Bisnis

Cara Mencari Distributor Barang yang Tepat, Jangan Sampai Tertipu!

distributor barang

Bagi Anda yang berkecimpung dalam industri perdagangan pasti sudah tidak asing dengan istilah distributor barang. Distributor memiliki peran yang sangat penting dalam siklus perdagangan karena menjadi perantara yang akan menyalurkan produk dari produsen ke retail dan juga konsumen.

Dalam menjalankan sebuah bisnis, ada banyak pihak yang terlibat dalam menyukseskan bisnis tersebut. Salah satunya adalah distributor. Lalu apa sebenarnya distributor, apa fungsinya dan bagaimana cara mencari distributor barang yang baik? Berikut ulasannya.

Apa itu Pengertian Distributor

Secara umum, distributor barang adalah pihak yang membeli produk secara langsung dari produsen atau rantai pertama dalam siklus perdagangan. Tidak hanya itu, distributor juga menjadi pihak yang menjual produk kepada retail atau pengecer atau bisa langsung menjualnya kepada konsumen akhir.

Dalam arti lain, distributor berperan untuk menjadi perantara antara produsen dan pembeli. Dengan perannya yang penting tersebut, maka pemilik usaha atau produsen harus tahu tips mencari distributor barang yang tepat agar sirkulasi barang bisa optimal.

Baca Juga : BNIB Adalah Brand New in Box, Kenali Lebih Dalam Agar Tak Tertipu!

Fungsi Distributor

Dalam siklus perdagangan, distributor memiliki  peranan atau fungsi yang sangat penting. Beberapa fungsi distributor barang antara lain adalah sebagai berikut :

  • Pembeli: Distributor berfungsi untuk membeli barang atau jasa dari produsen secara langsung
  • Penyimpanan: Barang yang sudah dibeli dari produsen akan disimpan sebelum didistribusikan kepada retail atau konsumen
  • Penjualan: Distributor barang berfungsi sebagai pihak yang akan menyalurkan barang kepada agen atau konsumen
  • Transportasi: Distributor akan melakukan kegiatan pemindahan barang dari gudang ke pihak yang membeli
  • Pemilahan: Distributor akan melakukan klasifikasi dalam memilah berbagai produk yang telah dibeli berdasarkan jenis, ukuran dan spesifikasi
  • Pemberi Informasi: Distributor juga berfungsi menjadi perpanjangan tangan dari produsen untuk menyampaikan informasi mengenai produk atau jasa yang disalurkan kepada pembeli.

Tips Mencari Distributor Barang

Dengan fungsi dan peran yang vital dalam industri perdagangan, maka penting untuk tahu cara jadi distributor yang baik. Sedangkan bagi produsen atau pelaku usaha, juga harus bisa mencari distributor barang yang tepat.

Berikut ini beberapa tips mencari distributor atau supplier barang untuk bisnis yang perlu Anda ketahui.

1. Pahami Saluran Distribusi

Saat memilih distributor barang, pahami dulu saluran distribusi pada industri Anda. Ada beberapa jenis contoh distributor yang tersedia seperti manufaktur, distributor eksklusif atau importir dan distributor regional atau grosir.

2. Langsung ke Pabrik

Jika ingin mendapatkan barang berkualitas dengan harga terjangkau, sebaiknya memesan langsung dari pabrik produsen barang tersebut. Jika pabrik hanya melayani distribusi dalam jumlah besar, Anda bisa meminta daftar distributor yang bisa diajak bekerja sama.

Baca Juga : Begini Cara Jualan Online Mudah, Anti Ribet, dan Pasti Untung!

3. Memiliki Kontak Pemasok

Setelah mendapatkan daftar distributor dari pabrik, langkah selanjutnya adalah mulai untuk menghubunginya satu per satu. Tanyakan persyaratan minimum pemesanan dan harga satuan hingga borongan selanjutnya pilih jenis distributor yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Cari Distributor dari Google

Jika Anda kesulitan untuk mendapatkan kontak distributor barang secara langsung, tidak ada salahnya jika mencari melalui mesin pencari, Google. Disini Anda bisa menemukan banyak pilihan distributor barang ternama, lengkap dengan kontak, alamat hingga jenis barang yang ditawarkan.

5. Cari Distributor Melalui Marketplace

Saat ini telah banyak toko online di marketplace yang menawarkan pembelian dalam bentuk grosir. Ini bisa Anda manfaatkan jika ingin mencari distributor barang dengan sistem dan cara yang lebih mudah. Dengan kata lain, Anda juga bisa menjadi reseller produk dari distributor tersebut.

6. Bergabung dengan Komunitas Bisnis

Beberapa penjual mungkin tidak akan memberikan informasi tentang supplier atau distributor barang kepada kompetitornya. Maka dari itu, untuk mendapatkan informasi mengenai distributor barang, Anda harus memiliki jaringan bisnis, salah satu caranya adalah dengan bergabung dalam komunitas bisnis.

7. Berlangganan Majalah Bisnis

Majalah bisnis biasanya kerap memuat iklan produk yang mungkin Anda butuhkan. Dalam majalah bisnis biasanya juga sudah dicantumkan kontak distributor barang yang bisa Anda hubungi jika tertarik untuk bekerjasama.

Baca Juga : Ini Arti Reseller dan Dropship dalam Sistem Penjualan

8. Hadiri Pameran Perdagangan

Jika Anda ingin mendapatkan supplier pertama langsung dari pabrik, menghadiri pameran perdagangan adalah cara yang tepat. Dalam pameran perdagangan seperti ini, Anda bisa menemukan banyak delegasi dan manufaktur ternama yang bisa menjadi kesempatan untuk bekerjasama.

Untuk memulai sebuah bisnis, ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan, pemilihan distributor adalah salah satunya. Jika ingin mendapatkan produk berkualitas dengan harga yang cukup menguntungkan, maka Anda harus bisa memilih distributor barang dengan tepat. Memilih distributor langsung dari pabrik adalah cara terbaik jika ingin memperoleh untung maksimal.

2 Comments

  • Antonius Edy Setiawan 13 Februari 2024

    Bisa, sepanjang memenuhi syarat dan ketentuan .

  • Risna Nur anisa 2 Januari 2024

    Apa benar bisa ambil barang dri pabrik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *