Bisnis

Begini Cara Menjadi Eksportir, Apakah Anda Tertarik?

cara menjadi eksportir

Siapa bilang jika hanya perusahaan besar saja yang bisa bisnis ekspor? Seiring perkembangannya, saat ini siapa saja bisa menjalankan bisnis ekspor dengan lebih mudah. Meski begitu, dalam cara menjadi eksportir ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu.

Di era globalisasi dan perkembangan teknologi yang semakin canggih ini, memberikan banyak kemudahan bagi siapa saja yang ingin menjadi eksportir. Tidak sedikit UMKM lokal yang saat ini telah berhasil memasuki pasar internasional. Dengan cara seperti ini pastinya akan membuat bisnis lebih cepat berkembang dan mendatangkan untung lebih besar.

Sebelum membahas tentang bagaimana cara menjadi eksportir, ketahui dulu apa itu eksportir dan apa saja syarat agar bisa melakukan kegiatan ekspor seperti di bawah ini :

Apa itu Eksportir

Eksportir merupakan perusahaan atau instansi atau orang tertentu yang menjual barang-barangnya ke luar negeri. Eksportir akan menjual barang ke negara lain yang membutuhkan barang tersebut dengan tujuan keuntungan bisnis.

Dalam dunia bisnis, melakukan ekspor barang ke luar negeri merupakan salah satu pencapaian yang cukup membanggakan. Dengan berhasil memasukkan barang ke pasar internasional artinya penjualan produk akan meningkat serta keuntungan bisnis juga akan berkembang besar.

Untuk bisa menjadi eksportir tidak harus memiliki modal dan perusahaan yang besar. Seiring perkembangannya, saat ini siapa saja bisa menjadi eksportir bahkan telah ada cara menjadi eksportir tanpa modal yang bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Meski bisa dilakukan oleh siapa saja, akan tetapi untuk bisa menjadi eksportir ada beberapa persyaratan yang perlu disiapkan, antara lain:

  • Memiliki badan hukum, baik dalam bentuk CV, firma, PT, atau bisa juga koperasi
  • Memiliki NPWP
  • Mempunyai surat izin yang dikeluarkan oleh pemerintah seperti SIUP, surat ijin industri, PMDN, PMA, atau BKPM

Baca Juga : 5 Cara Mencari Produk yang Sedang Trend, Pebisnis Wajib Tahu!

Cara Memulai Bisnis Eksportir

Bisnis ekspor bisa dilakukan oleh perusahaan dalam skala besar maupun skala kecil. Agar bisnis ekspor ini bisa berjalan dengan baik, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan, antara lain :

1. Riset Pasar

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebagai cara menjadi eksportir pemula adalah lakukan riset pasar terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mengetahui peluang produk apa yang akan laris di pasar Internasional. Produk yang laris di pasar lokal belum tentu juga akan laris di pasar internasional. Maka dari itu sangat penting untuk melakukan riset sebelum mulai menjual produk ke luar negeri.

2. Tentukan Negara Tujuan yang Potensial

Setelah menentukan akan menjual produk apa, langkah selanjutnya adalah tentukan negara yang akan menjadi tujuan ekspor dari produk tersebut. Pastikan pilih negara tujuan yang potensial sebagai target market produk tersebut. Untuk menentukan hal ini, Anda juga perlu melakukan riset terlebih dahulu.

3. Pahami Prosedur Ekspor Barang

Dalam bisnis ekspor barang, ada dua cara yang bisa Anda pilih jika ingin menjual produk ke luar negeri. Dua cara tersebut adalah ekspor langsung dan ekspor tidak langsung. Ekspor langsung berarti Anda akan menjual dan memasarkan produk langsung kepada pembeli. Hal ini bisa dilakukan dengan bergabung melalui marketplace atau menjual sendiri melalui website toko online.

Sedangkan ekspor tidak langsung adalah pemasaran produk akan dilakukan dengan bantuan pihak ketiga. Pihak ketiga ini akan menjadi perantara antara penjual dan pembeli sehingga Anda tidak perlu memasarkan produk secara langsung.

4. Pelajari Dokumen Ekspor

Untuk bisa mengirim dan menjual produk ke luar negeri, ada beberapa dokumen yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu. Dokumen ini biasanya meliputi dokumen legalitas usaha dan juga dokumen ekspor.

Beberapa dokumen legalitas yang diperlukan untuk bisnis eksportir antara lain seperti SIUP, TDP, NPWP, dan juga nomor identitas kepabeanan. Sedangkan untuk dokumen ekspor yang perlu dipersiapkan seperti invoice dan packing list.

Baca Juga : Begini Cara Jualan Online Mudah, Anti Ribet, dan Pasti Untung!

5. Manfaatkan Fasilitas Ekspor dari Pemerintah

Bagi Anda eksportir pemula yang ingin cara menjadi eksportir tanpa modal bisa memanfaatkan fasilitas ekspor yang disediakan pemerintah. Untuk mengetahui fasilitas apa saja yang disediakan, Anda bisa langsung cek melalui https://djpen.kemendag.go.id.

Di era globalisasi seperti sekarang ini, menjangkau pasar internasional semakin mudah untuk dilakukan. Telah banyak cara dan jalan yang bisa Anda manfaatkan agar bisa memasukkan barang ke pasar internasional. Meski begitu, pastikan Anda sudah tahu cara menjadi eksportir dan syarat apa saja yang dibutuhkan. Dengan begitu kegiatan ekspor bisa berjalan lebih baik dan lancar. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.