Finance

6 Cara Membuat Dana Pensiun Sendiri yang Efektif

cara membuat dana pensiun sendiri

Mempersiapkan untuk masa tua adalah hal yang perlu dilakukan sejak muda. Untuk Anda yang pekerja kantoran baik pegawai negeri sipil ataupun swasta, mungkin Anda sudah dipersiapkan gaji setiap bulannya dipotong untuk dana pensiun. Namun bagaimana dengan pekerja lepas atau freelance dan pengusaha? Bagaimana cara mempersiapkan hal itu semua? Nah, berikut adalah tips cara membuat dana pensiun sendiri yang efektif. Yuk simak!

1. Kapan Anda Pensiun?

Sebelum Anda mempersiapkan sendiri dana pensiun, Anda perlu bertanya kepada diri sendiri, usia berapakah Anda akan pensiun? Jika Anda telah menemukan jawabannya, Anda bisa menentukan sendiri berapa dana pensiun yang Anda butuhkan untuk kehidupan masa tua nanti. 

Seperti contoh jika Anda menentukan akan pensiun di usia 55, maka Anda harus mengumpulkan dana pensiun untuk kebutuhan hidup selama 21 tahun. Sebab, rata-rata dari angka harapan hidup orang Indonesia adalah 76 tahun. 

Baca Juga : Waspadai Ciri-ciri Investasi Bodong, Jangan Mudah Tertipu!

2. Tentukan Goal Anda 

Setelah itu, tentukan goal Anda dalam membuat dana pensiun sendiri. Pertama-tama, mulailah untuk menabung. Meski hanya 50 ribu dalam seminggu, buka rekening bank dan setorkan sebagai tabungan dana pensiun Anda. Hal ini penting untuk membangun kebiasaan Anda menabung. Setelah Anda berkomitmen untuk menabung, tujuan selanjutnya adalah meningkatkan penghasilan dan mengurangi hutang Anda.  

Untuk bisa meningkatkan penghasilan, Anda bisa mengambil pekerjaan sampingan dengan gaji yang lebih baik. Tentunya hal ini akan menghabiskan sebagian besar dari waktu Anda, namun untuk mencapai dana pensiun yang ideal, Anda perlu untuk mengorbankan sesuatu untuk mencapainya. 

3. Mulai Investasi 

Jika Anda sudah mulai menabung dan mendapatkan penghasilan sampingan, sekarang adalah waktunya Anda untuk mulai berinvestasi. Salah satu contoh instrumen investasi adalah reksadana. Sebab inilah investasi yang paling mudah untuk Anda yang masih pemula. Apabila sudah terbiasa dengan reksadana, Anda bisa mulai mencoba instrumen investasi yang lain seperti saham dan obligasi. 

4. Siapkan Dana Darurat

Selain Anda perlu menyiapkan dana pensiun untuk masa tua nanti, Anda juga perlu untuk menyisihkan uang setiap bulannya untuk dana darurat. Inilah dana yang bisa Anda gunakan di saat darurat seperti kondisi PHK atau musibah sakit. Pada umumnya, dana darurat adalah 6-12x dari pengeluaran setiap bulan. 

Misalnya, pengeluaran Anda setiap bulannya adalah 6 juta, maka Anda perlu untuk memiliki dana darurat sebesar 36 sampai dengan 72 juta. Uang ini tidak boleh Anda gunakan selain dalam kondisi darurat. 

5. Buat Rencana Keuangan

Peran dari dana pensiun antara lain adalah untuk bekal pensiun dan modal usaha saat masa pensiun. Oleh karena itu, Anda perlu untuk membuat rencana keuangan secara matang. Salah satunya adalah menentukan berapa kebutuhan uang yang diperlukan sehari-hari saat Anda sudah pensiun. Dengan begitu, Anda mengetahui berapa banyak uang yang perlu disisihkan setiap bulannya. 

Baca Juga : Cara Menghitung Modal Awal untuk Memulai Sebuah Bisnis

6. Melunasi Hutang 

Agar Anda bisa menyiapkan dana pensiun dengan tenang, Anda perlu untuk melunasi hutang terlebih dahulu. Mulai saja melunasi hutang dari nominal yang paling kecil untuk memudahkan Anda. Jangan sampai Anda berhutang lagi, sebab hal tersebut justru menambah beban Anda di kemudian hari. Dengan segera melunasi hutang, Anda bisa mengalokasikan uang Anda untuk hal yang lain seperti investasi dan juga tabungan. 

Itulah 6 cara membuat dana pensiun sendiri yang efektif. Pastikan Anda merencanakan dana pensiun secara cermat dan mulailah dari muda. Mulailah untuk hemat agar masa tua Anda bahagia dan bebas dari hutang. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *