Logistik

Begini Format Alamat Pengiriman Barang yang Benar

format alamat pengiriman

Di tengah perkembangan e-commerce Indonesia yang pesat, pastinya Anda sudah familiar dengan pengiriman paket kan? Nah, untuk Anda yang memiliki usaha bisnis online atau sering mengirim paket, Anda perlu menulis alamat yang benar agar paket sampai pada penerima yang tepat. Tentunya Anda tidak mau paket Anda menyasar ke alamat rumah orang lain. Berikut adalah ulasan mengenai format alamat pengiriman barang yang tepat. Simak yuk!

Hal Penting Dalam Menulis Alamat Tujuan

format pengiriman barang

Alamat memiliki fungsi untuk memberikan informasi yang diperlukan untuk menemukan bangunan. Nah, agar paket Anda sampai pada tepat sasaran, perhatikan beberapa hal penting berikut ini:

1. Nama Penerima dan Pengirim

Informasi pertama yang perlu diperhatikan adalah nama penerima dan pengirim. Tulis nama penerima dan Anda secara lengkap. Kalau bisa, Anda juga dapat menambahkan nama panggilan yang biasa dikenal lingkungan tetangga. Dengan begitu, ketika kurir bingung mencari rumah penerima, kurir bisa menanyakan ke tetangga sekitar. 

Misalnya,

Gema Hendrawan yang biasa dikenal dengan panggilan Bang Wawan bisa Anda tulis dengan “Gema Hendrawan (Bang Wawan)”

Baca Juga : Inilah Tips Pengiriman Dokumen Penting yang Aman!

2. Alamat Penerima dan Pengirim 

Cara menulis alamat paket barang yang benar selanjutnya adalah dengan memperhatikan alamat penerima. Tentunya hal ini dapat mencegah kurir menyasar di jalan saat mencari alamat rumah. Tuliskan alamat penerima secara lengkap mulai dari nomor rumah, jalan rumah, sampai dengan kode pos yang benar. Informasi alamat yang perlu ada yaitu sebagai berikut:

  • Nama Jalan
  • Nomor Jalan
  • RT/RW
  • Desa/Kelurahan
  • Kecamatan
  • Kabupaten/Kota
  • Provinsi
  • Kode Pos

3. Nomor Telepon 

Hal penting selanjutnya yang perlu dituliskan adalah nomor telepon penerima dan pengirim. Jika kurir kesulitan dalam mencari alamat pengirim, kurir bisa menghubungi nomor yang tertera pada barang untuk mendapatkan arahan. Selain itu, jika sang penerima sedang tidak di tempat, kurir bisa konfirmasi langsung melalui telepon. 

Contoh Format Penulisan Alamat Tujuan Paket

Agar paket bisa sampai dengan aman ke tangan penerima, Anda perlu menuliskan informasi alamat secara lengkap. Berikut adalah contoh penulisan alamat yang tepat:

Gema Hendrawan (Bang Wawan)

Jl. Mentari No. 178 RT 09/09, Kelurahan Beji, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, 

Jawa Barat 16412

No. Telp: 081289896767

Baca Juga : Estimasi Pengiriman: Pengertian, Faktor yang Mempengaruhi dan Contohnya

Tips Mengirim Paket yang Tepat

Untuk Anda yang menjalani bisnis secara online, tentunya Anda ingin paket Anda sampai tepat waktu kan? Nah, agar pengiriman tepat waktu, berikut adalah tipsnya untuk Anda:

1. Temukan Ekspedisi Terpercaya

Agar barang Anda sampai dengan aman, Anda perlu untuk mencari ekspedisi yang berkualitas. Jika ekspedisi yang Anda pilih terpercaya, Anda tidak perlu khawatir atas keamanan barang Anda. Apalagi, jika ekspedisi tersebut menawarkan jasa asuransi terhadap barang. Tidak sulit mencari ekspedisi yang berkualitas, Anda bisa menemukannya melalui ulasan pengguna di media sosial. 

2. Cek Biaya Pengiriman dan Asuransi

Selanjutnya, Anda perlu untuk melihat biaya pengiriman. Jika penerima ingin barangnya cepat sampai, Anda bisa menggunakan layanan instan dari ekspedisi. Tentunya biaya untuk pengiriman instan lebih mahal dibandingkan dengan pengiriman reguler. Selain itu, hal yang perlu diperhatikan adalah ada atau tidaknya asuransi. Layanan ini memungkinkan ekspedisi untuk melindungi risiko kerusakan atau kehilangan barang selama pengiriman. 

Demikian ulasan mengenai format alamat pengiriman barang yang benar. Pastikan Anda menulis dengan tepat dan lengkap alamat penerima agar paket Anda tidak salah tujuan. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *