Bisnis

BNIB Adalah Brand New in Box, Kenali Lebih Dalam Agar Tak Tertipu!

bnib adalah

Istilah BNIB adalah salah satu istilah yang populer digunakan dalam dunia jual beli barang secara online saat ini. Umumnya, istilah ini dicatat pada deskripsi produk dan dalam box. Selain BNIB, kita juga wajib paham istilah lain yang juga sering digunakan seperti BNOB dan BNWB. Pasalnya, istilah berikut ini akan menentukan kondisi barang, hingga harga barang tersebut. Semua ini bertujuan agar kita tidak tertipu saat belanja online. Langsung saja ya!

Mengenal BNIB 

Namanya juga produk online,  kita hanya mengetahui produk tersebut melalui postingan para penjual. Supaya memikat hati pembeli, para reseller kerap memposting produk sedemikian sehingga terlihat lebih menarik.

Jika Anda mencermati dengan seksama, ternyata pada bagian deskripsi produk, online shop juga mencantumkan kondisi barang yang sebenarnya, yakni melalui kode atau istilah BNIB, BNOP, dan BNWB. Masih asing mendengarnya? Ada baiknya Anda mengenal apa arti istilah-istilah tersebut melalui penjelasan berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan BNIB?

BNIB adalah istilah untuk menggambarkan produk yang dijual belum pernah terpakai dan masih dikemas menggunakan kardus aslinya. Jadi, kondisi barang postingan dijamin original.

Baca Juga : Cara Pintar Jualan Online Agar Raih Cuan Maksimal

Original BNIB adalah keterangan yang menandakan bahwa produk tersebut sesungguhnya masih original berada dalam box aslinya. Istilah BNIB biasanya tercantum pada sisi bawah atau samping pada kemasan box produk itu sendiri.

Biasanya, istilah BNIB sepatu digunakan pada produk sepatu atau barang elektronik seperti gadget, iPhone, atau sejenisnya. BNIB iPhone adalah istilah yang menerangkan bahwa produk tersebut merupakan barang baru sama dengan yang dijual di toko resminya, dimana barang masih dalam kotak dan benar-benar belum dibuka kemasan packaging-nya. 

Namun, maraknya jualan online seringkali dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab. Jadi, kita tetap harus waspada karena ada beberapa produk kw dijual BNIB. Mereka sengaja memberikan keterangan BNIB padahal produknya adalah rekondisi atau bahkan sama sekali bukan barang original. 

Nah, untuk mengetahui apakah BNIB asli atau palsu ada beberapa triknya, antara lain:

  • Mintalah detail picture pada seller mulai dari spesifikasi produk hingga label box. Misalkan Anda tertarik pada produk sepatu, perhatikan apakah ada cacat, bagaimana warnanya, kode SKU pada tag size-nya, dsb. Sepatu ori telah lolos QC pabrikan, jadi sudah pasti standarnya jaminan mutu.
  • Dapatkan produk dari reseller resmi karena sudah pasti terpercaya.
  • Cek reputasi seller.

Barang BNIB cenderung lebih mahal karena telah melewati pajak produksi. Namun, kenapa barang BNIB murah bisa jadi produk tersebut adalah barang palsu. Oleh karena itu, tetap periksa detail produk yang Anda beli sebelum membuka kemasan.Kelebihan dan kekurangan barang BNIB juga perlu Anda ketahui. Karena produk langsung berasal dari pabrik produksinya dan masih berada dalam kemasan saat dijual, seller tidak tahu pasti kondisinya. Entah mati, cacat fisik, ada komponen yang kurang, dsb. sehingga seller tidak bertanggungjawab dan Anda tidak bisa menuntut komplain.

cod

Apa Kekurangan dan Kelebihan Barang BNIB?

Nah, barang BNIB sendiri memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut adalah kelebihan yang perlu Anda ketahui, yaitu sebagai berikut;

Kelebihan

  • Ketika sebuah barang dijual dalam kondisi BNIB, itu berarti barang tersebut masih benar-benar baru dan belum pernah digunakan sebelumnya. 
  • Barang asli, penting bagi Anda untuk memastikan keaslian barang BNIB dengan memeriksa kode yang tertera pada kemasan.
  • Apabila Anda membeli barang dari penjual yang bukan toko resmi, Anda bisa negosiasi mengenai harga. 

Kekurangan

  • Walaupun barang BNIB dianggap ekonomis, namun harganya tetap tinggi.
  • Tidak ada jaminan mengenai kualitas barang. Oleh sebab itu Anda berhak untuk mempertanyakan tentang kualitas barang sebelum membeli barang BNIB.

Istilah Lain yang Terkait BNIB

Tahukah Anda bahwa ada juga istilah lain yang terkait dengan barang BNIB? Apa saja? Yuk simak di bawah ini!

Baca Juga : Review Produk: Pengertian, Jenis dan Cara Melakukannya

BNOB (Brand New Open Box)

Istilah lain yang terkait BNIB adalah BNOB, yaitu singkatan dari Brand New Open Box. Ini merujuk kepada produk yang masih baru, namun kemasannya telah dibuka (open box) oleh orang sebelumnya. Pada umumnya, istilah ini digunakan dalam konteks penjualan produk-produk elektronik atau produk lain yang datang dalam kemasan yang telah tersegel. Sebagai pembeli, Anda perlu mengetahui mengenai informasi kondisi serta garansi produk BNOB sebelum membelinya.

BNOP

BNOP adalah istilah yang menggambarkan bahwa produk tersebut sebenarnya masih dalam kondisi baru karena berasal dari pabriknya langsung. Hanya saja, segel dibuka oleh seller untuk memastikan kelengkapan dan pengecekan lain. Jadi, reseller bertanggung jawab penuh atas kelayakan produk yang dijualnya.

BNWB (Brand New Without Box)

Lain halnya dengan BNOB, istilah BNWB adalah produk yang dijual seller tanpa kardus. Atau juga dikenal dengan BNWOB. Harga jual juga cenderung lebih murah karena belum kena pajak dan tidak melalui perantara atau distributor.

Jadi, BNIB dan BNWB adalah produk ori dari pabrik yang dijual tanpa kemasan, mungkin karena kemasan telah hilang atau rusak sehingga tidak layak untuk diikutsertakan. Umumnya, reseller menjual produk menggunakan kemasan lain sebagai pengganti.

Baca Juga : Begini Cara Melihat Barang Online Sampai Dimana

BNIBWT

Brand New In Box With Tag atau BNIBWT adalah istilah yang menjelaskan bahwa produk tersebut original, lengkap dengan tag beserta kardusnya. Hanya saja, umumnya produk sudah pernah dibeli konsumen lain. Meskipun demikian, produk belum pernah keluar dari kemasannya.

BNWOT

Istilah berikutnya yang berkaitan dengan BNIB adalah BNWOT, atau Brand New Without Tag. Istilah ini menggambarkan produk yang benar-benar baru dan belum pernah digunakan sebelumnya. Namun, sesuai namanya, produk ini tidak memiliki label asli yang biasanya melekat pada produk baru ketika dijual di toko. Hal ini pun bisa menimbulkan pertanyaan bagi pembeli.

Setelah mengetahui arti BNIB, BNOB, BNOP, BNWB, BNIBWT dan BNWOT adalah istilah penting yang wajib diketahui, akankan Anda masih mengabaikannya saat belanja online? Yuk, Jadilah pembeli online yang pintar!

ide bisnis modal kecil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *