Bisnis

Begini Cara Daftar UMKM Online dengan Mudah

daftar umkm online

Di tengah kondisi ekonomi yang kian tidak menentu, UMKM hadir sebagai salah satu pilar utama perekonomian Indonesia. Saat ini telah banyak masyarakat yang terjun dalam bisnis UMKM sebagai salah satu untuk memperoleh penghasilan. Agar usaha bisa berkembang lebih optimal, pemerintah telah menyediakan cara daftar UMKM online agar bisa mendapatkan bantuan dana usaha.

Untuk mendukung pelaku Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), pemerintah Indonesia bekerjasama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memberikan bantuan dana untuk mengembangan bisnis. Bantuan ini diberikan kepada seluruh UMKM di Indonesia yang sebelumnya telah mendaftar UMKM online di situs BKPM.

Lalu bagaimana cara daftar UMKM online dan apa saja syaratnya? Penjelasan lengkapnya ada di bawah ini.

Jenis-jenis UMKM

Di Indonesia, tersedia banyak jenis UMKM yang bisa Anda pilih sebagai peluang untuk usaha, seperti:

1. Usaha Kuliner

Usaha kuliner merupakan salah satu jenis UMKM yang paling banyak diminati oleh masyarakat. usaha kuliner memiliki peluang berkembang cukup besar karena pada dasarnya manusia membutuhkan makanan dan minuman setiap hari. Contoh usaha kuliner UMKM yang tengah populer saat ini adalah warung makan, kedai kopi dan termasuk bisnis camilan.

Baca Juga : Catat! Inilah Cara Daftar BPOM Untuk UMKM

2. Usaha Fashion

Usaha fashion memang tidak pernah ada matinya karena mode akan terus berkembang dan berganti seiring berjalannya. Tidak heran jika usaha fashion menjadi salah satu yang banyak dipilih oleh pelaku UMKM.

3. Usaha Elektronik

Kebutuhan akan barang elektronik yang semakin meningkat membuat usaha elektronik juga semakin menjanjikan. Contoh usaha elektronik adalah toko pulsa, aksesoris handphone hingga toko laptop dan komputer.

4.  Usaha Furniture

Perkembangan dalam bisnis desain interior membuat kebutuhan akan furniture juga semakin meningkat. Usaha furniture banyak dipilih oleh pelaku UMKM karena memiliki prospek yang cukup bagus. Contohnya seperti toko lukisan, perlengkapan dapur, meja, kursi dan lain sebagainya.

5. Usaha Bidang Jasa

Usaha UMKM bidang jasa contohnya seperti service motor, service barang elektronik hingga fotografer. Usaha ini membutuhkan skill khusus sehingga akan terus berguna sampai kapan pun.

Syarat Daftar UMKM Online

Untuk memudahkan para pelaku usaha, saat ini daftar UMKM online bisa dilakukan dengan mudah. Untuk melakukan pendaftaran, Anda hanya perlu mengisi formulir registrasi di situs BKPM. Namun sebelum itu, ada beberapa syarat yang perlu Anda siapkan seperti berikut:

  • KTP
  • NPWP
  • Surat Keterangan Domisili Usaha
  • Nomor Induk Berusaha

Baca Juga : Begini Cara Menarik Konsumen Agar Membeli Produk Anda!

Jika persyaratan telah siap, Anda bisa langsung mulai cara daftar UMKM online dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Buka situs https://oss.go.id/
  2. Klik menu “Masuk”
  3. Masukkan username, password dan captcha yang muncul pada layar
  4. Klik menu “Perizinan” dan klik opsi “Permohonan Baru”
  5. Lengkapi data yang diperlukan
  6.  Centang pada Penyataan Mandiri
  7. Periksa Draf Perizinan Berusaha
  8. Tunggu sampai Perizinan Berusaha Terbit

Keuntungan Daftar UMKM Online

Daftar UMKM Indonesia secara online memberikan banyak manfaat kepada pelaku usaha. Beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan antara lain sebagai berikut :

  • Pendanaan untuk bisnis
  • Usaha memiliki kredibilitas
  • Mendapatkan karyawan terampil

Dengan keuntungan dan syarat daftar UMKM online yang mudah, kesempatan ini jangan sampai Anda lewatkan. Meski begitu, sebelum daftar pastikan pilih jenis UMKM yang sesuai dengan keahlian dan memiliki peluang besar agar bisa mendatangkan keuntungan dengan mudah.

investasi dengan modal kecil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *