Bisnis

Begini Cara Membuat Logo Produk  Makanan yang Tepat

cara membuat logo produk makanan

Kesuksesan sebuah bisnis ditentukan oleh banyak faktor, salah satunya adalah pembuatan identitas bisnis yang harus tepat. Maka dari itu, jika Anda ingin memulai usaha seperti bisnis kuliner, pastikan ketahui dulu cara membuat logo produk makanan yang bagus agar mampu menjadi identitas bisnis sekaligus menarik pelanggan.

Logo merupakan identitas bisnis yang bisa berupa gambar, tulisan atau desain yang mampu menggambarkan produk bisnis yang Anda tawarkan. Pembuatan logo produk tidak boleh sembarangan akan tetapi harus mencerminkan produk tersebut. Selain itu, logo produk juga harus unik agar mudah dikenali oleh pelanggan.

Sebelum mengulas tentang bagaimana cara membuat logo produk makanan di hp atau cara lainnya, ketahui dulu fungsi logo bagi bisnis seperti berikut ini.

Fungsi Logo Bagi Bisnis

Meski hanya berbentuk gambar atau tulisan, nyatanya logo produk memiliki fungsi yang cukup penting dalam sebuah bisnis. Selain menjadi identitas produk atau bisnis, cara membuat logo produk makanan dengan coreldraw juga memiliki berbagai fungsi lainnya, antara lain:

  • Menarik perhatian pelanggan
  • Memberikan kesan pertama yang kuat sehingga bisnis bisa mudah dikenali pelanggan
  • Menjadi dasar dari identitas merek
  • Tanda pengenal agar mudah diingat oleh pelanggan
  • Menjadi pembeda dari competitor
  • Menumbuhkan loyalitas pelanggan

Baca Juga : Begini Tips Membuat Desain Kemasan Produk Agar Menarik Perhatian Konsumen

Langkah-langkah Membuat Logo Produk Makanan

Setelah mengetahui fungsi dan pentingnya logo bagi bisnis, kini saatnya mengulik tentang bagaimana langkah-langkah cara membuat logo di hp atau perangkat lain yang baik dan benar. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah pertama saat ingin membuat logo produk adalah tentukan ide dan konsep logo yang ingin Anda buat. Untuk mendapatkan inspirasi logo produk makanan yang menarik, ada banyak cara bisa Anda lakukan. Mulai dari mencari referensi dari internet hingga melihat competitor.

2. Tonjolkan Identitas Merek

Agar bisnis Anda mudah dikenali oleh pelanggan, maka dalam membuat logo huruf maupun desain lainnya harus mampu menonjolkan identitas merek. Anda harus bisa menentukan nilai dan gaya apa yang ingin ditonjolkan dari logo produk tersebut. Apakah Anda ingin logo yang unik dan keren, tenang dan santai atau tegas yang sesuai dengan karakteristik produk itu sendiri.

3. Tuangkan dalam Bentuk Desain

Setelah mendapatkan ide dan konsep logo produk yang sesuai dengan bisnis Anda, langkah selanjutnya dari cara membuat logo sendiri ini adalah menuangkannya dalam bentuk sketsa. Jika sketsa logo sudah jadi, selanjutnya tinggal mengubahnya menjadi bentuk digital agar logo produk makanan menjadi nyata.

Dalam pembuatan desain logo, pastikan pilih bentuk yang sesuai dengan karakter bisnis. Bentuk lingkaran biasanya mewakili emosional yang kuat dan bentuk tepi lurus kotak dan segitiga mengisyaratkan kepraktisan dan stabilitas.

4. Pertimbangkan Tipografi

Agar logo produk makanan Anda bisa membangkitkan emosi audience, maka penggunaan tipografi juga harus tepat. Jika target pelanggan Anda adalah perempuan, maka gunakan kursif atau taktik lucu pada logo produk makanan. Namun jika target pelanggan Anda didominasi laki-laki, sebaiknya pilih cara membuat logo online gratis dengan penggunaan huruf tebal. Jika ingin netral, penggunaan jenis huruf bersudut dengan kurva halus bisa menjadi pilihan terbaik.

5. Rencana untuk Skala

Dalam proses pembuatan logo produk makanan, Anda juga perlu merencanakan skala atau ukuran dari logo yang akan dibuat. Skala untuk desain logo makanan online harus disesuaikan dengan penggunaannya misalnya skala logo untuk kemasan pastinya memiliki ukuran yang berbeda dengan skala logo untuk di posting di media sosial.

6. Pilih Warna yang Sesuai

Agar fungsi dan manfaat logo bisa optimal, maka dalam proses dan cara membuat logo online shop lucu juga penting untuk memperhatikan pemilihan warna yang digunakan. Pemilihan warna untuk logo produk makanan harus tepat karena bisa meningkatkan minat pelanggan untuk membeli produk Anda.

Penggunaan warna merah, kuning dan orange adalah pilihan terbaik untuk logo makanan karena warna-warna tersebut mampu menimbulkan rasa lapar. Jika produk makanan Anda merupakan makanan atau minuman alami, pemilihan warna hijau untuk logo maker adalah yang terbaik.

Baca Juga : 5 Cara Mencari Produk yang Sedang Trend, Pebisnis Wajib Tahu!

7. Kemampuan untuk Beradaptasi

Sebelum melakukan finalisasi terhadap logo produk makanan yang Anda buat, pastikan dulu apakah logo tersebut bisa diaplikasi dengan baik untuk berbagai media. Hindari membuat logo spesifik yang hanya mewakili sebagian kecil dari sebuah industri. Buat logo di aplikasi membuat logo sendiri yang abadi dan mudah beradaptasi termasuk dengan mempertimbangkan bisnis Anda akan berkembang menjadi lebih besar.

Meski terlihat sepele, nyatanya logo produk memiliki fungsi dan manfaat yang penting dalam kesuksesan sebuah bisnis. Maka dari itu, jika ingin bisnis Anda bisa berkembang dengan baik, pastikan ketahui juga cara membuat logo produk makanan yang bagus dan unik agar mampu menarik pelanggan membeli produk yang ditawarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.