Bisnis

Cara Mengurus BPOM Secara Lengkap dan Mudah!

cara mengurus bpom

Badan pengawas obat dan makanan atau pom merupakan sebuah lembaga yang mempunyai wewenang dalam mengatasi peredaran produk obat-obatan serta makanan yang ada di nusantara. 

Mengapa BPOM itu penting, karena bertujuan untuk melindungi keselamatan, keamanan, serta kesehatan para konsumen yang sudah membelinya. Selain menanyakan sepenting apa pengurusan BPOM tersebut banyak juga masyarakat Indonesia yang bertanya proses BPOM berapa lama. 

Kenapa harus ada BPOM? Apakah perorangan bisa daftar BPOM? Ternyata masih banyak yang belum paham betul akan hal ini. Apakah Anda merupakan salah satunya?

Cara Mengurus BPOM yang Mudah

Untuk menjawab kenapa harus ada BPOM setiap produk? Tujuannya adalah seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya untuk melindungi keselamatan serta keamanan para konsumen yang sudah membeli produk tersebut. Lalu, apakah Skincare harus BPOM juga?  Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang ingin membeli Skincare meneliti sedetail mungkin apakah sudah terdapat sertifikat halal dan BPOM? Apabila produk tersebut belum BPOM, bukan tidak mungkin jika nantinya mereka tidak jadi membeli produk skincare tersebut, walaupun namanya sudah dikenal oleh masyarakat secara luas. 

Baca Juga : Kenapa Harus Berbisnis Sejak Muda? Ini Alasannya!

Demi mendapatkan keamanan serta keselamatan mengenai kesehatan dalam penggunaan Skincare, mereka lebih memilih produk yang sudah mendapatkan izin BPOM. Sedangkan, Kenapa perlu BPOM? Serta kenapa harus ada BPOM? Alasannya adalah legalitas lah yang akan menjamin kualitas produk, sebagai garansi keamanan terhadap suatu produk, Menjaga kestabilan harga. Selain itu citra produk tersebut juga akan meningkat dan akan lebih mudah pula masuk ke dalam pasar dengan jangkauan yang luas.

Cara Mengurus BPOM untuk UMKM

Mempunyai keinginan untuk mengurus BPOM agar nantinya produk-produk yang dihasilkan bisa dikenal masyarakat luas. Pasalnya saat ini Anda bisa mendaftarkan di E-BPOM.  Langkah pertama adalah mengunjungi website resmi. Setelah itu pilih menu registrasi akun tekan menu baru untuk membuat akun baru. Setelah itu nantinya Anda akan diarahkan untuk mengisi formulir. Pastikan juga data yang Anda isi valid.

Masukkan data PSB kemudian unggah semua berkas sesuai dengan persyaratan. Jangan lupa juga untuk mengirimkan persyaratan tersebut dalam bentuk fisik ke alamat yang sudah tertera. Baru setelah itu tunggulah hasil pemeriksaan Apakah disetujui ataupun tidak. Umumnya hasil tersebut akan disampaikan menggunakan email. Mudah bukan cara mengurus BPOM untuk kebutuhan UMKM? Namun Berapa jumlah biaya BPOM UMKM tersebut? Sekitar Rp 100.000 sampai dengan Rp 2 juta. Biaya tersebut juga bergantung dengan jenis usaha yang Anda miliki.

Baca Juga : Cara Menghitung Modal Awal untuk Memulai Sebuah Bisnis

Tetapi bagaimana cara daftar BPOM kosmetik import? Mungkin mengenai perizinan BPOM untuk kosmetik impor itu lebih rumit daripada cara mengurus BPOM makanan. Karena terdapat banyak syarat dan ketentuan yang harus benar-benar Anda siapkan. Tidak bertujuan untuk mempersulit melainkan dengan melengkapi semua persyaratan pengurusan BPOM akan lebih mudah. 

Sebenarnya cara daftar BPOM entah itu untuk produk makanan, parfum, ataupun kosmetik impor itu sama-sama mudahnya. Hanya saja kita harus lebih detail memperhatikan syarat-syarat yang harus dilampirkan ataupun yang harus dikirimkan. Demi keamanan serta keselamatan para konsumen, maka usahakan untuk segera melakukan pengurusan BPOM tersebut.

Biaya Urus BPOM

Selain masih banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara mengurus BPOM, banyak juga yang menanyakan berapa lama pengurusan Izin BPOM tersebut? Ketika Anda menggunakan E BPOM, Anda harus menunggu maksimal 30 hari sejak pendaftaran. Apakah biaya pengurusan Izin BPOM 2022 berbeda atau terdapat perubahan? Nah, mengenai biaya pengurusan Izin BPOM 2022 mulai dari Rp 100.000 untuk setiap produk obat-obatan dan makanan. 

Apabila kosmetik yang di produksi di luar negara ASEAN Rp 1,5 juta setiap itemnya. Sedangkan jika kosmetik tersebut diproduksi di dalam negeri maka biayanya adalah Rp 500.000 per item. Pada intinya cara mengurus BPOM untuk kebutuhan apapun itu sangat mudah asalkan kita memperhatikan bagaimana langkah-langkahnya dan apa saja syarat-syaratnya.

bisnis jasa pengiriman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.