Logistik

Apakah Penerima Paket dari Luar Negeri Harus Bayar?

pekerja gudang sedang mengelola paket dari luar negeri

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memungkinkan Anda untuk dapat mengirim atau menerima barang dari luar negeri dengan lebih mudah. Saat ini telah banyak jasa ekspedisi yang menawarkan jasa pengiriman baik dari maupun ke luar negeri dengan proses yang mudah dan waktu yang tidak terlalu lama. Meskipun barang dan ongkos kirim telah dibayar, apakah menerima paket dari luar negeri harus bayar?

Tidak sedikit orang Indonesia yang menerima paket dari China baik dari keluarga yang bekerja dari sana maupun karena membeli barang secara online. Saat ini melakukan pengiriman barang baik dari maupun ke luar negeri memang bisa dilakukan dengan lebih mudah. Hal ini juga yang membuat banyak orang mulai tertarik untuk berbelanja dari toko online di luar negeri.

Berbelanja online dari luar negeri secara langsung memang bisa memberikan banyak keuntungan. Selain harga yang lebih murah, kualitas barang yang dijual biasanya juga lebih terjamin. Meskipun begitu, Anda perlu mempertimbangkan biaya pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia dan biaya lain yang mungkin akan dibebankan nantinya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apakah ada biaya yang harus dibayar jika menerima paket dari luar negeri, yuk simak ulasan berikut ini!

Penerima Paket dari Luar Negeri Harus Bayar Pajak

Tidak sedikit orang yang masih bingung jika menerima paket dari luar negeri apakah harus ada biaya yang perlu dibayar atau tidak. Sebenarnya menerima paket dari luar negeri memang ada beberapa biaya yang perlu Anda keluarkan. Akan tetapi biaya tersebut sebenarnya termasuk dalam pajak. Jadi jika ada pertanyaan apakah paket dari luar negeri kena pajak, maka jawabannya adalah IYA.

Sebelum  membahas tentang pajak untuk paket dari luar negeri, perlu Anda ketahui, bahwa saat ini semakin marak modus penipuan dengan berkedok mendapatkan paket hadiah dari luar negeri.  Biasanya  seseorang akan menawarkan Anda hadiah yang berasal dari luar negeri namun sebelumnya Anda harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu. Jika menemukan hal bisa jadi Anda tengah mengalami ciri-ciri penipuan paket luar negeri.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Kirim Paket ke Luar Negeri, Gampang!

Pengiriman barang dari luar negeri berarti termasuk dalam import. Itu artinya jika Anda menerima paket dari luar negeri maka akan ada biaya bea cukai yang perlu dibayar. Hal ini juga telah dijelaskan dalam Peraturan Menteri Keuangan No. PMK 199/PMK.10/2019 tentang aturan pajak dan bea masuk barang impor. Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa barang kiriman dari luar negeri dengan harga lebih dari $3 akan dikenakan pungutan pajak.

Untuk menghindari penipuan pengiriman paket dari luar negeri, Anda juga perlu tahu besaran pajak yang dikenakan untuk barang import. Berikut rinciannya:

  • Kategori barang umum dikenakan pajak 17.5% dari nilai barang dan ongkos kirim ke Indonesia
  • Kategori tas dikenakan pajak 32.2% – 42% dari nilai barang dan ongkos kirim
  • Kategori sepatu dikenakan pajak 42.5% – 50% dari nilai total barang dan ongkos kirim
  • Kategori pakaian dikenakan pajak 32.5% – 45% dari nilai barang dan ongkos kirim

Cara Membayar Pajak Paket dari Luar Negeri

Selain harus tahu cara melacak paket dari luar negeri agar selamat sampai tujuan, Anda juga perlu tahu bagaimana cara membayar pajak untuk barang yang diterima dari luar negeri. Secara umum, untuk di Indonesia sendiri cara membayar pajak paket adalah melalui kantor pos Indonesia

jasa pengiriman barang internasional termurah

Untuk  membayar pajak barang impor adalah melalui Kantor Pos. Untuk jenis ini, sebelum paket masuk ke Indonesia bea cukai telah menetapkan biaya cukai terlebih dahulu. Selanjutnya paket dikirim ke kantor Pos untuk disampaikan ke penerima barang.

