Finance

6 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Tepat

cara mengatur keuangan rumah tangga

Bagi Anda yang sudah berumah tangga, tentunya Anda perlu untuk mengatur keuangan rumah tangga dengan baik. Dengan banyaknya pengeluaran seperti uang listrik, biaya uang anak sekolah dan lain-lainnya perlu dipersiapkan agar Anda dan pasangan masih bisa menabung dan berinvestasi. Berikut adalah cara mengatur keuangan rumah tangga agar pengeluaran tetap efektif. 

1. Tulis Setiap Pengeluaran 

Cara pertama dalam mengelola keuangan rumah tangga yang baik adalah tulis setiap pengeluaran yang keluar. Dengan begini, Anda bisa meningkatkan finansial keluarga Anda. Apabila Anda tidak mengetahui uang keluar buat apa, kemungkinan besar Anda perlu untuk memperbaiki kebiasaan berbelanja Anda. 

Tahap awal dari pengelolaan uang yang baik adalah dengan kesadaran dalam berbelanja. Anda juga bisa menggunakan berbagai aplikasi yang dapat melacak pengeluaran Anda setiap bulannya. Di akhir bulan, Anda bisa mengetahui berapa banyak yang Anda belanjakan untuk budget hiburan, makan dan minum kopi. 

Baca Juga : Ternyata Ini Perbedaan Revenue dan Profit, Wajib Tahu!

2. Tetapkan Budget Realistis

Tips mengatur keuangan rumah tangga yang selanjutnya adalah menentukan budget realistis setiap bulannya. Gunakan kebiasaan pengeluaran bulanan Anda dan gaji bulanan untuk menetapkan anggaran yang bisa dipertahankan. Misalkan, keluarga Anda setiap bulan memiliki anggaran untuk makan sekitar 2 juta. Nah, jangan sampai mengeluarkan lebih dari 2 juta untuk budget makan. 

Biasakan menggunakan budget ini untuk mendorong kebiasaan yang lebih baik, seperti memasak di rumah lebih sering dibandingkan makan di luar dan hindari kebiasaan membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Inilah salah satu metode pengelolaan uang agar berhasil. 

3. Bayar Tagihan Tepat Waktu 

Tips mengatur keuangan rumah tangga yang berikutnya adalah membayar tagihan secara tepat waktu. Pada umumnya, tagihan bulanan seperti listrik, air dan internet memiliki tanggal jatuh temponya. Hindari membayar telat karena nantinya Anda akan dikenai denda sesuai dengan berapa lama Anda telat. Membayar tagihan dengan tepat waktu merupakan salah satu cara mudah untuk mengelola uang rumah tangga dengan bijak. 

4. Mulai Investasi 

Saat ini, terdapat banyak instrumen investasi yang bisa keluarga Anda ikuti. Seperti contoh saham, reksadana, maupun obligasi. Sisihkan sebagian dari pemasukan setiap bulan untuk berinvestasi. Hasil dari investasi ini bisa Anda gunakan untuk biaya anak sekolah di kemudian hari, untuk dana pensiun maupun untuk membeli rumah baru. 

Namun, sebelum memutuskan untuk berinvestasi, pastikan Anda mencari informasi terlebih dahulu untuk menghindari dari investasi bodong. Sudah banyak penipuan atas nama investasi yang terjadi saat ini. Salah satu ciri-cirinya adalah investasi yang tidak berlisensi OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 

Baca Juga : 5 Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Gratis

5. Gunakan Aturan 50/30/20

Aturan 50/30/20 merupakan metode penganggaran mudah yang bisa membantu Anda mengelola keuangan rumah tangga secara efektif dan sederhana. Secara singkat, aturan ini adalah membagi pendapatan bulanan setelah pajak menjadi 3 bagian yaitu: 50% untuk kebutuhan rumah tangga, 30% untuk keinginan serta sisa 20% untuk tabungan atau melunasi hutang. 

Dengan menggunakan aturan ini secara teratur, Anda bisa menggunakan uang rumah tangga secara efisien. Hanya dengan 3 bagian, Anda dapat menghemat waktu dan stres untuk mencari detail setiap Anda mengeluarkan uang. 

6. Siapkan Dana Darurat

Dalam kehidupan rumah tangga, tentunya tidak semua berjalan dengan mulus saja. Salah satu contohnya adalah ketika Anda atau pasangan Anda mengalami PHK dari kantor atau musibah yang datang secara tiba-tiba. Di saat ini, penghasilan rumah tangga akan terganggu. Inilah pentingnya untuk menyisihkan uang setiap bulan untuk dana darurat. Anda bisa menyiapkan sekitar 10-30% dari pendapatan untuk dana ini. 

Itulah 6 cara mengatur keuangan rumah tangga dengan tepat. Ikuti tips di atas untuk mengelola uang rumah tangga secara efektif. Hindari membeli barang yang tidak dibutuhkan dan tetapkan skala prioritas dalam berbelanja. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.