SAPedia

Takut Kirim TV Lewat Ekspedisi? Yuk, Cari Tahu Cara Packing Barang Elektronik Berikut!

cara packing barang elektronik

Mengirim barang elektronik seperti TV, kulkas, mesin cuci, HP, laptop dan lainnya melalui ekspedisi memang cukup berisiko. Tak heran jika banyak orang yang enggan dan ragu untuk melakukannya. Banyak juga pembeli yang memilih untuk membeli barang elektronik langsung di toko ketimbang melalui marketplace. Namun tak perlu khawatir, elektronik akan aman sampai di tujuan jika Anda tahu cara packing barang elektronik dengan tepat.

Bagi Anda penjual barang elektronik secara online, atau hendak mengirimkan barang elektronik melalui jasa pengiriman, yuk simak cara packing yang tepat berikut ini. 

Tips Packing Barang Elektronik dengan Aman

Tidak bisa dipungkiri bahwa mengirim barang elektronik lewat ekspedisi cukup berisiko. Risiko rusak, hilang, dan lainnya mungkin bisa terjadi. Kerugian pun tak bisa dihindari, terlebih harga elektronik yang tidak murah.

Baca juga: Tips Packing Madu via Ekspedisi Supaya Tidak Mudah Meledak

Oleh karena itu, pastikan Anda mengikuti tutorial packing barang elektronik berikut ini agar barang selamat sampai tujuan.

1. Gunakan Bubble Wrap

Untuk barang elektronik seperti HP, tablet dan sejenisnya, Anda bisa menggunakan bubble wrap saja untuk proses pengemasan. Bubble wrap memiliki harga yang murah sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Meskipun demikian, pastikan Anda menggunakan beberapa lapis bubble wrap supaya barang elektronik yang dikirim tetap aman. Jangan sampai HP atau tablet yang dikirim menjadi pecah atau rusak lantaran lapisan bubble wrap yang kurang.

2. Gunakan Packing Kayu

Sedangkan untuk barang elektronik seperti TV, laptop, kamera dan sejenisnya yang ukurannya lebih besar, maka disarankan menggunakan packing kayu. Packing kayu lebih kokoh dan aman dari guncangan ketimbang menggunakan bubble wrap saja.

Sebelum di packing menggunakan kayu, Anda tetap perlu melapisi elektronik dengan bubble wrap. Tujuannya tentu agar lebih tahan dari guncangan. Tak hanya barang elektronik ukuran besar saja yang perlu menggunakan packing kayu, namun untuk barang yang dikirim ke tempat yang jauh pun demikian.

Baca juga: 5 Jenis Barang yang Wajib Memakai Packing Kayu

3. Gunakan Styrofoam

Alternatif lain untuk packing barang elektronik adalah menggunakan styrofoam. Styrofoam juga tergolong aman untuk produk elektronik. Pastikan Anda menggunakan styrofoam yang tebal agar barang lebih aman. Meskipun demikian, styrofoam cenderung lebih jarang digunakan karena sulit mencari yang ukurannya pas.

Selain itu, Anda juga perlu menambahkan stempel atau tulisan ‘fragile’ agar kurir mengerti bahwa barang yang dikirimkan tidak boleh dilempar atau dibanting. Ekspedisi juga akan lebih menjaga paket Anda ketika menggunakan tanda tersebut.

4. Gunakan Jasa Packing dari Ekspedisi

Jika ragu untuk mengemas barang elektronik sendiri, Anda bisa meminta jasa ekspedisi untuk melakukannya. Contohnya adalah SAP Express yang menyediakan layanan packing kayu untuk berbagai produk, termasuk barang elektronik.

Ekspedisi juga bisa menambahkan layanan asuransi untuk menjaga barang yang dikirim agar lebih aman. Dengan asuransi, Anda tak perlu khawatir jika barang rusak atau hilang di perjalanan.

Nah, itulah beberapa cara packing barang elektronik yang bisa Anda coba. Dengan cara-cara diatas, Anda tidak perlu takut atau ragu lagi untuk mengirim produk elektronik seperti TV, kulkas, HP, dan sejenisnya melalui ekspedisi. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.