Pada tahap ini, biasanya petugas pos akan mengirimkan contoh bukti pengiriman paket dari luar negeri atau surat penagihan kepada penerima paket. Selanjutnya penerima paket tinggal datang ke kantor pos terdekat untuk melakukan pembayaran dan sekaligus pengambilan paket yang telah diterima.

Sebenarnya ada cara lain untuk membayar pajak pengiriman barang dari luar negeri yaitu dengan melalui ekspedisi luar negeri. Akan tetapi cara ini biasanya hanya digunakan oleh perusahaan yang melakukan import dalam jumlah cukup besar.

Modus Penipuan Pengiriman Paket dari Luar Negeri

Beberapa waktu belakangan ini sepertinya semakin marak modus penipuan pengiriman paket dari luar negeri. Biasanya modus ini menyasar untuk orang-orang yang kerap menggunakan media sosial. 

Baca juga: Berapa Lama Paket dari China ke Indonesia? Yuk, Cari Tahu!

Pelaku penipuan akan berpura-pura bahwa target mendapatkan hadiah berupa barang mewah dengan harga cukup mahal yang dikirim dari luar negeri. Untuk menyakinkan korban, pelaku bekerja sama dengan orang lain yang bertugas sebagai kurir dan meminta korban untuk meminta membayar pajak barang mewah dari luar negeri yang telah Anda menangkan tersebut.

Pastikan Anda jangan sampai tergoda dengan penawaran tersebut. Karena jika sampai tergoda dan mentransfer uang, maka sudah pasti pelaku akan langsung menghilang dan Anda juga kehilangan uang tersebut. Jadi sebelum percaya pastikan dulu pelaku dapat menunjukkan bukti barang keluar dari gudang bea cukai dengan surat penagihan pajak yang resmi. Jika tidak bisa menunjukkan, sudah pasti itu merupakan modus penipuan.

Modus Penipuan dengan Menggunakan APK Melalui WhatsApp

Saat ini, siapa yang tidak menggunakan WhatsApp untuk komunikasi sehari-hari? Nah, ternyata penipu juga memanfaatkan platform ini untuk menipu para korbannya. Caranya adalah dengan berpura-pura menjadi kurir paket. Dalam pesan WhatsApp, pelaku akan mengirim aplikasi, dan jika Anda berhasil mendownloadnya, maka seluruh data penting Anda terkait dengan perbankan akan bocor. Modus penipuan ini dinamakan dengan sniffling, yang bertujuan untuk mencuri data serta informasi perbankan, kartu kredit, maupun password email Anda. Agar Anda terhindar dari modus penipuan berkedok kurir ini, apabila Anda menemukan ada kiriman file dengan ekstensi apk. dari nomor tidak dikenal, sebaiknya Anda abaikan atau sekalian blok jika perlu. Anda bisa cek apakah nomor tersebut penipu atau bukan melalui aplikasi seperti Get Contact dan True Caller.

1,462 Comments

  • Audina Zuharwindi 14 Mei 2023

    Saya lanjutkan lagi disini. Jadi sebelum ada niatan membelikan barang itu dia sempet follow akun ig saya setelah saya menolak barang yang akan dikirimkan ke saya langsung di unfollow.

    Kalian harus hati-hati namanya akun instagramnya Ngunyen Michael atau ngunyenmichael000
    Dan ini nomer whatsappnya +63 935 357 6313

    Saya awalnya tidak menaruh curiga sama sekali dengan orang ini. Setelah saya respon chatnya dia membelikan barang terus dia berkata nanti bagian pengiriman akan meminta biaya harap anda bayar dengan cara meminjam setelah membuka paket dari saya disitu ada uang untuk membayar pinjamanmu tadi.

    Dari situ saya langsung ketakutan hingga saat ini perasaan itu masih ada.
    Saya belum berani cerita kepada keluarga karena takut kena marah karena sembarangan mengenal orang dan dengan mudahnya menerima paket dari orang yang belum tentu dikenal.

    Setelah saya menolak paket yang dia berikan untuk dikirim langsung dari situ dia slow respon.
    Menurut kalian apakah orang itu akan menghubungiku lagi atau tidak padahal saya sudah menolak paket darinya untuk dikirim.

  • Audina Zuharwindi 14 Mei 2023

    Hallo semuanya.
    Saya barusan mengalami hal yang sama seperti kalian.
    Jadi saya dapat kenalan orang dari Instagram umurnya 35th dia belum menikah karena habis diselingkuhi tunangannya ngaku dari Vietnam tinggalnya di California Amerika. Namanya Michael Ngunyen kerja dibagian perminyakan amerika. Saya awalnya ngobrol biasa tapi dia tiba-tiba mau membelikan aku barang dari sana dan ingin memberikanku uang sejumlah 2rb dollar amerika. Aku sangat ketakutan. Dan akhirnya aku bilang ke dia tolong batalkan saja pengirimanku ke indonesia untukku. Aku tidak ada uang untuk membayar.
    Sekalipun dari pihak ekspedisi sana belum menghubungiku perihal paketnya saya meminta orang tadi untuk tidak usah mengirimkan kepadaku. Dan saya sempet mengirim alamat email saya tapi langsung hapus chat itu karena setelah saya baca ini jadi takut dan bener saja kalau ini semacam penipuan. Tolong bantu komentar karena saya juga baru pertama kali ini mengalaminya.

  • Azizah 12 Mei 2023

    Aku juga sama, saya kenal seorang pria beberapa hari yang lalu di instagram, dia duda memiliki Anak perempuan 4 tahun, dia bilang kemarin ulang tahun putrinya dan membelikan saya sebuah kado yg mahal juga, dia mengirimkan paket dan uang di dalam paket untuk mengganti biaya pajaknya, saya sudah terlanjur membayar biaya 4 juta untuk paketnya, lalu mereka meminta 20 juta untuk biaya pajak dari uang di dalam paket tersebut sebelum bisa dikirimkan..

  • eno 10 Mei 2023

    Syukurlah saya browsing gogle dahulu karna penipuan ini sangat meyakinkan, benar benar meyakinkan, disitu ada ft resi pengiriman dan juga barang dari sebelum dikemas hingga sdh tertutup rapi, dan paginya ada yg telpon katanya dari bea cukai bahwa pajak harus dibayarkan terlebih dahulu sebelum brg dikirim sebesar 14 jt. Hati hati temen temen sekalian karna seorang penipu akan mencari segala cara utk memangsa korbanya dan mereka tdk akan berhenti utk menipu sebelum mati

  • Grace virlia 10 Mei 2023

    Jangan percaya dengan akun mana pun di instagram yang mengatakan bahwa akan kirim hadiah saya pun mengalami tapi saya tau dia akan menipu saya ,dia pria dari jerman bilang ingin berteman dan dia ingin saya merasa happy lalu bilang akan kirim hadiah berisi uang dll tapi saya mulai curiga saat dia semakin memaksa untuk saya bayar paket kiriman dari nya.akun ig nya clifford.5633
    Hati hati ya gaes

    • Metty 12 Mei 2023

      Barusan saya juga mau dikirim paket dari london, saya berteman dengan dia di ig. Dia kirim gambar barang2 mewah dan dia juga mengirimkan aku video barang2nya,saat di kantor pos dia juga mengirimkan videonya. Barusan saya di wa dari ekspedisi pengirimannya, dia minta sya byr 2 jt, tapi saya nego 500 rb. Tapi saya masih ragu, dan tambah ragu karena mereka wa terus untuk segera melakukan pembayaran lewat rekening. Alhamdulillah saya buka web ini, dan masih rejeki saya.

  • Lily jie 8 Mei 2023

    Sama ini katanya mesti 8juta buat bayar bea cukai,ya ku suruh rampok aj

    • Nia Efrina 2 Juni 2023

      Terimakasih banyak untuk informasi Dan komentar teman ² semua disini.
      Saya juga sama.karena sudah membaca disini saya baru sadar, serasa dihipnotis dan disini mata saya terbuka lagi..
      Hati² bagi yang belum kena.

  • Roslina sarumaha 6 Mei 2023

    Saya ingin bertanya seputar paket luar negeri ke indonesia saya ingin bertanya saya mempunyai teman diluar negeri beberapa hari yang lalu teman saya mengirimkan saya hadiah atau paket dari luar negeri tetapi yang berupa arloji kalung dan juga ada barang yang lain didalam paket nahh setelah itu dari pihak agen perusahaan pengiriman barang menghubungi saya bahwa sebelum barang dikirim saya disuruh membayar izin bandara atau pajak kalau tidak barang tidak dikirim terus saya diberikan nomor akun atau nomor rekening untuk transfer uang sebesar Rp.1500.000 bahkan sampai sekarang saya belum mengambil paket.tolong berikan penjelasan terimakasih

  • Setiyowati 5 Mei 2023

    Ya Allah ini juga sedang terjadi padaku, aku kenal dengan seorang pria di ig dan kami melnjutkan percakapan wa, baru beberapa hari dan dia sudah mau mengirimkan banyak hadiah mewah untuk ku dalam foto dan vidio yang dia kirim seolah itu nyata di dalam paket dia juga menaruh uang yang cukup banyak katanya dan dia juga mengirimkan bukti penerima yang harus membayarkan uang pajak sebesar 2juta,,dia baru kemarin mengirimkan barang tersebut dan aku minta saran dong apa yang harus aku lakukan karna aku tau itu penipuan..

  • Dhea 4 Mei 2023

    Semoga masih ada yang baca. Barusan sm sy kejadian. Pake profile seorang dokter duda dengan 2 anak yg dtinggal ibunya, sebelnya gambar anak2 di posting. Hingga akhirnya dia blng mengirim barang2 bermerk berharga jutaan. Sy ajak video call ternyata itu adalah video rekaman hahahha ga mau tampilin mukanya. Minta bayar 6 juta utk paketnya. Tp dia mau kirim ke sy 1.5 M. Keren yaaaa. Saya banyak screen shoot mukanya ditiap account. Sysudah laporkan dr ig atau whasup bahkan sy cari facebooknya dan twitternya agar sosial media mereka di blokir. Yukkkk jangan meratapi nasib, be smarter.. Block mereka kemudian laporkan no. Telpnya. #semangat

  • caca 4 Mei 2023

    halo kakak kakak semuanya
    seminggu yang lalu saya berkenalan dengan orang korea yang bekerja di USA diIG namanya david / yaya17878…dari foto fotonya memang meyakinkan…
    dari kontak IGny memang banyak sekali teman perempuan dan kebanyakkan orang indonesia…dia lalu minta kontak WAku…
    dia langsung bilang punya felling yang kuat terhadapku…banyak rayuan terhadapku dan bodohnya aku percaya…
    dia bilang akan ada pekerjaan di jerman lalu akan menemuiku di indonesia…sebelum ke indonesia dia akan mengirimiku hadiah sebagai tanda persahabatan. dia menanyakkan ukuran bajuku, ukuran sepatuku, ukuran cincin. dia bahkan mengirimkan video saat memilih tas, dan cincin.dia juga menunjukkan bill total belanjaanya.oya dia juga menyiapkan iphone untukku…dia megirimikan resi pengiriman barang dan bilang menyiapkan uang untukku didalamnya..dia selalu bilang agar aku mengikuti perintah ekspedisi agar paket cinta darinya segera sampai..lalu pihak ekspedisi menghubungiku minta aku membayar 5,6juta…aku tidak curiga langsung ku bayar. lalu pihak ekspedisi menemukan uang 40000 USD dipaketku aku diminta membayar 35juta karena ini termasuk pelanggaran.aku sebenarnya sudah curiga tapi ketika ku hubungi david dia meyakinkanku bahwa uang dipaketnya bisa menggantikan uangku…bodohnya aku percaya dan mencari uang 35juta kesana kemari dan aku mentransfernya…oya setiap aku transfer uangnya david juga selalu minta buktu tf kepadaku…dan ini pun aku masih dikenai biaya 30juta untuk asuransi.untung aku menemukan ini dan aku sadar betapa bodohnya aku…aku tertipu 40juta.semoga teman teman lebih berhati hati semoga ini tidak terjadi pada kalian.tentu aku sedih tapi ini pelajaran berharga untukku.aku menabung tahunan untuk 40juta.tapi apa yang ku punya adalah milik Allah mungkin kemarin aku tidak menggunakan uangku dengan baik di Jalan-Nya..teman teman tolong doakan aku agar aku tegar dan mendapat rejeki dari tempat lain…Aamiin,terimakasih…

    • Nova 18 Mei 2023

      Kaka boleh saya lihat foto pelaku, no wa dan foto2 yang di kirim? Qo kejadian kaka mirip2 sama saya cuma saya tidak mau mentransfer uang nya

  • Rido Satriana 4 Mei 2023

    Hati- hati jika anda berkenalan di medsos ,banyak penipu berkedok gadis cantik berseragam tentara ,kebanyakan tentara Amerika ,Alhamdulillah saya belum pernah tertipu karena selalu waspada ,modus mereka bermacam-macam ,ada yg mengirim hadiah secara tiba-tiba ,atau yg menemukan jutaan dollar di kamp teroris.,coba anda pake logika dulu sebelum menerima tawaran2yg mencurigakan.,

  • Yiyin 4 Mei 2023

    Aq juga kenal orang luar negri katanya mau kirim barang yang didalamnya ada uangnya dan dia bilang kalau barang udah dikirim dan mungkin agak lama nyampai Indonesia. Katanya nanti kalau barangnya datang pasti akan ada panggilan dari kantor pos, datang saja jangan takut nanti akan dijelaskan sama pihak kantor pos cara pengambilan barangnya….apa ini penipuan juga?

  • Hekawati 4 Mei 2023

    Saya lagi proses kenatipu yayanya KKA semua artikel yg saya baca mirip yg saya alami sekarang,besok saya harus teranper pembayaran pajak paket yg saya terima,apa yg harus Aya lakukan mohon bantuan nya,,,

  • Celina 3 Mei 2023

    Haiii
    Aku celina
    Untuk sekrang ini aku juga hampir ngalamin hal yang sama dengan teman-trman semua.
    Aku mau dikirimkan uang, baju, sepatu, tas, jam tangan dll.
    Dia mengirimkan aku semua video proses pembelian barang.
    Dia bilang barannya akan nyampe besok pagi.
    Kwitansi juga dia kirim ke aku.
    Kita udah knalan 1 tahun lewat WA.
    DIA duda 2 orang putri.
    Mnurut aku dia baik, dia kirimkan aku barang barang setelah 1 thun knalan.

    Aku minta saran dong ini pnipuan atau gimana

  • Lia Sapitri 2 Mei 2023

    Saya sedang pusing memikirkan apakah ini penipuan atau benar. Awalnya ada kurir chat bilang kalau ada paket saya datang dikirim dari Korea, dia juga mengirimkan foto paketnya. Setelah mereka melakukan ultra scan lalu mereka mengatakan mereka menemukan uang dalam jumlah yang besar didalam paket itu dan menahannya. Kemudian memintamu untuk membeli formulir banding seharga 3 juta. Sedangkan bea cukai nya sudah saya TF 1 juta. Lalu aku mengirimkan lagi 1 juta untuk membeli formulir banding itu katanya bisa, setelah dikonfirmasi diterima oleh perusahaan mereka lalu mereka bilang uang yang di dalam paket itu cukup besar untuk membayar 1 juta. Jadi saya harus membayar minimal 2 juta baru bisa paket itu dikirim. Dan pengirimannya juga meyakinkan kalau saya harus mengambil paket itu dan melakukan pembayaran 1 juta lagi agar paketnya cepat dikirim dan ketika saya menerima paket itu saya bisa mendapatkan uang yang didalam paket itu dan itu sebagai mengganti uang yang sudah saya keluarkan. Jadi saya bingung apakah itu benar atau tidak. Tolong dong infonya, saya sudah habis 2 juta karena paket itu. Dan uang itu juga hasil saya minjam semua😭 kalau itu penipuan entah bagaimana nasibku 😭

  • Nurdiana 1 Mei 2023

    Ya Allah ternyata banyak kasus seperti yg saya alami saya juga di add lewat wa oleh seorang yg katanya dokter dari Jerman namanya Frederick Raymond sudah 2 mingguan saya komunikasi dan kemarin dia bilang anakny ulang tahun dan dia mau mengirimkan hadiah utk saya dan ank2 trus dia minta alamat dan nama lengkap saya,tapi saya takut penipuan jadi saya belum kasih alamat saya.

  • Brenda.B.I.Meray 1 Mei 2023

    Sama dengan yg aku alami sekarang ini,dpt kirimkan paket dari teman warga negara luar negeri. Dan Sampai saat ini,kurang lebih ada 6 paket yg tidak aku bye dan ambil/terima,karena tidak ada bukti dari pihak kantor pos dtg ke rumah untuk menagih biaya pajak pengiriman.

    • Andrea 11 Mei 2023

      Saya kenal beberapa orang sebelum nya pertama saya ragu dan ada orang yg memberitahu saya bahwa orang itu penipu dan banyak komunitas nya. Lalu saya blokir semua akun nya.
      Kedua kali nya saya kenal dan saya merasa sangat percaya dengan nya dia mengirimkan barang nya dan ada uang didalam kirimannya dia mengirimkan bukti seperti resi ke alamat saya dan dia berkata bahwa dia sudah membayar jasa kirim nya dan saya tidak perlu membayar apapun .awalnya saya hanya berpikir dia beneran serius dan meminta saya untuk mengambil sebagian uang dalam paket itu nanti nya karena dia ingin pensiun dari kerjaan nya dan akan menemui saya . Tidak lama beberapa hari saya menerima chat dari pihak cargo bahwa paketan saya sudah sampai di salah satu kota . Dan saya di kenakan biaya pajak sekitar 10 juta, wah saya auto panik dong uang darimana sebanyak itu. Tapi entah kenapa saya masih belum percaya , jadi saya iseng buka google terkait paket dari luar negeri dan masyaAllah komentar nya seperti yang saya alami. Dalam chat pihak pengirim meminta saya untuk segera membayar pajak dan konfirmasi kepada pengirim agar paket bisa segera di kirim . Seketika saya chat pengirim dan dia tidak aktif . Sebelumnya saya mikir ini pinjam uang ke siapa sebanyak itu, namun Saya baca semua komentar disini yang membuat saya sadar untuk tidak gegabah dalam mengambil tindakan. Lebih ke masa bodo saja, karena pihak cargo atau pihak yg akan mengirimkan paket tentu nya akan mengatakan “kalau tidak ada konfirmasi maka paket akan di blok” jangan percaya karena setelah kota membayar pertama tentunya mereka akan mencari celah lain agar kita mengirim uang kembali dan setelah itu mereka kabur . MasyaAllah pelajaran berharga sekali 😢

  • Renita 30 April 2023

    Ya Allah ini yang aku alami.saya sudah mengirim uang sebanyak 1juta200 dan sekarang meminta lagi.apa yang harus saya lakukan saya diancam mau dipenjara waktu itu lalu saya takut saya akhirnya saya mengirim kan uang itu.pertama meminta 500ribu kedua meminta lagi 500ribu.katanya itu uang terakhir pembayaran.ternyata sekarang saya dimintai lagi.tolong bantu saya apa yang harus saya lakukan sekarang…jelas ini penipuan ya?

  • Etik 29 April 2023

    Rima aku juga di chat Hassan joe apakah dia penipu

  • Rahma 29 April 2023

    Saya jg hampir saja kena tipu,knl blm lama udah ngasih brg berharga kepada saya.dan dan barangnya udh nyampek sekarang dan saya suruh bayar uang sbsr 1jt,tp saya ragu kq cepat bngt barang DTG dr Singapore ke indo.saya cari tw lewat google trnyata hampir sama itu ciri penipu dgn menipu kita semua,Alkhamdllh Allah masih menyayangi saya.hingga TDK jdi transfer uang itu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *