SAPedia

Apa Itu Resi Otomatis dan Cara Menggunakannya

gambar ilustrasi resi otomatis

Bagi Anda yang sering berbelanja online atau kerap melakukan pengiriman barang pasti sudah tidak asing dengan istilah resi. Ini merupakan bukti yang dikeluarkan oleh jasa ekspedisi bahwa barang yang ingin dikirim telah diterima dan siap dikirimkan ke alamat penerima. Namun sudah tahukah Anda apa itu resi otomatis?

Dalam transaksi jual beli secara online, resi merupakan hal penting karena menjadi bukti bahwa yang Anda pesan telah dikirimkan oleh penjual. Resi dikeluarkan oleh jasa ekspedisi yang berupa kode atau kombinasi angka yang bisa digunakan untuk melacak paket yang sedang dikirim.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, saat ini juga telah tersedia fitur resi otomatis untuk pengiriman paket atau barang. Untuk mengetahui lebih jelas tentang apa itu resi otomatis, yuk simak artikel berikut ini.

Apa Itu Resi Otomatis?

Resi otomatis adalah sebuah fitur yang biasanya terdapat di platform marketplace yang berguna untuk mencatat alamat, resi hingga nilai ongkos kirim yang harus dibayar oleh pengirim. Fitur ini berguna untuk penjual online atau siapa saja yang mempunyai toko online.

Dengan menggunakan fitur resi otomatis ini, Anda bisa mendapatkan kode booking yang harus diserahkan kepada jasa ekspedisi dengan lebih mudah. Tidak hanya itu, dengan fitur ini seller juga tidak perlu memasukkan nomor resi secara manual. Jadi perbedaan resi otomatis dan manual saat berbeda jika Anda menggunakan fitur ini.

Hadirnya fitur resi otomatis membuat seller tidak perlu melakukan input nomor resi secara manual. Akan tetapi Anda hanya perlu membayar ongkos kirim. Jadi uang yang diterima oleh pemilik toko online nantinya telah dikurangi dengan ongkos kirim.

Baca juga: Waspadai Resi Palsu Saat Berbelanja Online, Jangan Asal Beli!

Manfaat Resi Otomatis untuk Pengiriman Paket

Saat ini telah banyak marketplace dan toko online yang menggunakan fitur resi secara otomatis. Tujuannya adalah untuk memudahkan seller dalam melakukan pengiriman pesanan kepada pelanggan secara otomatis. 

Untuk mengetahui manfaat resi otomatis adalah sebagai berikut:

1. Memudahkan Input Nomor Resi

Tidak bisa dipungkiri jika input nomor resi merupakan pekerjaan yang cukup merepotkan. Akan tetapi dengan adanya resi otomatis shopee adalah bisa membuat proses ini menjadi lebih mudah serta mengurangi risiko kesalahan input.

2. Membantu Pekerjaan Kurir

Fitur resi otomatis tidak hanya meringankan pekerjaan seller akan tetapi juga membantu pekerjaan kurir menjadi lebih cepat dan efisien. Dengan menggunakan fitur resi otomatis ini kurir bisa mengirimkan barang tepat waktu tanpa harus menunggu waktu lama.

3. Menalangi Ongkos Pengiriman Barang

Satu lagi manfaat dari menggunakan fitur resi otomatis adalah seller tidak perlu  membayar ongkos kirim ke jasa ekspedisi karena ongkos kirim akan secara otomatis terpotong dari saldo.

Cara Mengirim Barang dengan Resi Otomatis

Hadirnya fitur resi adalah sangat membantu dalam memudahkan pekerjaan seller.  Cara mengirimkan barang dengan resi otomatis ini juga mudah, yaitu:

  • Proses semua pesanan yang masuk terlebih dahulu
  • Pilih menu Resi, kemudian klik opsi Resi Otomatis pada bagian pengiriman di situs marketplace
  • Cetak dan cek resi otomatis yang Anda dapatkan dari sistem marketplace
  • Tempelkan nomor resi pada paket atau barang yang akan dikirim
  • Pastikan alamat pengirim dan penerima jelas dan lengkap

Baca juga: Cara Kirim Paket COD Tanpa Marketplace


Fitur resi otomatis ini memungkin seller untuk melakukan cara membuat resi sendiri otomatis tanpa perlu melakukan input secara manual. Cara ini pastinya membuat beban kerja penjual dan kurir menjadi lebih mudah sehingga proses pengiriman barang juga akan lebih cepat dan efisien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.