Bisnis

Begini Cara Live Streaming Saat Jualan di Facebook, Mudah!

wanita sedang berjualan dengan live streaming di facebook

Beberapa waktu belakangan ini semakin banyak penjual online yang menggunakan cara live streaming untuk mempromosikan jualannya. Cara ini dianggap efektif untuk menarik minat pembeli sehingga bisa meningkatkan penjualan dengan signifikan.

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini tren belanja online semakin diminati oleh masyarakat. Hal ini karena belanja secara online dianggap lebih praktis dan juga menghemat waktu. Tidak heran jika persaingan bisnis online juga semakin ketat sehingga membuat penjual harus kreatif jika ingin produknya dibeli oleh banyak orang.

Untuk membantu promosi dan meningkatkan penjualan, beberapa penjual online memanfaatkan fitur live streaming baik di media sosial maupun di aplikasi marketplace. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu live streaming dan bagaimana cara jualan live streaming di facebook atau media sosial lain, berikut penjelasannya.

Pengertian Live Streaming

Live streaming merupakan sebuah video yang disiarkan dan dilakukan secara langsung secara langsung atau realtime. Dalam live streaming jualan online Anda bisa berinteraksi dua dua dengan audience atau penonton. Penonton bisa meninggalkan komentar dan Anda bisa menjawab secara langsung saat live berlangsung.

Live streaming tidak memiliki batasan waktu sehingga Anda bisa melakukan sepuasnya. Tidak hanya itu, video live juga bisa disimpan sehingga jika ada penonton yang ketinggalan masih dapat menonton hasil simpanan video live tersebut.

Keuntungan Jualan dengan Fitur Live Streaming

Saat ini aplikasi jualan live streaming memang semakin populer di kalangan para penjualan online. Hal ini karena fitur ini mampu memberikan banyak manfaat dan keuntungan untuk perkembangan bisnis online.

Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan cara jualan live di facebook yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan berjualan melalui live streaming, orang akan lebih mudah mengenali produk yang Anda tawarkan. Orang yang melihat live streaming Anda, biasanya akan lebih gampang mengenali ciri khas brand seperti logo, identitas, warna hingga slogan. Dengan brand awareness yang meningkat, kepercayaan akan produk juga meningkat sehingga peluang membeli produk juga akan lebih besar.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Lead dan Manfaatnya dalam Bisnis

2. Meningkatkan Komunikasi dengan Konsumen

Saat melakukan live di facebook untuk jualan, Anda tidak hanya dapat melakukan promosi akan tetapi juga bisa berinteraksi dengan audience. Hal ini karena selama live streaming berlangsung, penonton bisa langsung memberikan komentar dan Anda dapat langsung merespon jawaban yang diinginkan. 

3. Memberikan Konten yang Fresh

Satu lagi manfaat dari melakukan live streaming adalah Anda bisa memberikan konten yang fresh kepada pelanggan. Live streaming dilakukan secara real time sehingga mampu memberikan kesan baru kepada penonton.

Cara Live Streaming Jualan di Facebook

Sebenarnya saat ini telah banyak platform yang menyediakan fitur live streaming yang bisa dimanfaatkan untuk konten jualan online. Akan tetapi dari semua platform tersebut, strategi live streaming di facebook masih menjadi yang paling populer di kalangan para penjual online.

Berikut ini cara live streaming di  facebook yang perlu Anda ketahui:

  • Siapkan akun facebook
  • Login ke facebook kemudian pilih menu Akun Saya
  • Scroll ke bawah dan pilih pada menu Grup dan pilih opsi Grup Anda
  • Pilih grup yang akan digunakan untuk live streaming
  • Klik pada menu Siaran Langsung
  • Atur siaran langsung seperti lokasi, mengundang teman, dan tandai teman sebelum mulai live streaming
  • Jika semua sudah siap, klik pada tombol Mulai Video Siaran Langsung
  • Live streaming sudah bisa dimulai

Jika ingin penonton siaran langsung Anda banyak, cara meningkatkan penonton live facebook penting untuk dilakukan. Caranya adalah undang teman untuk join pada live streaming Anda dan bagikan link live streaming di berbagai grup. Semakin banyak orang yang menonton, maka peluang untuk mendapatkan pelanggan juga akan semakin besar.

Baca juga: Cara Kirim Paket COD Tanpa Marketplace, SAP Express Solusinya

Perkembangan teknologi yang canggih ini harus dimanfaatkan dengan baik jika ingin bisnis online Anda bisa berkembang lebih besar. Perlu diketahui bahwa melakukan penjualan dengan cara live streaming bisa menjadi salah satu strategi terbaik untuk menarik pelanggan sehingga produk yang Anda jual bisa lebih laris. Jangan lupa berikan promo saat live streaming agar semakin banyak orang tertarik untuk membeli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.