Bisnis

Bisnis Waralaba: Pengertian dan Tips Menjalankannya

bisnis waralaba

Apakah Anda tertarik dengan bisnis waralaba? Bisnis waralaba merupakan bisnis yang dijalankan dengan menggunakan lisensi dari pihak lain. Bisnis waralaba memberikan hak khusus kepada perseorangan atau badan usaha untuk menggunakan merek, produk, serta sistem bisnis yang telah berjalan. Dalam hal ini telah terjadi kesepakatan antara pemilik bisnis waralaba dengan pembeli izin bisnis waralaba.

Baca Juga : Ide Bisnis Anak Muda, Modal Kecil Untung Besar

Bisnis waralaba memudahkan para pebisnis pemula untuk menjalankan bisnis karena seluruh operasional telah disediakan oleh pemilik waralaba. Bahkan banyak bisnis waralaba yang juga memberikan training khusus kepada pembeli waralaba untuk menjalankan bisnis. Istilahnya, Anda cukup membayar biaya waralaba saja, bisnis sudah bisa dijalankan. Tidak perlu pusing memikirkan detail A, B, C, dan seterusnya.

Nah, jika Anda kurang begitu paham dengan sistem bisnis ini, Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Apa Itu Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba disebut juga dengan bisnis franchise. Bisnis waralaba memiliki 2 elemen penting di dalamnya, yaitu:

  • Pihak franchisor (pemilik/pemberi waralaba): pihak yang memiliki bisnis waralaba dan memberikan izin kepada pihak lain untuk menggunakan bisnisnya
  • Pihak franchisee (pembeli/penerima waralaba): pihak yang membeli izin usaha waralaba kemudian menjalankan bisnis tersebut

Pada bisnis waralaba, franchisee membeli bisnis waralaba dengan harga yang telah disepakati. Nantinya franchisor dapat menggunakan uang franchisee untuk mengembangkan usahanya. Sedangkan franchisee dapat menjalankan usaha yang sudah siap jalan tersebut dengan merek, sistem, dan prosedur yang sudah ada.

Tips Sukses Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba sangat memudahkan pebisnis baru untuk menjalankan usaha. Cukup membayar sejumlah biaya, maka usaha Anda sudah bisa dijalankan. Lantas bagaimana tips sukses menjalankan bisnis ini?

1. Pilih Produk yang Menjanjikan

Untuk memulai bisnis waralaba atau franchise, Anda perlu menetapkan terlebih dahulu mengenai produk apa yang akan Anda jual. Sebisa mungkin pilih produk yang memiliki potensi pasar yang bagus dan menjanjikan. 

2. Perhatikan Pesaing

Selain memperhatikan produk, Anda juga perlu melihat kompetitor. Cek terlebih dahulu apakah produk yang Anda pilih memiliki banyak kompetitor atau tidak. Jika iya, maka pelajari terlebih dahulu apakah Anda bisa masuk dan bersaing dengan para kompetitor tersebut atau tidak. Pelajari juga market dan permintaan pasarnya. Tidak masalah jika pesaing besar namun pasarnya juga besar. Namun akan menjadi masalah jika pesaing minim, namun pasarnya juga tidak ada.

3. Pilih Lokasi yang Tepat

Tips sukses bisnis waralaba berikutnya adalah memilih lokasi yang tepat. Misalnya, ketika Anda tertarik untuk franchise produk minuman kekinian, maka carilah lokasi yang ramai dan mudah dijangkau oleh market, seperti di depan pertokoan, kampus, atau tempat nongkrong. Ingat, posisi akan menentukan prestasi Anda.

4. Pelajari Sistem Bisnisnya

Pelajari sistem bisnis waralaba yang Anda beli. Mulai dari produknya, sistem penjualannya, hingga fee nya. Pastikan Anda sudah paham betul mengenai sistem bisnis waralaba tersebut sebelum benar-benar menjalankannya.

Baca Juga : Begini Cara Membuka Usaha Jasa Pengiriman Barang

5. Lakukan Modifikasi

Terakhir, lakukan modifikasi. Memang betul jika Anda akan mendapatkan seluruh sistem bisnisnya. Namun tidak ada salahnya jika Anda melakukan sedikit modifikasi agar memiliki diferensiasi dengan lainnya. Selama tidak menyalahi kesepakatan, maka Anda bisa memodif bisnis tersebut. Bukan berarti mengubah sistem bisnisnya, namun Anda bisa melakukan modifikasi dengan memberikan layanan purna jual misalnya. Atau dengan layanan konsumen yang lebih baik agar cepat memiliki pelanggan tetap.

Itulah beberapa hal tentang bisnis franchise yang bisa Anda jajal. Di Indonesia sendiri ada banyak bisnis waralaba yang siap untuk dijalankan. Apakah Anda tertarik?

peluang usaha agen pengiriman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *