bisnis Anda akan meningkat karena Anda akan terus mencari inovasi baru agar tidak tertinggal dengan para kompetitor. Otomatis kualitas bisnis pun semakin meningkat.

3. Membantu Menemukan Jaringan yang Lebih Luas

Dengan adanya relasi bisnis, Anda sekaligus dapat menemukan jaringan yang lebih luas di masa depan. Tidak menutup kemungkinan Anda akan bertemu dengan pihak-pihak lain yang membantu bisnis Anda hanya dengan menjalin komunikasi dengan seorang relasi bisnis saja. Bahkan Anda bisa dengan mudah melakukan ekspansi bisnis ketika menemukan relasi bisnis yang tepat.

Itulah pengertian, jenis, dan manfaat relasi bisnis yang sebaiknya Anda tahu. Mulai sekarang, carilah relasi bisnis sebanyak-banyaknya yang sekiranya dapat meningkatkan motivasi Anda dalam memperjuangkan bisnis Anda. Carilah partner yang saling menguntungkan demi kesuksesan bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *