Bisnis

5 Cara Mencari Produk yang Sedang Trend, Pebisnis Wajib Tahu!

cara mencari produk yang sedang trend

Salah satu cara jika ingin bisnis berjalan dengan baik adalah harus tahu cara mencari produk yang sedang tren. Dengan menyediakan atau menjual produk yang tengah digemari konsumen, maka peluang produk untuk bisa terjual juga akan semakin besar.

Untuk membuat bisnis bisa berkembang dengan baik, ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan. Salah satu yang paling penting adalah mempersiapkan produk dengan tepat yang dibutuhkan dan sedang banyak digunakan oleh konsumen. Dengan begitu, peluang produk Anda terjual akan semakin besar.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk riset produk yang sedang tren di pasaran, salah satunya adalah dengan memanfaatkan google trends. Namun selain itu, masih banyak cara lainnya yang akan kami bahas secara lengkap seperti berikut ini.

1. Menggunakan Google Trend

Perkembangan teknologi yang semakin canggih bisa dimanfaatkan pelaku usaha untuk mempermudah mengetahui produk apa yang sedang tren di pasaran. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan fitur Google Trend.

Dengan fitur ini, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai tren apa yang banyak cari oleh pengguna internet dalam kurun waktu tertentu. Anda hanya perlu memasukkan kata kunci yang hendak dicari dan sistem akan secara otomatis menunjukkan grafik berapa jumlah pencarian pengguna Google untuk kata kunci tersebut. Cara ini bisa Anda jadikan referensi untuk mendapatkan target pasar potensial untuk produk yang akan dijual.

Baca Juga : Daftar Produk Online Terlaris yang Perlu Anda Tahu

2. Riset Keyword di Google

Selain dengan menggunakan fitur Google Trend, Anda juga bisa melakukan riset keyword di google untuk mencari tahu produk apa yang sedang tren di pasaran. Fitur ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan data mengenai berapa banyak orang yang mencari produk yang Anda cari dalam kurun waktu tertentu.

Riset keyword di Google ini juga akan memberikan Anda informasi tambahan mengenai keyword yang sering dicari oleh konsumen. Hasil riset keyword ini bisa menjadi acuan bagi Anda untuk menentukan produk yang akan dijual sehingga lebih tepat sasaran.

3. Survei Produk di Marketplace

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mencari produk yang mudah dipromosikan adalah dengan melakukan survey produk di marketplace. Cara ini berguna untuk mengetahui produk apa yang sedang laris dan banyak dibeli oleh konsumen. Biasanya setiap marketplace menyediakan informasi mengenai apa saja produk yang termasuk dalam kategori best seller untuk dijadikan acuan dalam memilih produk yang diminati oleh konsumen.

4. Cek Ulasan Produk

Salah satu contoh riset produk untuk mengetahui tren di pasaran adalah dengan cek ulasan atau review produk di marketplace. Cara ini penting dilakukan untuk mengetahui produk apa yang sedang diminati dan dibutuhkan oleh konsumen. Bagi pemilik online shop, mengecek ulasan produk juga membantu untuk menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Baca Juga : Ingin Memulai Usaha Aksesoris Wanita? Begini Tips Untungnya!

5. Gunakan Kuesioner

Satu lagi cara untuk mencari produk yang sedang tren dan bisa membuat jualan online yang menguntungkan adalah dengan melakukan survey langsung ke konsumen. Caranya adalah Anda bisa menggunakan kuesioner. Buat pertanyaan kuesioner yang tepat sasaran dan tidak berbelit-belit. Untuk menarik responden, Anda bisa menawarkan hadiah khusus sebagai ucapan terimakasih.

Selain beberapa cara di atas, sebenarnya masih ada cara mencari produk yang sedang tren di pasaran lainnya yang bisa Anda coba. Di antaranya seperti dengan mencermati iklan di surat kabar hingga melihat trend dari sekitar word of mouth (mulut ke mulut). Dengan mengetahui produk yang sedang tren di pasaran, peluang bisnis Anda bisa berkembang dan produk laris akan semakin besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *