Finance

Berbagai Manfaat E-Wallet Untuk Bisnis Anda

manfaat e wallet

Seiring dengan teknologi yang terus berkembang, dunia transaksi juga kini makin canggih dan simple. Kita tidak perlu lagi berat-berat membawa dompet untuk membayar secara tunai, hanya dengan telepon genggam, kita bisa membayar belanjaan. Salah satunya adalah membayar melalui e-wallet. Saat ini, mungkin Anda sudah familiar dengan e-wallet seperti OVO, GoPay, ShoppeePay, dan yang lain sebagainya.

Lantas apa manfaat e-wallet bagi bisnis Anda? Untuk informasi selengkapnya, simak artikel berikut ini!

Apa itu E-Wallet?

Melansir dari Investopedia, e-wallet atau dompet digital adalah aplikasi transaksi keuangan yang berjalan di perangkat seluler. Aplikasi ini menyimpan segala informasi pembayaran dan kata sandi Anda dengan aman. Jadi, jika Anda sedang berbelanja seperti di minimarket, atau tempat lainnya, Anda hanya perlu mengeluarkan telepon genggam dan membayar melalui aplikasi tersebut. 

Baca Juga : Rekomendasi Aplikasi Manajemen Toko, Cocok untuk Pengusaha Muda!

Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis

Untuk Anda yang memiliki bisnis, e-wallet adalah pilihan tepat bagi Anda. Sebab, kini masyarakat lebih suka pembayaran non-tunai. Nah, apa saja manfaat menggunakan e-wallet untuk bisnis? 

1. Sebagai Pengganti Kartu Bank

Manfaat menggunakan e-wallet untuk bisnis yang pertama adalah sebagai pengganti kartu bank. E-wallet memungkinkan pelanggan Anda menghindari membawa kartu debit atau kredit mereka, yang bisa mereka salah meletakkannya, hilang ataupun rusak. Dengan menggunakan e-wallet, mereka hanya perlu menyimpan nomor, tanggal kadaluarsa, dan CVV kartu bank mereka di dompet digital yang ada di ponsel. Sangat praktis bukan?

2. Lebih Aman

Fitur keamanan dan keselamatan sebagian e-wallet sudah canggih. Di saat Anda menggunakan dompet digital untuk bisnis Anda, Anda sedang melakukan transaksi yang sangat aman dan terjamin. Banyak dari e-wallet yang sudah menggunakan tokenisasi (kode pembayaran sekali pakai), verifikasi biometrik (aktivasi suara, pengenalan wajah, akses sidik jari) untuk keamanan yang lebih. 

3. Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik

Kini, banyak pelanggan yang lebih suka menggunakan e-wallet untuk membayar. Hal ini karena lebih nyaman dibandingkan dengan menggunakan transfer bank tradisional. Dompet digital tentunya tidak membuat pembeli stres karena mengingat detail kartu bank mereka. Pelanggan juga tidak perlu untuk membawa kartu fisik di dompet, atau tas saat ingin berbelanja. 

4. Kontrol Mutlak atas Sistem Pembayaran Anda

Manfaat menggunakan e-wallet untuk bisnis yang selanjutnya adalah Anda memegang kontrol mutlak atas sistem pembayaran Anda. E-wallet memberi Anda kemungkinan untuk memiliki dan mengontrol banyak metode pembayaran. Jadi, apakah Anda tertarik untuk menggunakan e-wallet sebagai metode pembayaran bisnis Anda?

Baca Juga : Virtual Account: Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Kekurangan E-Wallet

Tentunya setiap dari produk memiliki kekurangannya masing-masing. Berikut adalah beberapa dari kekurangan e-wallet yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Kekhawatiran Mengenai Keamanan

Meski sebenarnya e-wallet cukup aman, namun tidak semua pelanggan merasa aman saat menggunakan dompet digital. Pasalnya, mereka sering tidak sepenuhnya memahami cara kerja dari e-wallet. Saat ini memang serangan dunia maya semakin meningkat, dan hal tersebut membuat persepsi bahwa orang lain bisa mengakses rekening bank dengan mudah. 

2. Ada Kemungkinan Ponsel Hilang atau Rusak

Apabila pelanggan kehilangan ponsel dengan dompet digital, mereka bisa kehilangan informasi yang disimpan e-wallet di dompet mereka. E-wallet juga bisa merepotkan apabila pelanggan perlu menggunakan metode pembayaran yang berbeda dengan cepat. Selain itu, jika ponsel rusak, pelanggan juga bisa kehilangan semua informasi yang telah tersimpan di e-wallet. Mereka perlu mengunduh e-wallet lagi, namun mungkin tidak dapat mengakses informasi yang sama.

4. Risiko Penipuan

Saat pelanggan membayar sesuatu menggunakan kartu kredit, bank melindungi apabila mereka mengalami penipuan kartu kredit. Sayangnya, perlindungan tersebut tidak ada di e-wallet. Pembeli mungkin akan lebih repot apabila orang lain telah mencuri kredensial mereka dan menagih pembelian menggunakan e-wallet mereka. 

Cara Kerja E-Wallet

E-wallet sendiri menggunakan beberapa teknologi termasuk aplikasi seluler, perangkat keras seluler, komunikasi jarak dekat (NFC), dan metode keamanan seperti tokenisasi untuk menciptakan pengalaman pembayaran yang ramah pengguna, dan seluler. 

Untuk bisa mengakses e-wallet, pengguna terlebih dahulu memasukkan informasi kartu mereka ke dalam aplikasi ataupun situs dompet digital. Informasi dienkripsi dan dompet digital tersedia untuk digunakan setelah perangkat dibuka kuncinya dan pengguna mengotorisasi dompet. Kemudian, untuk melakukan pembayaran, pengguna mendekatkan ponsel ke barcode (QR). 

Baca Juga : 5 Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Gratis

Seberapa Penting E-Wallet Dalam Bisnis?

Untuk Anda yang memiliki bisnis, penting untuk menambahkan e-wallet sebagai salah satu metode pembayaran. Pasalnya, selain praktis, Anda tidak perlu repot-repot lagi mencari kembalian untuk pembeli Anda. Cukup berikan QR code yang sudah tersedia, dan uang akan langsung masuk ke dalam rekening Anda. Dengan kata lain, e-wallet tidak hanya memudahkan bisnis Anda, namun juga memudahkan untuk para pelanggan Anda. 

Demikianlah ulasan kali ini mengenai berbagai manfaat e-wallet untuk bisnis Anda. Untuk Anda yang belum menambahkan metode pembayaran ini, Anda sebaiknya segera menggunakan e-wallet untuk mengembangkan bisnis Anda. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan berguna bagi bisnis Anda. Semoga sukses. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *