Logistik

Begini Cara Kirim Paket COD dengan SAP Express

kirim paket cod

COD (Cash on Delivery) kini menjadi favorit bagi masyarakat Indonesia. Selain tidak perlu membutuhkan akun rekening, COD lebih disukai karena pembeli dapat merasa lebih nyaman. Untuk Anda yang memiliki bisnis online, Anda bisa memanfaatkan sistem ini untuk meningkatkan penjualan Anda. Nah, kini SAP Express juga bisa menjadi Sahabat Pengiriman Anda. 

Lantas, bagaimana cara mengirim paket COD melalui SAP Express? Berikut adalah ulasannya. Simak yuk!

Cara Kirim Paket COD melalui Agen Retail SAP Express

SAP Express adalah salah satu perusahaan ekspedisi yang menawarkan layanan pengiriman COD. Berbagai kelebihan dari SAP Express antara lain jangkauan pengiriman yang luas, gratis biaya retur, dan terdapat asuransi barang. Oleh sebab itu, jangan ragu memanfaatkan layanan COD dari SAP Express.

Berikut adalah cara-cara kirim paket COD melalui agen retail SAP Express, yang bisa Anda temukan dekat domisili Anda. 

1. Cek Ongkir Melalui Website Resmi

Ilustrasi Cek Tarif SAP Express

Sebelum mengirim paket COD, Anda perlu cek ongkir terlebih dahulu melalui Cek Tarif agar Anda mengetahui detail harga, layanan dan estimasi pengirimannya paket Anda. Masukkan kota asal dan kota tujuan pengiriman, dan isi berat fisik dari paket tersebut. Nah setelah klik cek harga, Anda juga bisa menemukan berbagai lokasi agen ritel di kota asal. Berikut adalah contohnya.

Baca Juga : Agar Aman Bertransaksi, Yuk Perhatikan Tips COD Bagi

2. Siapkan dan Packing Paket Terlebih Dahulu

Bungkus paket dengan baik dan aman, sesuai dengan barang yang akan Anda kirim. Apabila barang mudah pecah (fragile), Anda bisa menambahkan packing berupa bubble wrap untuk menambahkan keamanan. Untuk pengemasan barang elektronik, Anda bisa menambahkan packing kayu. Namun jika tidak memiliki bubble wrap maupun kayu Anda tidak perlu khawatir karena agen retail SAP Express menyediakan tambahan packing untuk Anda.

3. Menuliskan Alamat dengan Lengkap Beserta No HPnya

Tulis nama, alamat dan nomor telepon penerima paket secara lengkap dan jelas. Pastikan alamat yang tercantum sudah jelas dan sesuai ya. Mencantumkan nama jalan, RT/RW, kelurahan/desa, kecamatan, kota/kabupaten, dan provinsi. Serta tidak lupa memberikan nama dan nomor telepon pengirim agar dapat dihubungi ketika dana COD telah cair.

4. Datangi Agen Retail SAP Express Terdekat

Datangi agen retail SAP Express terdekat, dan cek di halaman Retail. Pastikan Anda menyalakan lokasi di website, agar agen retail terdekat bisa terdeteksi. Seperti pada contoh di bawah ini, terdapat sebanyak 314 agen ritel di sekitar. Anda tidak perlu khawatir tidak menemukan agen ritel SAP Express, karena kami tersebar banyak di kota-kota besar di Indonesia. 

5. Tracking Paket dengan Cek Resi di Website

Selanjutnya pantau status pengiriman paket Anda. Resi yang diberikan oleh agen retail dapat Anda akses melalui Cek AWB untuk melacak pengiriman barang hingga sampai ke tempat tujuan penerima. Dalam kotak cek resi, Anda bisa lacak sampai maksimal 20 resi pengiriman SAP Express. 

Baca Juga : Pentingnya Mengenal Asuransi Pengiriman Barang untuk Paket Kamu

6. Pantau Status Paket Hingga Telah Diterima

Pastikan paket diterima setelah melakukan pemantauan dan status  “Paket Telah Diterima”.

7. Pencairan COD di Agen Retail SAP Express

Setelah status paket sudah diterima kunjungi kembali Agen Ritel H+1 hingga H+2 untuk menerima dana pencairan COD atau menunggu informasi dari Agen Ritel terkait.

Lalu, bagaimana cara daftar COD untuk perusahaan? Simak informasi berikut ini. 

Baca Juga : Mau Sewa Gudang? Begini Cara Menghitung Biaya Sewa Gudang

Cara Daftar COD untuk Perusahaan

Berikut adalah cara daftar COD untuk perusahaan Anda, yaitu antara lain: 

1. Hubungi Sales SAP Express

Hubungi sales SAP Express melalui email marketing@sap-express.com. Untuk daerah di luar Jabodetabek, Anda bisa mendatangi cabang SAP Express melalui halaman Cabang

2. Isi Formulir Pendaftaran

Setelah Anda menghubungi sales SAP Express, silahkan untuk mengisi data-data yang dibutuhkan pada formulir pendaftaran. 

3. Penandatanganan Surat Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Kemudian, Anda perlu untuk menandatangani Surat Perjanjian Kerja Sama atau PKS dengan memberikan NPWP/KTP dan juga mengikuti SOP pengiriman SAP Express.

4. Kurir Akan Pick Up dan Melakukan Pengiriman

Kurir akan melakukan pick up dari kantor cabang di tempat Anda mendaftarkan perusahaan. Kemudian kurir akan mengirimkan paket/dokumen hingga ke lokasi tujuan untuk menerima dana COD.

5. Pencairan COD Oleh Tim Finance

Pada tahap yang terakhir, kurir akan memberikan dana COD ke Tim Finance untuk kemudian ditransfer ke Perusahaan sebagai pengirim paket.

Nah, itulah cara mengirim paket COD dengan SAP Express dan cara mendaftarkan COD untuk perusahaan. Hubungi kami lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana SAP Express bisa menjadi solusi untuk bisnis Anda. Semoga artikel ini dapat menginspirasi dan bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *