Logistik

Begini Cara Melihat Barang Online Sampai Dimana

cara melihat barang online sampai dimana

Salah satu cara melihat barang online sampai dimana adalah dengan melacak paket melalui nomor resi yang diberikan oleh jasa ekspedisi. Dengan nomor resi ini, Anda bisa melakukan tracking untuk mengetahui status pengiriman hingga melihat paket sudah sampai dimana.

Saat berbelanja secara online, mungkin Anda khawatir apakah paket yang dipesan  benar dikirimkan atau tidak. Maka dari itu, Anda harus tahu cara melacak paket untuk mengetahui status pengiriman hingga mengetahui keberadaan paket dengan mudah.

Salah satu cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk mengetahui barang online sampai dimana adalah dengan cek nomor resi. Langkah pengecekannya adalah sebagai berikut:

1. Cek Invoice

Jika ingin melacak atau melihat barang online sudah sampai dimana, langkah pertama adalah cek invoice yang Anda terima dari pihak e-commerce atau seller terlebih dahulu. Pada invoice tersebut, ada beberapa informasi penting seputar barang yang dipesan hingga jasa pengiriman yang digunakan. 

Saat berbelanja secara online, pastikan simpan invoice yang diberikan oleh penjual atau pihak e-commerce. Hal ini karena invoice berisi informasi dan data penting yang Anda butuhkan khususnya saat ingin melihat pengiriman paket sudah sampai dimana.

Baca Juga : 4 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Paket Tidak Sampai

2. Cek Nomor Resi

Nomor resi biasanya tercantum dalam invoice yang diberikan oleh e-commerce atau penjual online. Nomor resi ini terdiri dari kombinasi angka dan huruf yang menjadi identitas atas paket yang dikirim. Biasanya nomor resi terletak pada posisi paling atas di dalam invoice.

Nomor resi ini nantinya bisa digunakan untuk melacak keberadaan paket dan status pengiriman secara online melalui website jasa ekspedisi. Maka dari itu, pastikan simpan nomor resi yang diberikan oleh penjual dengan baik, karena akan berguna jika Anda ingin melacak paket yang dikirimkan.

3. Cek Kurir 

Sebelum melacak nomor resi sebagai cara mengetahui kiriman sudah sampai mana, jangan lupa cek kurir untuk pengiriman paket tersebut. Informasi kurir atau jasa ekspedisi ini juga terlampir secara jelas di lembar invoice yang diberikan oleh pihak e-commerce atau penjual.

Beberapa penjual atau e-commerce ada yang membebaskan pelanggan untuk memilih jasa ekspedisi sesuai dengan kebutuhannya. Akan tetapi beberapa yang lain telah menentukan jasa ekspedisinya sendiri sehingga Anda perlu cek invoice untuk memastikan jasa ekspedisi atau kurir apa yang digunakan untuk membantu proses pengiriman paket tersebut.

Baca Juga : Wajib Tahu, Ini Tips Pengiriman Kargo yang Aman!

4. Lakukan Tracking

Setelah mendapatkan informasi mengenai nomor resi dan jasa ekspedisi yang digunakan, langkah selanjutnya adalah melakukan tracking . Cara ini dilakukan untuk melacak keberadaan paket sudah sampai dimana sekaligus mengetahui status paket apakah sudah diterima atau belum.

Untuk melakukan tracking paket, caranya cukup mudah. Buka website jasa ekspedisi yang digunakan untuk pengiriman paket melalui browser kemudian masukkan nomor resi yang tertera pada invoice pada kolom yang sudah disediakan. Selanjutnya klik pada opsi ‘Cari’ dan website akan langsung menampilkan informasi pengiriman paket Anda secara detail termasuk keberadaan paket dan status pengirimannya.

Untuk memastikan paket yang Anda pesan sampai tujuan tepat waktu dengan aman, ada baiknya lakukan pengecekan status pengiriman secara rutin. Maka dari itu, pastikan simpan nomor resi pengiriman dengan baik karena akan berguna untuk pelacakan paket. Selain bisa memantau keberadaan paket, dengan cara melihat barang online sampai dimana ini, sangat menguntungkan bagi Anda yang bertransaksi secara COD untuk mempersiapkan pembayaran dengan tepat waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.