Bisnis

Begini Cara Mendapatkan Leads dengan Mudah, Penting Bagi Pebisnis!

leads adalah

Di dunia bisnis dan marketing, istilah leads pasti sudah tidak asing lagi. Leads adalah orang-orang potensial yang tertarik dengan penawaran sebuah produk atau jasa. Umumnya ketertarikan ini berkaitan dengan kualitas produk atau jasa tersebut maupun teknik pemasarannya.

Untuk itulah setiap pebisnis wajib tahu cara mendapatkan leads yang baik agar tidak kehilangan pelanggan. Para pelanggan potensial tersebut perlu diprospek lebih lanjut agar terjadi deal atau kesepakatan untuk membeli atau menggunakan produk Anda.

Nah, untuk tahu lebih lanjut mengenai leads dan bagaimana cara mendapatkannya, yuk simak uraian berikut ini!

Baca Juga : 5 Tips Promosi Produk yang Ampuh Menarik Konsumen

Pengertian Leads

Seperti yang sedikit disinggung di atas, leads adalah audiens yang sudah tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Audiens tersebut memiliki potensi untuk membeli atau menggunakan produk/jasa yang Anda tawarkan. 

Sebagai contoh, pernahkah Anda menerima email atau pesan yang berisi penawaran produk tertentu? Misalnya produk baju atau tas. Kemungkinan besar penawaran produk baju atau tas yang Anda terima berkaitan dengan aktivitas yang sebelumnya telah Anda lakukan, seperti browsing produk baju atau tas di internet.

Dalam hal ini, marketing membaca aktivitas yang Anda lakukan, kemudian menggunakan data leads untuk mengirimkan penawaran produk. Jadi marketing tersebut menemukan ketertarikan Anda terhadap produk tersebut kemudian menawarkan promo, baik promo diskon, gift, voucher, dan lain sebagainya untuk memikat Anda. Dalam hal ini, Anda yang sedang mencari produk baju dan tas berperan sebagai leads.

Macam Leads Marketing

Dalam marketing, terdapat 4 macam leads yang perlu Anda tahu, seperti:

1. Sales Qualified Lead

Sales Qualified Lead atau SQL merupakan orang-orang yang sudah memiliki minat menjadi pelanggan sebuah bisnis. Dalam hal ini, orang-orang tersebut memiliki keinginan membelanjakan uangnya untuk membeli produk Anda. Meskipun minat, namun SQL belum pernah berinteraksi sama sekali dengan produk Anda.

2. Marketing Qualified Lead

Berikutnya ada juga Marketing Qualified Lead, yaitu orang-orang yang sudah pernah berinteraksi langsung dengan produk Anda. Artinya, mereka sudah pernah membeli atau menggunakan produk yang Anda tawarkan. Nah, mereka inilah yang memiliki potensi paling besar untuk membeli produk Anda lagi.

Baca Juga : 5 Cara Mengembangkan Bisnis Online Agar Sukses

3. Product Qualified Lead

Product Qualified Lead merupakan orang-orang yang sudah pernah mencoba produk Anda namun belum pernah membeli. Mereka sudah mencoba produk dari free trial yang Anda tawarkan dan memiliki minat untuk membeli produk.

4. Service Qualified Lead

Service Qualified Lead memiliki makna yang sama dengan Product Qualified Lead. Namun bedanya, leads jenis ini sudah pernah mencoba jasa yang Anda tawarkan, bukan produk. Mereka tertarik untuk menggunakan jasa yang Anda tawarkan setelah puas mencoba free trial yang Anda berikan.

Cara Mendapatkan Leads

Dengan adanya leads, Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan. Anda pun bisa mengetahui siapa saja yang tertarik dengan produk Anda sehingga bisa memetakan strategi marketing yang tepat. Nah pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara mendapatkan leads? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan leads.

1. Social Media Marketing

Manfaatkan sosial media untuk mendapatkan leads. Caranya, lakukan pemasaran produk melalui media sosial untuk menjangkau pelanggan dengan lebih luas. Aktif bersosial media juga akan meningkatkan brand awareness produk atau jasa Anda sehingga kemungkinan untuk closing lebih besar.

2. Buat Konten yang Menarik

Tidak hanya aktif saja, Anda juga perlu membuat konten yang menarik untuk media sosial bisnis Anda. Konten yang seru dan menarik akan mendatangkan leads yang potensial. Leads tersebut tentunya sesuai dengan target market produk Anda.

Baca Juga : Memajukan Bisnis Anda dengan Iklan Google Ads

3. Coba Produk Gratis

Untuk mendatangkan leads, Anda juga bisa memberikan produk atau layanan secara gratis atau free. Cara ini cukup ampuh karena orang-orang akan berinteraksi langsung dengan produk Anda sehingga kemungkinan untuk menjadi pelanggan pun semakin besar.

4. Kuis atau Giveaway

Jangan ragu untuk mengadakan kuis atau giveaway untuk mendapatkan leads yang potensial. Anda bisa meminta data peserta secara cuma-cuma yang bisa Anda manfaatkan untuk promosi produk. Orang yang mengikuti giveaway yang Anda adakan umumnya memiliki ketertarikan yang besar terhadap produk Anda.

5. Voucher Diskon

Cara mendapatkan leads berikutnya adalah dengan memberikan voucher diskon untuk produk Anda. Diskon merupakan hal yang paling disukai oleh calon konsumen, itulah sebabnya Anda bisa mendapatkan leads dari sini. Berikan persyaratan untuk mendapatkan diskon dengan meninggalkan alamat email dan nomor WA misalnya, maka Anda akan mendapatkan data calon pelanggan potensial.

Nah, mengingat pentingnya leads bagi sebuah bisnis, Anda perlu menerapkan cara mendapatkan leads di atas untuk menggaet calon pelanggan. Jika data leads sudah Anda dapatkan, maka Anda akan dengan mudah menawarkan produk atau jasa Anda kepada mereka. Tentunya selangkah lagi untuk menuju pembelian, bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *