Logistik

Begini Cara Menulis Alamat Paket yang Tepat Agar Tidak Salah Kirim

cara menulis alamat surat

Meski sepele, cara menulis alamat paket yang tepat kerap dilupakan orang. Padahal, tanpa penulisan alamat yang benar maka paket akan sulit sampai ke tangan penerima. Paket nyasar pun kerap terjadi ketika pengirim salah menuliskan alamat penerima.

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika menuliskan alamat paket. Nah, berikut akan kami jelaskan cara menulis alamat paket yang tepat supaya sampai dengan selamat.

Tata Cara Menulis Alamat Penerima

Terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat menuliskan alamat tujuan penerima. Mulai dari nama terang penerima hingga nomor telepon. Nah, berikut ini beberapa tata cara menulis alamat paket yang tepat.

1. Tuliskan Nama Penerima dan Pengirim dengan Jelas

Baca juga: Intip Perbedaan Cargo dan Reguler pada Jasa Ekspedisi

Cara menulis alamat paket yang pertama adalah tulis nama penerima dan pengirim dengan jelas. Jangan lupa untuk menuliskan nama lengkap disertai gelar supaya memperjelas tujuan. Hindari menulis nama panggilan saja karena rentan terjadi kesalahan pengiriman.

2. Beri Alamat Lengkap Hingga Nama Dusun dan Kode Pos

Selain menuliskan nama penerima dan pengirim, Anda juga perlu menuliskan alamat tujuan selengkap mungkin. Tulis alamat hingga nomor rumah, nama kelurahan, kecamatan, dusun, hingga kode pos. Hal ini akan memudahkan ekspedisi untuk menemukan alamat tujuan Anda dengan tepat.

3. Tambahkan Nomor Telepon Penerima

Tambahkan juga nomor telepon penerima pada alamat tujuan. Tujuannya adalah agar si penerima paket mudah dihubungi, terlebih jika rumah sedang kosong. Adanya nomor telepon akan meminimalisir paket salah kirim.

Contoh Penulisan Alamat Penerima

Agar paket Anda tidak menyasar saat pengiriman oleh jasa ekspedisi, ada baiknya Anda mengetahui contoh cara menulis alamat paket untuk penerima, seperti di bawah ini;

Kepada: 

Rodrigez Bieber

Jalan Maluku No. 509 Kunciran, 

Kec. Cipondoh, Kota Tangerang,

Banten 59382

Telp. 08995839593

COD

Contoh Penulisan Alamat Pengirim

Selain Anda harus menulis alamat penerima dengan benar, Anda juga perlu menyantumkan alamat Anda sendiri secara lengkap. Hal ini bertujuan agar pihak kurir bisa mengembalikan paket saat barang salah kirim atau ternyata alamat yang ditulis salah. Apabila Anda memiliki toko online, Anda bisa menyantumkan alamat toko. Contoh penulisan alamat pengirim adalah sebagai berikut:

Pengirim:

Mpus Petshop 

Jl. Nusa Dua No. 667 Cipete Selatan,

Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan

DKI Jakarta 18594

Telp. 088899925123

Tips yang Perlu Diperhatikan Saat Mengirim Paket

Selain mengetahui cara menulis alamat paket yang tepat, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini saat mengirim paket:

1. Packing dengan Rapi

Saat mengirim paket, Anda perlu melakukan packing terlebih dahulu. Packing yang tepat menjadi hal yang krusial karena terkait dengan keamanan paket Anda. Gunakan packing bubble wrap untuk paket yang mudah rusak. Atau bisa juga gunakan packing kayu untuk paket tertentu seperti barang elektronik. Tambahkan juga keterangan ‘fragile’ untuk benda pecah belah.

2. Pilih Ekspedisi yang Terpercaya

Agar barang Anda selamat sampai tujuan, pilihlah jasa ekspedisi yang terpercaya dan profesional. Pastikan reputasinya baik dan memiliki testimoni yang positif seperti SAP Express misalnya. Bantu petuga dengan menuliskan alamat paket dengan jelas supaya paket sampai dengan selamat.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Kirim Paket ke Luar Negeri

3. Tambahkan Asuransi

Untuk menambah keamanan paket, tambahkan fitur asuransi untuk paket Anda. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada paket Anda, maka ada perlindungan dari perusahaan asuransi yang akan melindungi paket Anda. Anda akan diberi biaya ganti rugi yang sebanding dengan premi yang Anda pilih.

4. Simpan Nomor Resi

Terakhir, simpan nomor resi pengiriman Anda. Resi digunakan untuk melacak paket yang Anda kirimkan, apakah sudah hampir tiba atau belum. Anda bisa melakukan tracking secara online melalui aplikasi yang disediakan oleh pihak ekspedisi.

Nah, itulah cara menulis alamat paket yang tepat supaya paket yang Anda kirimkan tiba dengan selamat. Dengan ditambah tips mengirim paket diatas, tentu dapat meminimalisir paket nyasar atau kendala lain yang menghambat pengiriman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *