Finance

Hindari Buntung, Begini Cara Mengelola Keuangan Usaha!

seorang pria sedang menganalisa keuangan usahanya

Salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis adalah tahu cara mengelola keuangan usaha dengan baik. Jangan sampai uang dari usaha Anda bercampur dengan uang pribadi karena bisa menyebabkan keuangan menjadi tidak stabil. Maka dari itu, penting sekali untuk tahu cara memisahkan usaha dan uang pribadi agar bisa dikelola dengan lebih baik.

Tidak bisa dipungkiri jika mengelola sebuah bisnis atau usaha memang tidak mudah. Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan, salah satu yang paling penting sudah pasti tentang keuangan. Hal ini penting Anda perhatikan karena keuangan menjadi denyut nadi dari sebuah usaha sekaligus mengukur apakah usaha yang Anda jalani berhasil atau tidak.

Untuk menghindari kerugian dan ketidakstabilan keuangan, Anda perlu memisahkan uang usaha dengan uang pribadi. Mau tahu bagaimana cara memisahkan keuangan pribadi dan usaha? Yuk, simak ulasan berikut.

Tips Mengelola Keuangan Usaha Agar Tidak Digunakan untuk Kebutuhan Pribadi

Salah satu tips penting yang harus diterapkan saat mengelola keuangan usaha adalah jangan campur uang usaha dengan uang pribadi. Hal ini bisa menimbulkan kestabilan dalam hal pengelolaan uang usaha yang dapat berakibat pada kerugian. Selain itu Anda juga perlu menerapkan cara memisahkan uang modal dan keuntungan agar laporan keuangan bisnis lebih jelas.

Berikut ini tips mengelola keuangan usaha dan keuangan pribadi yang bisa Anda coba:

1. Buat Rekening Tabungan Terpisah

Untuk menghindari uang usaha bercampur dengan uang pribadi, ada baiknya buat buku rekening secara terpisah. Cara ini akan memudahkan Anda dalam banyak hal mulai dari merencanakan keuangan, memudahkan menghitung pajak hingga menghindari kerugian. Dengan membuat rekening terpisah ini juga akan memudahkan Anda untuk mengetahui laba rugi dari bisnis tersebut.

Baca juga: BEP dalam Bisnis: Pengertian, Fungsi dan Cara Menghitungnya

2. Mencatat Laporan Keuangan

Tips selanjutnya untuk mengelola keuangan usaha adalah dengan mencatat laporan keuangan. Dengan melakukan cara pembukuan usaha, akan memudahkan Anda untuk memeriksa berbagai transaksi dalam bisnis mulai dari transaksi yang kecil hingga transaksi besar sekalipun. Cara ini juga berguna untuk mempermudah pemilik usaha dalam melihat arus kas bisnis.

3. Hindari Penggunaan Uang Modal

Saat memulai sebuah bisnis atau usaha, sebisa mungkin hindari untuk menggunakan uang modal untuk kebutuhan pribadi. Jika sampai uang modal terpakai, dikhawatirkan jika bisnis mengalami masalah Anda akan langsung kesulitan keuangan sehingga menyebabkan bangkrut. Maka dari itu, penting sekali untuk menerapkan cara memisahkan uang modal dan keuntungan demi menjaga kestabilan usaha.

4. Lakukan Evaluasi Secara Rutin

Tips selanjutnya untuk mengelola keuangan usaha agar berjalan dengan baik adalah dengan melakukan evaluasi secara rutin khususnya jika Anda mengelola usaha secara tim. Anda bisa melakukan evaluasi cara mengatur uang hasil jualan baik secara mingguan atau bulanan. 

Dalam evaluasi ini, salah satu poin penting yang perlu diperhatikan adalah laporan keuangan selama periode tersebut. Dari hasil laporan tersebut, Anda dapat melihat apakah bisnis telah mendapatkan keuntungan yang diharapkan atau belum. Nantinya hasil evaluasi ini bisa menjadi acuan Anda untuk mengambil langkah bisnis yang lebih baik di masa depan. Hasil evaluasi ini juga bisa menjadi landasan sebagai cara membagi uang hasil usaha jika bisnis dilakukan dengan sistem bagi hasil.

Baca juga: Mengenal Jastip, Bisnis Tanpa Modal yang Menguntungkan

Manfaat Mengelola Keuangan Usaha

Mengelola keuangan usaha dan memisahkan dengan uang pribadi adalah hal wajib yang harus dilakukan setiap pengusaha. Memisahkan uang usaha dengan uang pribadi ternyata juga memiliki manfaat yang cukup banyak khususnya untuk kestabilan bisnis.

Dengan membuat laporan keuangan bisnis yang jelas, akan memudahkan Anda untuk merencanakan keuangan usaha, mulai dari uang modal, gaji karyawan, logistic dan biaya-biaya lainnya. Tidak hanya itu, perencanaan keuangan yang baik juga bisa memudahkan Anda mempersiapkan cara menabung uang untuk usaha yang lebih besar dan berkembang.

Memisahkan uang usaha dan uang pribadi juga akan memudahkan Anda ketika mengurus pajak. Pasalnya jika uang pribadi dan uang usaha menyatu, maka pajak yang perlu Anda keluarkan juga akan semakin besar. Maka dari itulah, cara mengatur keuangan bisnis yang terbaik adalah dengan tidak mencampurnya dengan uang pribadi.

Meskipun memiliki manfaat yang besar, sayangnya belum semua pengusaha tahu cara mengelola keuangan bisnis dengan bijak khususnya bagi pengusaha pemula. Padahal jika Anda tidak menerapkan cara mengatur modal dan keuntungan dalam mengelola bisnis, bisa menyebabkan ketidakstabilan keuangan yang berakibat pada kebangkrutan.

Nah, bagi Anda yang berniat memulai usaha, ada baiknya pahami dulu tentang bagaimana cara mengelola keuangan bisnis yang tepat. Dengan cara seperti ini, meskipun hanya cara memutar uang 1 juta sekalipun akan tetapi jika dikelola dengan baik maka bukan tidak mungkin akan mendatangkan keuntungan besar untuk bisnis di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.