Bisnis

Begini Cara Membuat QR Code dengan Mudah, Pebisnis Online Harus Tahu!

cara membuat qr code

Salah satu teknologi yang memudahkan pebisnis dalam mengelola toko online adalah QR code. Dengan menggunakan QR code, konsumen dapat langsung mengetahui berbagai informasi produk dari toko online. Mulai dari daftar produk, spesifikasi, harga, hingga menu pembayaran. Meskipun demikian, tidak semua pebisnis tahu cara membuat QR code yang mudah dan bisa langsung dipraktikkan.

Nah, untuk Anda yang ingin tahu lebih lanjut tentang QR code, mulai dari pengertian, jenis, manfaat dan cara membuatnya, yuk simak ulasan berikut ini!

Apa itu QR Code

Sebelum tahu cara membuat QR code, sebaiknya Anda perlu mengetahui apa itu QR code terlebih dahulu. QR code adalah kependekan dari Quick Response Code yang berarti kumpulan kode piksel hitam putih yang dicetak dalam kotak kecil serta menyimpan data. QR code dapat dipindai menggunakan ponsel atau scanner yang mana mampu menampilkan berbagai informasi.

Umumnya QR code terdapat pada pamflet promosi produk atau pada kemasan produk itu sendiri. Nah, ketika pelanggan memindai QR code tersebut, maka dapat langsung bisa mengakses berbagai informasi seperti promo produk, menu pembayaran, dan lainnya.

Baca Juga : Mengenal Strategi Cross Selling Untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Jenis QR Code

Terdapat 2 jenis QR code yang masing-masing memiliki fungsi berbeda, yaitu:

1. QR Code Statis

QR code statis merupakan QR code yang tidak bisa diubah setelah selesai dibuat. Jadi informasi yang ditampilkan pada jenis QR code ini tidak bisa diubah karena sifatnya statis. QR code statis cocok digunakan untuk menampilkan rekening pembayaran atau katalog produk. Meskipun demikian, Anda perlu membuat QR code lagi yang baru jika ingin mengubah informasi di dalamnya.

2. QR Code Dinamis

Berbeda dari QR code statis, data yang terdapat pada QR code dinamis dapat diubah dan diperbaharui. Umumnya jenis QR code ini cocok digunakan untuk menyimpan data URL toko online maupun website. Saat ingin mengubah informasi pada QR code dinamis, Anda cukup mengupdatenya saja tanpa harus membuat QR code baru. 

Manfaat QR Code

Beberapa manfaat menggunakan QR code untuk bisnis Anda antara lain:

1. Meningkatkan Potensi Penjualan

Dengan menggunakan QR code, potensi penjualan usaha Anda akan meningkat. Hal ini dikarenakan para pelanggan memperoleh akses dengan lebih mudah ke produk Anda. Hanya dengan scan QR code, mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk menemukan berbagai promo produk dan melakukan pembelian. Dengan segala kemudahan ini, tentunya potensi penjualan Anda akan meningkat.

2. Menghemat Biaya Promosi

QR code bisa dijadikan sarana promosi yang jauh lebih hemat. Ketimbang promosi produk menggunakan pamflet yang lebih boros tenaga, waktu dan biaya, membuat katalog produk menggunakan QR code jauh lebih hemat. QR code ini juga bisa digunakan untuk promosi di sosial media yang tentunya lebih tidak memakan biaya.

3. Membangun User Experience yang Baik

Manfaat QR code berikutnya adalah menciptakan user experience yang baik. Dengan menggunakan QR code, para pelanggan akan lebih senang karena mendapat pengalaman yang lebih baik. Mereka bisa langsung mengunjungi laman promo atau produk dengan lebih cepat tanpa takut salah ketik alamat website. Selain itu, semua informasi mengenai produk dapat langsung terakses dengan cepat menggunakan QR code.. 

Baca Juga : Apa Itu White Label? Ini Penjelasan Mengenai Definisi Hingga Fungsinya

Cara Membuat QR Code

Nah, setelah tahu apa itu QR code dan juga manfaatnya, kini Anda bisa membuat QR code sendiri untuk toko online Anda. Begini caranya.

1. PIlih QR Code Generator

Saat ini ada banyak QR code generator yang bisa Anda pilih dan gunakan untuk membuat QR code secara gratis. Beberapa pilihan generator tersebut antara lain Visualead, QR stuff, qr-code-generator.com, QR Code Monkey, dan lain sebagainya. Anda bisa memilih salah satu diantaranya yang paling mudah dan cocok untuk kebutuhan Anda.

2. Pilih Konten

Setelah memilih QR code generator, selanjutnya Anda dapat memilih tipe konten yang akan dimasukkan ke dalam format QR code tersebut. Umumnya Anda bisa memilih hingga 10 tipe konten, mulai dari URL, Vcard, email, SMS, PDF, dan lain sebagainya. Masing-masing konten yang dipilih tersebut memiliki QR code yang berbeda.

3. Masukkan Data

Selanjutnya masukkan data yang diminta pada form yang telah disediakan. Masukkan data tersebut sesuai dengan form yang diminta. Jika Anda memilih form URL, maka Anda akan diminta untuk memasukkan link website. Begitu juga data yang lain, akan disesuaikan dengan form yang terdapat pada generator tersebut.

4. Atur Tampilan QR Code

Setelah data dimasukkan, selanjutnya Anda bisa mengatur tampilan atau desain QR code sesuai dengan selera. Terdapat banyak opsi frame QR code yang bisa dipilih. Anda juga bisa menambahkan logo toko online Anda untuk diletakkan pada bagian tengah QR code tersebut. Pada intinya, tampilan QR code ini bisa diatur sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

5. Uji Coba dan Download

Terakhir, download dan lakukan uji coba terhadap QR code yang telah Anda buat. Setelah mengatur tampilan QR code, QR code tersebut sudah dapat langsung digunakan. Anda bisa segera mendownload dan mencobanya. Gunakan kamera ponsel atau aplikasi scan untuk mengakses berbagai informasi melalui QR code yang telah dibuat. Jika QR code tersebut bisa dibuka, artinya sudah bisa digunakan dan dibagikan pada para pelanggan Anda.

Nah, itulah cara membuat QR code dengan mudah yang bisa Anda lakukan sendiri. Dengan membuat QR code, jalannya bisnis Anda akan semakin lancar sehingga memudahkan Anda dalam meningkatkan performa dan penjualan bisnis. Selamat mencoba!

1 Comment

  • asriadi 18 Agustus 2023

    Buat barkot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *