Bisnis

7 Tips Bisnis Parcel Lebaran Agar Tetap Cuan

bisnis parcel lebaran

Biasanya, pada waktu-waktu menjelang lebaran, masyarakat mulai berbondong-bondong untuk menyiapkan parcel lebaran untuk diberikan ke orang-orang terdekatnya. Nah, Anda dapat menggunakan momentum ini untuk bisnis parcel lebaran. Untuk memulainya, sebenarnya tidak cukup sulit, hanya saja Anda perlu mengetahui beberapa tips bisnis parcel lebaran, agar Anda tetap cuan di bulan Ramadhan ini. Apa saja? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Mau Bisnis Parcel Lebaran? Ikuti Tips Ini!

Nah, untuk Anda yang baru mau memulai bisnis parcel lebaran, kami ada beberapa tipsnya untuk Anda, apa saja? Yuk simak!

  1. Sediakan Modal

Sebelum memulai bisnis apapun, termasuk dengan parcel lebaran, tentunya hal pertama yang perlu disiapkan adalah modal. Tentukan terlebih dahulu isi parcel yang ingin Anda buat, dan setelah itu Anda bisa kalkulasi kira-kira berapa modal yang dibutuhkan untuk isi parcel, tempat parcel, hingga hiasan parcel. Untuk tahap awal, Anda bisa menyiapkan modal yang sedikit terlebih dahulu dan membuat parcel untuk rekan terdekat.

  1. Cari Supplier Tangan Pertama

Seperti yang kita ketahui bahwa, barang-barang dari tangan pertama tentunya akan lebih murah. Oleh sebab itu, sebelum memulai bisnis parcel lebaran, Anda bisa riset terlebih dahulu harga-harga produk dari supplier tangan pertama. Setelah sudah mendapatkan yang cocok, Anda bisa langsung berbelanja di supplier tersebut. Jangan lupa juga untuk melakukan negosiasi, siapa tahu Anda mendapatkan diskon atau potongan harga untuk pembelian barang dalam jumlah yang banyak.

  1. Tentukan Target Market

Selain itu, sebelum memutuskan untuk bisnis parcel lebaran, Anda terlebih dahulu perlu untuk mengetahui siapa target market Anda. Apakah itu untuk anak-anak muda, keluarga atau yang lainnya. Dengan begitu, Anda bisa menentukan produk apa yang Anda gunakan untuk mengisi parcel lebaran Anda. Misalkan saja, apabila target pasar Anda adalah keluarga, Anda bisa mengisi parcel lebaran Anda dengan berbagai macam sembako seperti sirup, gula, indomie, dan barang-barang yang lainnya. Berbeda apabila targetnya adalah anak-anak, Anda bisa memasukkan berbagai snack seperti chiki dan yang manis.

  1. Pakai Kemasan Spesial Lebaran

Tips bisnis parcel lebaran yang selanjutnya adalah dengan memakai kemasan spesial lebaran. Di momen yang setahun sekali ini, tentunya konsumen Anda ingin memberikan orang-orang tersayangnya parcel lebaran yang spesial. Untuk itu, Anda perlu menghias parcel sedemikian rupa dengan hiasan lebaran seperti ketupat, ataupun Anda bisa menambahkan kartu ucapan di parcel lebaran agar terasa lebih spesial.

  1. Memanfaatkan Platform Digital

Tips bisnis parcel lebaran yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan platform digital. Seperti yang telah kita ketahui bahwa, saat ini masyarakat kita sudah melek digital. Oleh sebab itu, manfaatkanlah momentum ini untuk memasarkan parcel lebaran Anda. Misalkan saja, Anda bisa memanfaatkan e-commerce yang sudah ada, dan media sosial untuk memasarkan parcel lebaran kepada followers Anda. Selain itu, gunakan fitur iklan yang ada untuk meluaskan target audiens Anda di platform digital. 

  1. Menjadi Reseller Terlebih Dahulu

Apabila Anda sama sekali belum memiliki pengalaman mengemas parcel lebaran, menjadi reseller terlebih dahulu bisa menjadi opsi. Tidak ada salahnya menjadi reseller, sebelum Anda benar-benar terjun dalam bisnis parcel lebaran ini. Mungkin tahun ini Anda menjadi reseller, dan tahun depan ketika Anda sudah memiliki pelanggan, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar lho!

  1. Perhatikan Masa Kadaluarsa

Nah, dalam mencari barang-barang untuk parcel lebaran, kita seringkali terlalu fokus untuk mencari harga yang murah. Padahal belum tentu masa kadaluarsanya masih lama. Oleh sebab itu, saat berbelanja di supplier, pastikan Anda memperhatikan masa kadaluarsa produk. Jangan sampai Anda menjual parcel lebaran yang produknya sudah hampir kadaluarsa, dan akhirnya mendapatkan komplain dari pelanggan-pelanggan Anda. 

Demikianlah ulasan kali ini mengenai 7 tips bisnis parcel lebaran agar tetap cuan. Ikuti tips di atas, dan semoga bisnis Anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dan berkah di bulan Ramadan yang suci ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *