Bisnis

Mau Bisnis Berkembang? Begini Cara Mencari Investor yang Tepat!

gambar ilustrasi investasi yang bertumbuh

Jika ingin bisnis berkembang lebih besar, Anda perlu tahu cara mencari investor untuk kerjasama. Untuk mencapai target bisnis yang lebih besar, ada banyak faktor yang diperlukan salah satunya adalah modal usaha. Akan tetapi untuk mendapatkan modal usaha yang besar tersebut pastinya tidak mudah jika dilakukan sendiri sehingga butuh kerjasama dengan investor.

Tidak bisa dipungkiri jika membangun sebuah bisnis, seperti bisnis startup, membutuhkan usaha yang tidak mudah. Salah satu contohnya adalah usaha untuk mencari investor yang akan membantu pembiayaan sehingga bisnis bisa berkembang dengan pesat.

Akan tetapi untuk bisa mendapatkan investor yang mampu bekerja sama mengembangkan bisnis pastinya tidak mudah. Maka dari itu, Anda harus tahu cara mendapatkan investor untuk bisnis startup dengan mudah. Namun sebelum itu, ketahui dulu perbedaan dua jenis pembiayaan dalam bisnis seperti di bawah ini.

Jenis Pembiayaan Bisnis

Saat mencari investor untuk kerjasama, Anda pasti tidak akan jauh dengan istilah venture capital dan angel investor. Venture capital merupakan jenis pembiayaan yang disiapkan oleh investor bagi perusahaan startup yang tengah tumbuh dan memiliki potensi besar untuk berkembang.

Pembiayaan venture capital ini berasal dari investor besar, bank investasi atau lembaga keuangan lainnya yang mampu memberikan pendanaan dalam jumlah besar. Biasanya venture capital ini menjadi bagian penting dalam pengembangan perusahaan kecil.

Sedangkan angel investor merupakan orang kaya yang memberikan dukungan keuangan atau modal untuk perusahaan startup atau perusahaan yang sudah berjalan. Angel investor biasa berasal dari siapa saja termasuk keluarga terdekat atau sesama pengusaha. Pembiayaan jenis ini cocok untuk cara investor bagi hasil.

Baca juga: Hindari Buntung, Begini Cara Mengelola Keuangan Usaha!

Cara Mencari Investor Untuk Bisnis

Untuk mendapatkan investor yang mampu bekerjasama dalam pembiayaan bisnis, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut ini langkah-langkah mencari investor untuk bisnis yang bisa Anda coba.

1. Membuat List Calon Investor

Langkah pertama jika ingin mencari investor startup adalah buat list calon investor terlebih dahulu. Pilih beberapa investor yang memiliki potensi tinggi untuk memberikan pembiayaan bagi perusahaan.

2. Ajukan Proposal Kepada Investor

Setelah mendapatkan target investor yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, langkah selanjutnya adalah ajukan proposal. Untuk membuat investor bersedia melakukan pendanaan terhadap perusahaan, buatlah proposal yang menarik serta lengkap mulai dari visi misi perusahaan, kas, rencana usaha mendatang dan lain sebagainya.

3. Presentasi yang Menarik

Selain mengajukan rencana bisnis dalam bentuk proposal, saat mencari investor usaha kuliner Anda juga harus melakukan presentasi dengan menarik Buat presentasi rencana bisnis yang menarik dengan media yang mendukung sehingga bisa menarik minat investor untuk melakukan pembiayaan bisnis Anda.

Dalam tahap presentasi ini, Anda juga bisa menjelaskan strategi yang akan digunakan untuk mengembangkan bisnis di masa depan sebagai cara menarik investor asing. Dengan strategi bisnis yang matang bisa membuat investor lebih yakin untuk melakukan pendanaan terhadap bisnis tersebut.

4. Ikut Pameran dan Kompetisi

Cara lain yang juga bisa Anda lakukan untuk mendapatkan investor adalah dengan ikut pameran atau mengikuti kompetisi yang berhubungan dengan bidang bisnis. Biasanya dalam pameran atau kompetisi seperti ini ada banyak investor yang siap untuk melakukan  pembiayaan jika menemukan bisnis yang memiliki potensi bagus di masa depan.

5. Buat Laporan Keuangan yang Lengkap

Salah satu faktor penting dalam usaha mendapatkan dana dari investor adalah Anda harus memiliki laporan keuangan yang bagus. Sebelum melakukan investasi, biasanya investor akan memeriksa laporan keuangan perusahaan terlebih dahulu untuk mengetahui apakah keuangan perusahaan dalam kondisi sehat atau tidak.

Oleh karena itu, buatlah susunan laporan keuangan perusahan yang jelas dan lengkap. Laporan keuangan ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi investor untuk melakukan kerjasama dengan perusahaan Anda atau tidak.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Laba dan Cara Menghitungnya

Membangun bisnis dari nol memang tidak mudah dan membutuhkan kerja keras termasuk modal yang tidak sedikit. Dengan mengetahui cara cara mencari investor yang tepat, bisa membantu Anda untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar.

investasi dengan modal kecil

144 Comments

  • Herza 18 Maret 2023

    Saya mau menanam cabe merah keriting sekitar 50 rb batang pohon cabe..tapi terkendala dana. sekiranya ada investor yg berminat dalam pembiayaan dengan menghabiskan dana mulai dari pengolahan lahan sampai panen menghabiskan biaya per satu tananaman sebesar 10 rb rupiah,jd kalau 50 rb batang tanaman dikali 10 rb rupiah adalah 500 jt untuk modal yang diperlukan.yang dimana hitungan hasil dari 10 rb per satu batang tanaman itu menghasilkan 1 kg perbatangnya yg kalau dikalikan 50 rb batang tanaman mendapat kan hasil 50 ton..kemudian dari itu kita ambil harga pasaran harga yang pling bawah dulu yaitu berkisaran diantara 30 rb rupiah..nah dari itu bisa kita klikan saja 50 ton kali 30 rb adalah 1.500.000.000.( itu harga paling bawah ) klau nemu harga yg bagus minimal 50 rb per kilo nya itu sudah lain ceritanya. Tarimakasih

    081275401004 ( herza )

  • Stevy 14 Maret 2023

    Kepada Yth Investor dimanapun berada,
    Saya Stevy dari Sidoarjo. Saya mempunyai bisnis yaitu Penyehat Tradisional Mata.
    Bisnis ini sudah dijalankan selama beberapa tahun, saat ini saya membukanya daerah Pasuruan.
    Tujuan saya mencari investor adalah untuk mengembangkan bisnis saya lebih besar lagi tetapi kendala saya disini adalah keterbatasan dana.
    Sekiranya ada yang tertarik dan mau menjalin kerjasama menjadi investor, silahkan menghubungi saya di WA 089686621806 atau email saya stepanieayupradiptat@gmail.com
    Sekian dan terima kasih. Tuhan melimpahkan berkat dan kesehatan kepada kita semua.
    Salam mata sehat, indah dan terawat.

  • Irwan Hendrix 13 Maret 2023

    Assalamualaikum salam kenal buat investor yang berminat di bidang truking logistic.disini saya membutuhkan support dari investor untuk kebutuhan pengembangan jasa angkutan logistik.kami membutuhkan kan support armada jenis truk tronton wingbox untuk kebutuhan di beberapa perusahaan.karena kami terkendala untuk armada tersebut kiranya ada yg berminat untuk bergabung/JO bisa hub :0812-87619-372 tks

  • Syafiuddin 5 Maret 2023

    Assalamualaikum nama sy Syafiuddin sy mempunyai usaha penggilingan karung boncos tapi mesin tidak begitu produktif dinisini sy sangat membutuhkan investor untuk mengembangkan usaha karna disini menurut sy progresnya sangat bagus
    Wa .087784566003

  • Dadangsujana 27 Februari 2023

    Mencari investor

  • Dadangsujana 27 Februari 2023

    Ass.kuum….saya dadang.sujans mengelola lahan untuk properti/perum dekat universitas di daerah tanjungsari Sumedang kebetulan dekat sekitar 300 m.ke gerbang tol .dengan luas lahan 2990 m/2 .SHM.barangkali ada investor yg berminat bisa hub.081224296933 atau lewat imail.

    • Jarot Marwono 28 Februari 2023

      081317701567
      Yang terhormat investor
      Kami atas nama ; Jarot Marwono asal Subang Jawa Barat ,
      Bisnis: pengembang perumahan subsidi dan non subsidi) Properti
      Plan: membuat perumahan seluas 20 atau 30 hektar atau lebih disekitar Subang Jawa barat
      Membutuhkan dana atau investor untuk bekerjasama dalam bisnis perusahaan tersebut
      Dana yang dibutuhkan 50 M atau S/d 100M atau tak terbatas
      Pengalaman : team kami memimpin salah satu pengembang terbesar disubang dan lebih dari 10 kali sukses dalam mengerjakan perusahaan

      Terimakasih atas perhatian

  • Rafif 23 Februari 2023

    Salam.
    Perusahaan di bidang pembuatan pintu besi, di butuhkan investor sebagai pihak ke-3 untuk pembiayaan proyek-proyek yang akan berjalan dengan nilai di atas 1 milyar, proses Pengembalian sekitar 6 bulan dan keuntungan investor sekitar 10%,
    Butuh info,survey atau sekedar silaturahmi ke pabrik kami hubungi rafif.firstmedia@gmail.com

    • Kadek 26 Februari 2023

      Kerjasama investor bangun dan jual villas di Bali. Sya ada lahan pribadi. View gunung bukit sawah dan sungai. Marketable dan profitable

  • Taufik 23 Februari 2023

    Saya mempunyai project untuk penjualan retai dan grosir jam tangan,keuntungan besar..omset bisa minimal 1-5M perbulan..untuk rules nya bisa saya jelaskan lebih lanjut..kontak 081382714105/taufik

  • Fendy 20 Februari 2023

    Yang terhormat para investor dimanapun berada.
    Saya punya usaha fashion, jual beli kelapa, barber, dan rencana untuk membuka usaha baru rumah makan ayam geprek dan pengolahan tambang emas dengan sistem rendaman, karena tempat tinggal dan tempat usaha di seputaran tambang emas daerah Ratatotok (mitra) sampai Kotabunan (Boltim).
    Sekiranya ada yang tertarik dan mau menjalin kerjasama untuk menjadi investor, silahkan menghubungi saya di wa 081353191895 atau email saya bolungfendyjohn@gmail.com
    Sekian dan terima kasih.🙏🙏

    Catatan:
    Penawaran ini hanya yg serius dan berkeinginan untuk bekerjasama.

  • Fikram 20 Februari 2023

    Saya punya kedai kopi sudah berjalan 3 tahun pengen ngembangin lagi buat jadi lebih besar hanya kurang dana aja sih.

  • Bayu 18 Februari 2023

    Nama Saya Sanjaya, Punya resep Bubur ayam enak asli resep Nenek moyang,
    siapa yang mau join/modalin usaha dan berpartner dengan saya, soal rasa dan ciri khas dijamin enak banget.. boleh ditester dulu, tapi butuh sekali modal besar untuk mendapat untung skala yang besar juga untuk menjalani usaha ini.. kalo bisa buka di Mall atau di Pusat Perbelanjaan ternama, dan butuh investor besar karena pasti akan laris sekali menu ini, silahkan hubungi WA saya 085693623672.

  • Tata 17 Februari 2023

    Saya mempunyai PT.yang bergerak di bidang repare Valve perusahan kami sudah berdiri
    dari tahun 2020 dan Sdh rekanan dgn beberapa perusahan pembangkit listrik Jawa Bali. namun pada tahun 2022 wakil direktur kami menggelapkan aset2 perusahaan yang kami miliki.akhirnya untuk saat ini PT.tersebut tidak bisa beroperasi lagi seperti semula Krn keterbatasan modal,dan sarana.sekiranya ada investor yg berminat menanamkan modalnya
    Wa 081336505734

  • Ana 17 Februari 2023

    Saya mempunyai mimpi mempunyai kontrakan atau kos2 di daerah SBY, tpi apalah daya modal BELUM ADA
    Harga rumah kos2 daerah SBY Utara aja skitar 800jt itu ada 10 kamar 700×10=7000 tiap bulan nya
    Itu perkiraan harga rumah kos
    Bisa juga lbih murah.
    Butuh modal 1M buat bikin kos2 biar dapat 20 lbih kamar kos
    Insyaallah amanah
    Siapa tau ada investor yg terketuk hatinya
    Wa 082233223661

  • Rey 13 Februari 2023

    Halo saya Rey Rezen.
    Saya orang yang baru mendalami bisnis dalam satu tahun ini.
    Dan sekarang saya punya strategi bisnis matang yang sudah saya susun, saya sudah melakukan beberapa uji coba dan itu berhasil dengan baik, di kota kami penjualan makan2an ringan seperti kentang goreng dan pisang coklat sangat disukai, saya sudah mengujinya dengan terjun kelapangan berjualan sendiri, per satu malamnya saya bisa meraup keuntungan bersih 100ribu, namun saya berfikir untuk mempekerjakan 10 orang di tempat yang berbeda dengan memanfaatkan sistem bagi hasil, dan dengan melihat keadaan dikota saya, saya fikir bagus bila saya memperbanyak cabang angkringan saya, jika 1 cabang bisa memberikan pendapatan bersih 100k perhari maka 100k X 10 cabang bisa menghasilkan keuntungan bersih 1jt perhari, tentunya dengan modal kecil dimana satu cabang hanya membutuhkan modal 1-3 JT.
    bisnis saya tidak terfokus pada satu dagangan, karna apa yg saya jual akan terus berubah seiring dengan minat masyarakat, Kalo ada yg tertarik untuk membiayai saya saya bersedia untuk menjalan kerjasama dengan baik dan tentunya perjanjian sesuai dengan apa yg investor saya minta.
    No wa saya 081278198355

  • Neli Nabilah 11 Februari 2023

    Assalamualaikum wr wb.. kepada Yth para investor,sy punya 3 bisnis ( pakaian, minyak sayur dan buku ) . Akan tetapi tgl 6 Juni 2020 rumah saya kebakaran habis semua. Yg paling lama sy geluti di pakaian selama 15 th , biasa nyuplai ke pasar2 di kota kami.sebentar LG mau romadhon ,pakaian dan minyak banyak yg membutuhkan. Kami harap ada investor yg mau kerjasama dengan kami. Terima kasih, wassalam. Call me 081316645253

  • Kukuh w 11 Februari 2023

    Assallamuallaikum wr wb. Saya ada lahan dikaki gunung sepikul pemandanganya sangat bagus,ingin membuka obyek wisata tp terkendala modal. Mungkin sekiranya ada investor yg ingin membantu dan bekerja sama. Lokasi lahan mengelilingi gunung condong dan gunung sepikul. Desa Soka,Bulu,Sukoharjo,Jawa tengah.Akses jln sudah bagus. Barang kali ada yg minat bisa hub. Wa 08119029042

  • Nama kamal 7 Februari 2023

    Assalamualaikum, yg terhormat para investor, saya mempunyai 2 bisnis, pertama dibidang pertanian,kedua property, dengan 2 bisnis tersebut, jelas kami membutuhkan modal untuk perkembangan usaha, pertama dibidang pertanian penyediaan pupuk organik, sementara lahan atau tanah luar, terutama perkebunan sawit dan lahan pesawaan, untuk sementara pupuk kimia langka, mari kita sama sama dengan pendana menyediakan pupuk,untuk permintaan pupuk banyak, untuk lebih jelasnya dinomer wa, yang kedua, bisnis property, didaerah kami sekarang sdh banyak tambang yg masuk, jadi kemajuan pembangunan sangat pesat, dengan itu,saya punya ide, kita bangun property perumahan tife 36 ,nanti untuk jelaskan di noner wa, di 082292233820 atasnama kamal,kami mengharapkan sekali kerjasama dengan investor, supaya bisnis ini cepat maju dan bisa membuka lapangan kerja, semoga sariah, wassalam

  • Lucky chandeva 6 Februari 2023

    Saya mempunyai usaha produksi cat Automotive, cat aersol dan Industri, untuk formulasi dan team sudah ada, workshop sudah ada, prospek market ada, namun terkendala di dana untuk perbaikan mesin dan mesin yg layak agar proses produksi berjalan lancar. Barang kali berminat untuk survei lokasi workshop kami silahkan hub. Saya 082242245345, barang kali tertarik dan bisa kerjasama dengan Baik 🙏 terimaksih

  • Jarmila 5 Februari 2023

    Menawarkan pinjaman
    Semua proyek Anda sudah menjadi kenyataan dengan pinjaman online kami. Apa proyek Anda? Dapatkan pinjaman dan memenuhi syarat untuk mendapatkan lebih banyak uang dengan tingkat bunga 1,98% sambil membangun kredit Anda hingga 50.000.000 euro untuk jangka waktu hingga 20 tahun. KONTAK: smajslova.jarmila@hotmail.com

    • Ika 1 Maret 2023

      Saya pemilik perusahaan jasa angkutan Travel dan cargo di medan yang baru merintis dan memerlukan dana bagi investor yg mau bergabung utk menambah modal usaha kami seperti penambahan armada..inventaris kantor dll bila ada yg berminat bisa hub 081329960877

  • Jarmila 5 Februari 2023

    Loan offer
    All your projects are already a reality with our online loan. What is your project? Get a loan and qualify for more money with the interest rate of 1.98% while building your credit up to 50,000,000 euros for a term of up to 20 years. CONTACTS: smajslova.jarmila@hotmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *