Bisnis

Begini Cara Membuka Usaha Jasa Pengiriman Barang

gambar ilustrasi tentang usaha jasa pengiriman barang

Semakin populernya kegiatan jual beli secara online, membuat jasa pengiriman barang juga semakin dibutuhkan. Hal ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan jika dikelola dengan benar. Maka dari itu tidak heran jika semakin banyak orang tertarik dengan cara membuka usaha jasa pengiriman barang atau franchise jasa pengiriman barang.

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini kita telah masuk dalam era digitalisasi. Berbagai aktivitas lebih banyak dilakukan secara online termasuk berbelanja. Berbelanja secara online dianggap lebih praktis karena Anda tidak perlu datang ke toko secara langsung namun cukup menunggu dan barang akan dikirim ke rumah.

Di sisi lain, aktivitas jual beli online yang semakin meningkat juga membuat kebutuhan akan pengiriman barang juga semakin meningkat. Maka dari itu, membuka usaha jasa pengiriman barang bisa menjadi peluang bisnis menjanjikan.

Untuk Anda yang tertarik membuka usaha pengiriman barang ini, perhatikan dulu beberapa tips penting berikut ini.

Tips Membuka Usaha Jasa Pengiriman Barang

Jika tertarik dengan peluang usaha jasa pengiriman barang, berikut ini beberapa tips dan cara membuka jasa ekspedisi yang perlu Anda ketahui:

1. Siapkan Modal

Langkah pertama jika ingin memulai usaha jasa pengiriman barang, sudah pasti harus mempersiapkan modal terlebih dahulu. Besarnya modal yang perlu dipersiapkan tergantung dari kebutuhan bisnis seperti sewa lokasi, pengadaan peralatan, kendaraan untuk transportasi pengiriman hingga biaya untuk pembuatan surat izin usaha. Semakin banyak dan lengkap peralatan yang Anda gunakan untuk usaha, maka modal yang perlu dipersiapkan juga akan semakin besar. 

Baca juga: Ini Arti Reseller dan Dropship dalam Sistem Penjualan

2. Pilih Lokasi, Wilayah Pelayanan dan Jenis Pelayanan

Selain mempersiapkan modal, saat ingin memulai usaha jasa pengiriman Anda juga harus memilih lokasi kantor yang strategis agar memudahkan pelanggan yang akan menggunakan jasa pengiriman Anda. Selain itu, Anda juga harus menentukan wilayah pelayanan karena akan berpengaruh terhadap transportasi untuk pengantaran barang. Jangan lupa juga untuk menentukan jenis pelayanan seperti dokumen, barang, makanan atau lain sebagainya.

3. Tentukan Tarif

Cara membuka usaha jasa kurir berikutnya adalah menentukan tarif pengiriman. Untuk menentukan tarif ini ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan seperti modal, jarak, hingga kompetitor. Jika ingin memiliki banyak pelanggan, usahakan untuk memasang tarif di bawah kompetitor namun tetap dengan perhitungan agar tidak merugi.

4. Strategi Promosi

Salah satu kunci agar usaha jasa pengiriman barang sukses dan digunakan banyak orang adalah dengan menggunakan strategi promosi yang tepat. Anda bisa memasang banner, poster, flyer hingga promosi di media sosial sehingga jasa pengiriman Anda dapat dikenal luas oleh banyak orang. Dengan cara seperti ini, peluang untuk mendapatkan pelanggan juga akan semakin besar.

Baca juga: Yuk, Intip Cara Membeli Baju Bekas dari Luar Negeri untuk Dijual Lagi

5. Berikan Pelayanan Terbaik

Agar konsumen puas dan mau menggunakan jasa pengiriman Anda kembali, maka pastikan berikan pelayanan yang terbaik. Pastikan barang yang dikirim oleh pelanggan selamat sampai tujuan dengan baik sesuai dengan estimasi waktu yang telah ditentukan. Tidak ada salahnya juga menyediakan fitur pelacakan paket, agar pelanggan bisa melacak status pengiriman.

Di era digital seperti sekarang ini, usaha jasa ekspedisi memang bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan mengingat banyak orang memilih berbelanja secara online. Akan tetapi sebelum memulainya, pastikan Anda memahami cara membuka usaha jasa pengiriman barang diatas agar sukses dan memiliki daya saing.

Nah saat ini SAP Express sedang membuka kesempatan kemitraan baru usaha jasa pengiriman barang dan Anda bisa menghasilkan jutaan rupiah cukup dengan modal ratusan ribu rupiah. Saat ini bisnis agen ritel pengiriman memiliki potensi yang besar ditambah dengan SAP Express yang memiliki jangkauan cash on delivery terluas di Indonesia. Yuk, daftar sekarang!

peluang usaha agen pengiriman

3 Comments

  • Siti Marfuah ( sitimarfu_ah07) 21 September 2022

    Terimakasih informasinya minπŸ™

  • mashudi 20 November 2022

    trimakasih infonya bos

  • mashudi 20 November 2022

    bagus penjelasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.