Finance

Begini Cara Menghitung Laba, Ternyata Sangat Mudah

cara menghitung laba bisnis

Setiap bisnis pasti menargetkan pada laba yang meningkat. Laba inilah kemudian yang menjadi tolak ukur keberhasilan suatu perusahaan. Laba sendiri terdapat laba bersih dan juga kotor. Mungkin Anda pebisnis pemula, yang perlu mengetahui cara menghitung laba, baik bersih maupun kotor. Tidak hanya untuk mengukur keberhasilan, dengan mengetahui laba, Anda bisa memikirkan strategi bisnis kedepannya seperti apa. Lalu bagaimana cara menghitung laba? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Apa itu Laba?

Melansir dari laman Investopedia, laba adalah keuntungan finansial yang direalisasikan ketika pendapatan yang dihasilkan dari aktivitas bisnis melebihi biaya, dan pajak yang terlibat dalam mempertahankan aktivitas tersebut. Setiap dari keuntungan tersebut yang diperoleh mengalir kembali ke pemilik bisnis, yang memilih untuk mengantongi secara tunai, membagikannya kepada pemegang saham sebagai dividen, atau menginvestasikannya kembali ke dalam bisnis. 

Laba sendiri memiliki jenis, yaitu laba bersih laba kotor, serta laba usaha. Simak pembahasannya di bawah ini. 

Jenis Laba pada Bisnis

Nah, berikut adalah jenis laba pada bisnis. Apa saja? Yuk simak!

1. Laba Bersih

Jenis laba pada bisnis yang pertama adalah laba bersih. Ini merupakan keuntungan tersisa setelah semua pengeluaran dan biaya telah dikurangi dari pendapatan perusahaan. Laba bersih inilah yang membantu investor untuk menentukan profitabilitas keseluruhan perusahaan, yang mencerminkan seberapa efektif perusahaan telah dikelola selama ini. 

Misalkan saja, sebuah toko baju saat ini ingin menghitung laba bersih pada bulan Juni 2023. Pada bulan itu, total penjualan ternyata sebesar 9 juta rupiah. Sedangkan, biaya untuk membuat baju pada bulan itu sebesar 2 juta rupiah dan ada biaya operasional toko sebesar 1,5 juta rupiah. Toko baju tersebut juga perlu membayar pajak sebanyak 500 ribu rupiah. Oleh sebab itu, laba bersih yang didapatkan adalah sebesar 5,5 juta rupiah. 

2. Laba Kotor

Jenis laba pada bisnis yang selanjutnya adalah laba kotor. Melansir dari laman Investopedia, laba kotor adalah pendapatan yang didapatkan perusahaan dari sebuah penjualan. Laba kotor ini berupa penghasilan yang belum dikurangi dengan cost yang mungkin ada seperti pajak, karyawan, dan berbagai biaya yang lainnya. 

Pengusaha bisa mendapatkan keuntungan dari mengetahui cara menghitung laba kotor ini. Dengan memahaminya, Anda bisa tahu apakah perusahaan sudah memberi keuntungan ataupun kerugian di dalam proses aktivitas bisnis. Selain itu, Anda bisa mengetahui berapa sebenarnya pendapatan perusahaan Anda tanpa potongan. 

3. Laba Usaha

Melansir dari laman Square Up, laba usaha adalah pendapatan bersih yang diperoleh dari operasi inti perusahaan. Secara singkatnya, laba usaha merupakan jumlah uang yang tersisa di sebuah perusahaan setelah memenuhi biaya operasinya (laba kotor) namun sebelum membayar pajak.

Laba usaha ini tidak termasuk pendapatan non-operasional seperti;

  • Penjualan aset
  • Keuntungan dari transaksi valuta asing
  • Keuntungan investasi dan dividen
  • Pembayaran bunga hutang
  • Biaya yang terkait dengan merger
  • Persediaan yang dihapuskan

Rumus Laba Bersih

Di bawah ini adalah rumus laba bersih yang bisa Anda gunakan untuk menghitung laba bersih. 

Rumus dan Cara Menghitung Laba Bersih

Cara menghitung laba bersih sangat mudah, yaitu sebagai berikut:

Laba Bersih = Total dari Penghasilan – Total dari Pengeluaran

Selain menggunakan rumus seperti di atas, Anda juga bisa menggunakan rumus seperti ini;

Laba Bersih = Laba Kotor – Beban Biaya

Rumus Laba Kotor

Cara menghitung laba kotor juga mudah seperti rumus yang sebelumya. 

Rumus dan Cara Menghitung Laba Kotor

Berikut adalah rumus cara menghitung laba kotor, yaitu;

Laba Kotor = Pendapatan – HPP

Mungkin Anda pernah mendengar istilah HPP sebelumnya. HPP yang kepanjangannya adalah Harga Pokok Penjualan merupakan penghitungan untuk mengetahui pengeluaran produksi barang yang akan dijual perusahaan. Nah, setelah mengetahui rumus dari laba bersih dan kotor ini, Anda sudah siap kan menghitung laba perusahaan Anda bulan ini?

Pentingnya Mengetahui Cara Menghitung Laba

Untuk pebisnis, tentunya mengetahui cara menghitung laba sangat penting. Sebab laba inilah yang menentukan apakah perusahaan Anda berhasil atau tidak dalam jangka waktu tertentu. Nah untuk itu, Anda juga perlu memiliki laporan keuangan yang jelas untuk memantau perkembangan perusahaan seperti apa. Demikianlah pembahasan mengenai cara menghitung laba. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan menginspirasi bagi bisnis Anda. Jadilah Sahabat Satria SAP Express dan dapatkan keuntungan yang menarik seperti bisa memiliki website toko online gratis untuk bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *