Bisnis

5 Cara Mengembangkan Bisnis Online Agar Sukses

cara mengembangkan bisnis online

Seperti yang kita ketahui bahwa, saat ini sudah banyak platform yang bisa membantu Anda untuk memiliki bisnis online. Mulai dari media sosial, e-commerce dan yang lain sebagainya. Anda pun tidak perlu memiliki toko offline untuk mulai berjualan. Hal ini bisa menghemat anggaran biaya sewa tempat. Anda bisa memanfaatkan rumah, untuk bisa memiliki bisnis online. 

Lalu bagaimana cara mengembangkan bisnis online agar bisa bersaing dengan yang lainnya? Simak ulasan berikut ini!

Cara Mengembangkan Bisnis Online Shop

Menjalankan sebuah bisnis online, mungkin sekilas terlihat mudah, namun kenyataannya banyak tantangan yang perlu dihadapi. Apabila Anda tidak mengembangkannya dengan baik, bisa jadi Anda akan kalah saing dengan kompetitor lainnya. Nah, berikut adalah tips cara mengembangkan bisnis online shop Anda agar sukses. Apa saja?

Baca Juga : Yuk, Kenali Pengertian, Tujuan dan Cara Melakukan Riset Pasar Bagi Pebisnis

1. Optimalkan Online Shop Anda

Hal pertama yang akan diperhatikan oleh pembeli adalah bagaimana tampilan dari online shop Anda. Salah satu yang mempengaruhi yaitu desain dari situs web Anda sendiri. Untuk bisa mengembangkan toko online Anda, manfaatkanlah SEO agar halaman situs web Anda tepat sasaran sesuai target. SEO (Search Engine Optimization) merupakan teknik optimasi website yang bertujuan agar website menempati halaman pertama mesin pencari. 

Selain itu, Anda juga perlu menyediakan beragam metode pembayaran untuk pesanan toko online Anda seperti COD (Cash on Delivery), bank transfer, ataupun metode lainnya seperti e-wallet. Semakin banyak pilihan yang bisa Anda tawarkan, maka akan semakin mempermudah pembeli. 

2. Tambahkan Testimoni Pelanggan

Cara mengembangkan bisnis online yang selanjutnya adalah dengan menambahkan testimoni pelanggan. Seperti yang kita ketahui bahwa, ulasan pelanggan merupakan faktor penting bagi merek serta perusahaan-perusahaan besar. Sebagian besar dari pembeli akan membeli suatu barang apabila sudah ada testimoni baik dari pelanggan lain. 

Anda bisa memanfaatkan influencer media sosial untuk mendapatkan testimoni pelanggan. Dengan pengikut influencer yang bahkan bisa jutaan, Anda bisa mendapatkan jangkauan pelanggan yang lebih luas. Namun, pastikan influencer tersebut sesuai dengan nilai-nilai bisnis online Anda. Misal, Anda menjual produk make-up, Anda bisa bekerja sama dengan beauty influencer untuk promosi produk.

3. Tentukan Harga yang Sesuai

Cara mengembangkan bisnis online Anda yang berikutnya adalah dengan menentukan harga yang sesuai dengan target pasar Anda. Sangat penting untuk membebankan biaya yang masuk akal untuk produk Anda. Hal ini berarti bahwa produk Anda harus sesuai dengan biaya pembuatannya untuk mencapai laba yang layak. 

Harga yang terlalu tinggi akan mengakibatkan hilangnya pembeli dan mempertahankan harga yang terlalu murah akan dipertanyakan kualitas produknya. Nah, untuk menghindari harga yang terlalu mahal atau terlalu murah, Anda perlu untuk melakukan riset pasar dan memastikan harga yang dikenakan oleh bisnis pesaing Anda. Selain itu, Anda dapat membuat survei, ataupun wawancara online untuk mendapatkan harga produk yang sesuai. 

Baca Juga : Remarketing : Pengertian, Manfaat, Perbedaan dengan Retargeting

4. Lakukan Kegiatan Promosi

Promosi adalah salah satu strategi agar produk Anda dapat dikenal oleh masyarakat. Kegiatan promosi ini bisa Anda lakukan dengan cara menyebarkan email marketing kepada pelanggan lama ataupun calon pelanggan, membuat konten yang menarik, terlibat dengan pengikut di media sosial Anda, dan cara-cara yang lainnya. Tujuan promosi ini antara lain untuk menarik pembeli, meningkatkan penjualan Anda, dan membangun citra dari produk Anda. 

5. Menggunakan Iklan untuk Bisnis

Cara mengembangkan bisnis online yang selanjutnya adalah memanfaatkan iklan untuk bisnis Anda. Saat ini, sudah banyak penyedia iklan yang bisa Anda gunakan. Misalnya saja, Google Ads, yaitu iklan layanan berbayar yang bisa membantu Anda meningkatkan visibilitas bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan iklan dari platform media sosial seperti Facebook ads, dan Instagram ads untuk menunjang bisnis online Anda. 

Contoh Anda akan menggunakan instagram ads. Seperti yang dilansir dari Data Indonesia, pada tahun April 2022, Instagram memiliki 99,9 juta pengguna aktif di Indonesia. Dengan menggunakan data ini, Anda bisa mengoptimalkan ads untuk mengembangkan bisnis Anda. Dengan catatan, iklan yang Anda buat haruslah sesuai dengan target pasar Anda. Selamat mencoba!

Demikianlah 5 cara mengembangkan bisnis online Anda agar sukses. Lakukan tips-tips di atas untuk meningkatkan penjualan Anda. Untuk pengiriman paket, Anda bisa menggunakan layanan Last Mile Delivery dari SAP Express, yang sudah memiliki jangkauan luas di seluruh Indonesia. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *