Bisnis

10 Tips Cara Menjadi Distributor yang Sukses, Pahami Ini!

cara menjadi distributor

Memutuskan untuk menjadi pengusaha memang dibutuhkan pertimbangan yang serius, dan tidak boleh main-main. Oleh sebab itu, tidak sedikit orang yang beralih menjadi distributor yang tidak perlu membuat produk sendiri. Tugasnya adalah menyalurkan barang dari pihak pertama ke pihak pembeli. Nah, untuk menjadi distributor yang sukses, Anda perlu mengetahui tipsnya cara menjadi distributor. Yuk, simak ulasan berikut ini!

Pengertian Distributor

Melansir dari laman Indeed, distributor pada umumnya merupakan pemilik bisnis independent yang mengangkut produk dari produsen ke lingkungan pasar. Peran mereka penting sebab distributor lah termasuk dalam bagian rantai penawaran dan permintaan. Hampir sama dengan penjualan ritel, tujuan utama pada distribusi ini adalah membeli barang dan menjualnya kembali untuk mendapatkan keuntungan. 

Apabila Anda tertarik untuk menjadi distributor, ini bisa menjadi peluang bagus untuk Anda. Sebab, apabila Anda menemukan barang yang dibutuhkan oleh masyarakat luas, hal ini tentunya bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan. Apalagi bila Anda berhasil menjadi distributor langsung dari pabrik. Tentunya Anda bisa mendapatkan harga produk yang lebih murah. 

Fungsi Distributor

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa sih fungsi dari distributor itu? Melansir dari Chron, distributor memiliki fungsi penting yaitu, pengetahuan mengenai pasar lokal. Pada umumnya, distributor mengenal mengenai klien lokal jauh lebih baik daripada mereka yang duduk di kantor pusat. Sebab, distributor lah yang paling dekat dengan konsumen. Selain itu, distributor lebih mengetahui bagaimana jenis promosi yang tepat, dan lain-lain. 

Di samping itu, fungsi distributor juga andil dalam manajemen risiko. Semakin tersebar rantai pasokan sebuah perusahaan, maka akan semakin kecil risiko yang akan dilewati oleh masing-masing pihak dalam rantai tersebut. Misalkan barang hanya disimpan di tiga gudang, apabila terjadi bencana seperti banjir, kebakaran hanya di satu lokasi akan melumpuhkan distribusi. Lain halnya jika terdapat distributor dengan gudang yang banyak, maka akan menurunkan risiko. 

Keuntungan Menjadi Distributor Langsung dari Pabrik

Menjadi distributor langsung dari pabrik tentunya terdapat keuntungan, yaitu antara lain;

1. Mendapatkan Harga Produk yang Lebih Murah

Keuntungan menjadi distributor langsung dari pabrik yaitu mendapatkan harga barang yang jauh lebih murah, karena langsung dari pihak pertama. Tentunya pabrik akan memberikan harga yang kompetitif untuk area yang menjadi tujuan. Apabila Anda memiliki kinerja yang bagus nantinya, Anda bisa menjalin hubungan yang baik dengan pabrik dan menjadi satu-satunya distributor di area Anda. 

2. Langsung Mendapat Dukungan dari Perusahaan

Menjadi distributor, maka secara tidak langsung Anda membantu pabrik untuk meningkatkan penjualan. Oleh sebab itu, keuntungannya adalah mendapatkan dukungan langsung dari perusahaan. Apalagi jika penjualan Anda semakin meningkat. Misalkan saja Anda mendapat dukungan perusahaan untuk masalah keluhan dari pelanggan. Anda bisa menanganinya sendiri dengan persetujuan perusahaan. 

3. Fokus Bisnis Lebih Tinggi dan Tepat Sasaran

Keuntungan yang lainya menjadi distributor langsung dari pabrik adalah fokus bisnis Anda bisa lebih tinggi dan tepat sasaran. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa, Anda tidak perlu membuat produk sendiri. Pengembangan dan riset produk merupakan tugas dari pabrik, yang Anda perlu fokus yaitu bagaimana caranya meningkatkan strategi penjualan produk Anda. 

Cara Menjadi Distributor Langsung dari Pabrik

Mungkin Anda saat ini tertarik dengan beragam keuntungannya dan penasaran cara menjadi distributor langsung dari pabrik. Berikut adalah tipsnya dari kami, yaitu antara lain;

1. Tentukan Strategi dan Channel yang Tepat

Dalam bisnis usaha apapun, yang terpenting adalah channel yang tepat. Nah, dalam dunia distribusi ini, Anda perlu memahami industri apa yang inginkan sehingga Anda bisa mengatur strategi kedepannya seperti apa. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan yaitu riset produk yang banyak diminati, serta tren terkini apa yang sedang hits.

2. Pilih Industri yang Kompetitif

Cara menjadi distributor langsung dari pabrik yang selanjutnya adalah memilih industri yang kompetitif. Oleh karena itu, Anda perlu riset mengenai industri yang kompetitif agar bisnis Anda akan tetap bertahan di pasar. Pada hal ini, akan tergantung pada jenis produk yang ingin Anda jual serta pabrik yang Anda ajak kerjasama. Pertimbangkan tentang apa Anda ingin bergelut di bidang makanan, elektronik ataupun pakaian.

3. Bangun Hubungan yang Baik (Networking)

Dalam bisnis apa pun, relasi menjadi hal yang sangat penting. Sebab jaringan merupakan dasar dari industri distribusi. Untuk bisa membangun hubungan yang baik, Anda bisa menghadiri konferensi, ataupun berpartisipasi dalam webinar. Anda juga perlu memahami target pasar dan target klien yang diajak kerjasama untuk mengembangkan hubungan yang lebih kuat. 

4. Kenali Target Pasar dengan Baik

Cara menjadi distributor langsung dari pabrik yang berikutnya adalah dengan mengenali target pasar dengan baik. Sangat penting untuk mempelajari mengenai target pasar Anda untuk merumuskan pemahaman dan meningkatkan hubungan dengan mereka. Target pasar Anda adalah produsen, pengecer, dan juga pengguna akhir; ini merupakan basis pelanggan Anda. 

5. Buat Rencana Bisnis

Cara menjadi distributor langsung dari pabrik yang selanjutnya yaitu dengan membuat rencana bisnis. Bisnis apa pun membutuhkan rencana yang terstruktur. Oleh sebab itu, Anda perlu memiliki skill manajemen, wawasan mengenai supply chain, serta pelatihan marketing untuk bisa menjadi pemimpin dan menjalankan bisnis distribusi Anda. 

6. Siapkan Lisensi yang Sah

Sebagai seorang pebisnis, penting untuk mendaftarkan bisnis Anda dan mematuhi peraturan perizinan bisnis. Bisnis yang terdaftar memberi Anda kredibilitas. Produsen serta bisnis ritel yang terlibat dalam rantai supply chain juga terkadang meminta bukti sertifikasi bisnis. Oleh sebab itu, cara menjadi distributor langsung dari pabrik yaitu dengan menyiapkan lisensi yang sah. 

7. Uji Kelayakan Produk

Cara menjadi distributor langsung dari pabrik yang berikutnya adalah dengan menguji kelayakan produk. Anda sebagai orang yang ingin menyalurkan produk agar laris manis di pasaran, tentunya ingin mengetahui kualitas barang yang Anda jual, kan? Nah oleh sebab itu, proses uji kelayakan produk perlu Anda lakukan, agar nantinya konsumen tidak akan kecewa terhadap produk. 

8. Pilih Layanan Logistik Terpercaya

Dalam bisnis distribusi, logistik juga memainkan peran penting. Oleh sebab itu, cara menjadi distributor langsung dari pabrik yaitu dengan memilih jasa layanan logistik yang terpercaya. Sebab, logistik ini bagian penting dari keberhasilan distributor. Pilih layanan logistik yang efisien, sehingga Anda bisa menghemat biaya paket dan meningkatkan pendapatan Anda. 

9. Tentukan Tenaga Kerja Berkualitas

Dalam bisnis, tentunya Anda membutuhkan tim yang bisa diajak kerjasama. Oleh karena itu, Anda perlu menentukan tenaga kerja yang berkualitas. Proses distribusi dari tangan pertama ke konsumen membutuhkan pelayanan dan pemasaran yang baik. Apabila Anda memiliki tenaga kerja yang berkualitas, Anda bisa mendapatkan kepercayaan dari pabrik. 

10. Proyeksikan Tujuan di Masa Depan

Cara menjadi distributor langsung dari pabrik yang selanjutnya adalah memproyeksikan tujuan Anda di masa depan. Tentukan tujuan Anda dalam bisnis distribusi ini, maka Anda bisa merencanakan strategi distribusi kedepannya. Misalkan saja, saat ini merupakan era digital dan yang perlu Anda lakukan adalah bagaimana caranya agar usaha Anda bisa bersaing di era belanja online, dan lain-lain.Demikianlah ulasan mengenai 10 cara menjadi distributor yang sukses. Pahami terlebih dahulu industri seperti apa yang ingin Anda geluti, dan ketahui target pasar yang ingin dituju. Jadikan SAP Express sebagai mitra logistik Anda, dan manfaatkan layanan warehouse dan fulfilment untuk bisnis Anda.

2 Comments

  • Ferry simangunsong 24 Januari 2024

    Untuk menjadi distri butor sparepat motor siapa tau ada yg menjembatani!!

  • Mardiana Kasman 31 Agustus 2023

    Saya berminat untuk jadi distributor produk dari mayora

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *