Bisnis

Cara Mengurus BPOM Secara Lengkap dan Mudah!

cara mengurus bpom

Badan pengawas obat dan makanan atau pom merupakan sebuah lembaga yang mempunyai wewenang dalam mengatasi peredaran produk obat-obatan serta makanan yang ada di nusantara. 

Mengapa BPOM itu penting, karena bertujuan untuk melindungi keselamatan, keamanan, serta kesehatan para konsumen yang sudah membelinya. Selain menanyakan sepenting apa pengurusan BPOM tersebut banyak juga masyarakat Indonesia yang bertanya proses BPOM berapa lama. 

Kenapa harus ada BPOM? Apakah perorangan bisa daftar BPOM? Ternyata masih banyak yang belum paham betul akan hal ini. Apakah Anda merupakan salah satunya?

Cara Mengurus BPOM yang Mudah

Untuk menjawab kenapa harus ada BPOM setiap produk? Tujuannya adalah seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya untuk melindungi keselamatan serta keamanan para konsumen yang sudah membeli produk tersebut. Lalu, apakah Skincare harus BPOM juga?  Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang ingin membeli Skincare meneliti sedetail mungkin apakah sudah terdapat sertifikat halal dan BPOM? Apabila produk tersebut belum BPOM, bukan tidak mungkin jika nantinya mereka tidak jadi membeli produk skincare tersebut, walaupun namanya sudah dikenal oleh masyarakat secara luas. 

Baca Juga : Kenapa Harus Berbisnis Sejak Muda? Ini Alasannya!

Demi mendapatkan keamanan serta keselamatan mengenai kesehatan dalam penggunaan Skincare, mereka lebih memilih produk yang sudah mendapatkan izin BPOM. Sedangkan, Kenapa perlu BPOM? Serta kenapa harus ada BPOM? Alasannya adalah legalitas lah yang akan menjamin kualitas produk, sebagai garansi keamanan terhadap suatu produk, Menjaga kestabilan harga. Selain itu citra produk tersebut juga akan meningkat dan akan lebih mudah pula masuk ke dalam pasar dengan jangkauan yang luas.

Cara Mengurus BPOM untuk UMKM

Mempunyai keinginan untuk mengurus BPOM agar nantinya produk-produk yang dihasilkan bisa dikenal masyarakat luas. Pasalnya saat ini Anda bisa mendaftarkan di E-BPOM.  Langkah pertama adalah mengunjungi website resmi. Setelah itu pilih menu registrasi akun tekan menu baru untuk membuat akun baru. Setelah itu nantinya Anda akan diarahkan untuk mengisi formulir. Pastikan juga data yang Anda isi valid.

Masukkan data PSB kemudian unggah semua berkas sesuai dengan persyaratan. Jangan lupa juga untuk mengirimkan persyaratan tersebut dalam bentuk fisik ke alamat yang sudah tertera. Baru setelah itu tunggulah hasil pemeriksaan Apakah disetujui ataupun tidak. Umumnya hasil tersebut akan disampaikan menggunakan email. Mudah bukan cara mengurus BPOM untuk kebutuhan UMKM? Namun Berapa jumlah biaya BPOM UMKM tersebut? Sekitar Rp 100.000 sampai dengan Rp 2 juta. Biaya tersebut juga bergantung dengan jenis usaha yang Anda miliki.

Baca Juga : Cara Menghitung Modal Awal untuk Memulai Sebuah Bisnis

Tetapi bagaimana cara daftar BPOM kosmetik import? Mungkin mengenai perizinan BPOM untuk kosmetik impor itu lebih rumit daripada cara mengurus BPOM makanan. Karena terdapat banyak syarat dan ketentuan yang harus benar-benar Anda siapkan. Tidak bertujuan untuk mempersulit melainkan dengan melengkapi semua persyaratan pengurusan BPOM akan lebih mudah. 

Sebenarnya cara daftar BPOM entah itu untuk produk makanan, parfum, ataupun kosmetik impor itu sama-sama mudahnya. Hanya saja kita harus lebih detail memperhatikan syarat-syarat yang harus dilampirkan ataupun yang harus dikirimkan. Demi keamanan serta keselamatan para konsumen, maka usahakan untuk segera melakukan pengurusan BPOM tersebut.

Biaya Urus BPOM

Selain masih banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara mengurus BPOM, banyak juga yang menanyakan berapa lama pengurusan Izin BPOM tersebut? Ketika Anda menggunakan E BPOM, Anda harus menunggu maksimal 30 hari sejak pendaftaran. Apakah biaya pengurusan Izin BPOM 2022 berbeda atau terdapat perubahan? Nah, mengenai biaya pengurusan Izin BPOM 2022 mulai dari Rp 100.000 untuk setiap produk obat-obatan dan makanan. 

Apabila kosmetik yang di produksi di luar negara ASEAN Rp 1,5 juta setiap itemnya. Sedangkan jika kosmetik tersebut diproduksi di dalam negeri maka biayanya adalah Rp 500.000 per item. Pada intinya cara mengurus BPOM untuk kebutuhan apapun itu sangat mudah asalkan kita memperhatikan bagaimana langkah-langkahnya dan apa saja syarat-syaratnya.

bisnis jasa pengiriman

16 Comments

  • Agus Salim 28 Januari 2024

    Apa saja persyaratan untuk izin bpom produk herbal dan berapa biayanya ?

  • Bonsai 27 Agustus 2023

    Indonesia, aku hanya ketawa aja, banyak pengawas, tidak cukup satu ijin. Kadrun2 yang hidup, masyarakat mati 😭😭😭😭

    • cebong bego 20 September 2023

      Koq jadi kadrun dibawa-bawa? Bukankah penguasanya di semua lembaga pemerintahan itu cebong ya??

  • Adil HY 16 Agustus 2023

    Apakah aroma teraphy/essensial oil harus apakah harus BPOM, dasar perhitungannya bagaimana, apakah per unit. atau type barang.

  • Sabar Suko 29 Juli 2023

    Apakah pewangi ruangan perlu ijin BPOM dan apakah produk pengusir serangga bakar maupun semprot wajib ijin BPOM?

  • Aqila 23 Mei 2023

    Assalamualaikum biayanya berapa kira2 kalau untuk urus izin bpom lotion? 🙏

  • Shaqueena 13 Mei 2023

    Kakk mohon info brpa hbis nya untuk mengurus bpom Untuk kosmetik lotion

  • Lucky kurniawan 5 Mei 2023

    Urus BPOM utk aroma terapi/ minyak spa.apa aja yg dibutuhkan surat surat nya dan berapa biaya sampai selesai

  • Sumiati 25 April 2023

    Saya produksi home industri rumahan frozen food tidak memakai bahan daging dan bahan-bahan lainnya dan tidak memakai bahan yang tidak berbahaya cuma terigu sama kanji aja itu diharuskan izin apa ya p i r t apa BPOM

  • yora 17 Maret 2023

    Sulit dan Ribet urus izin edar BPOM tidak seperti izin edar di Kemenkes simple dan Mudah

    • Fajar 10 April 2023

      permisi kak untuk pengurusan kemenkes caranya bagaimana ya?
      karena saya juga ada produk yang akan saya uruskan izin kemenkesnya. mohon balasannya. Terima Kasih

  • Yulianti 11 Maret 2023

    Tapi kenapa saya biasanya mendengarkan orang2 berkata jika urus BPOM harganya sampai jutaan atau puluhan ya. Saya berharap biaya pengurusan BPOM yang dilampirkan diatas benar bahwa harganya 100rb sampai 1,5jt per itemnya

    • Robby 18 Maret 2023

      Bpom untuk air kemasan..gelas umkm… Apa sampai 20-40 jutaan
      Kabar yg beredar…

  • Rita 8 Maret 2023

    Cukup dapat pengetahuan

    • Adipati 19 Juni 2023

      Saya membuat sabun detergen untuk kebutuhan laundry, seperti deterjen, pewangi, sabun cuci piring, pelicin, sabun untuk pel dll

  • Asaluddin sitakar 25 Februari 2023

    Informasi sangat memuaskan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *