Logistik

Waspada, Begini Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri yang Perlu Anda Tahu!

penipuan paket luar negeri

Membeli paket dari luar negeri saat ini bukanlah perkara sulit. Anda bisa membeli barang dari negara manapun yang Anda mau. Hanya melalui smartphone, Anda bisa mendapatkan berbagai paket luar negeri. Namun hati-hati, ciri-ciri penipuan paket luar negeri perlu Anda waspadai supaya tidak tertipu.

Pasalnya, saat ini banyak oknum nakal yang memanfaatkan mudahnya jual beli online luar negeri dengan cara menipu. Perlu Anda ketahui bahwa pengiriman paket dari luar negeri membutuhkan biaya bea cukai serta biaya lainnya yang disebut clearance. 

Nah, oknum penipu memanfaatkan hal ini untuk meminta pembeli melakukan pembayaran biaya clearance terlebih dahulu, padahal barang tidak dikirim. Selain itu, oknum juga tidak jarang menggunakan kurir palsu untuk memanipulasi kondisi bahwa barang sedang dikirim, padahal tidak.

Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri

Untuk meminimalisir terjadinya penipuan orang luar negeri yang merugikan, Anda perlu tahu ciri-ciri penipuan paket luar negeri sebagai berikut:

1. Pendekatan Melalui Media Sosial

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri yang pertama umumnya dilakukan melalui media sosial. Pelaku akan berkenalan dengan korban melalui media sosial, kemudian mengaku sebagai penjual produk dari luar negeri, atau bahkan akan mengirimkan hadiah dari luar negeri.

Dalam hal ini, pelaku sudah mengincar korban terlebih dahulu dengan mengantongi data diri korban. Pelaku tahu nama lengkap korban, nomor telepon, alamat email, hingga alamat usahanya sehingga tampak meyakinkan.

Pelaku terkadang juga menyamar sebagai rekan bisnis yang mengajak bekerja sama dengan iming-iming menarik. Oleh karena itu, Anda perlu waspada jika ada orang tak dikenal tiba-tiba mengajak interaksi via media sosial, terlebih jika Anda tidak terlalu aktif bermedia sosial.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Kirim Paket ke Luar Negeri, Gampang!

2. Menggunakan Kurir Palsu

Pelaku terdiri dari minimal 2 orang, satu orang sebagai orang yang mengajak berkenalan secara personal (modus). Orang ini mengumpulkan data dan informasi mengenai korban, menghubungi, dan kemudian merayu korban.

Selanjutnya, orang kedua berlaku sebagai kurir palsu yang mengirimkan barang. Setelah korban tahu barang dari luar negeri akan dikirim, maka kurir palsu akan ditunjuk, seolah-olah sedang mengirimkan barang kepada korban.

3. Menggunakan Resi Palsu

Tak hanya kurir palsu, ciri-ciri penipuan paket luar negeri juga menggunakan resi palsu. Pelaku akan membuat resi palsu dan mengirimkan pada korban. Korban akan percaya karena resi yang dibuat benar-benar mirip dengan aslinya.

Oleh karena itu, ketika Anda mendapatkan resi pengiriman barang, segera cek resi tersebut apakah asli atau palsu. Pastikan juga perusahaan pengiriman barang tersebut benar-benar ada dan terpercaya.

4. Meminta Biaya Clearance

Selanjutnya, ciri-ciri penipuan pengiriman barang dari luar negeri berikutnya adalah adanya permintaan pembayaran clearance. Pelaku beralasan bahwa barang telah dikirimkan ke Indonesia, namun kurir tidak bisa bergerak karena biaya clearance belum dibayar. 

Pelaku kemudian meminta korban untuk membayar sejumlah biaya melalui transfer ke rekening atau akun pelaku. Biasanya nominal biaya yang diminta cukup besar, terlebih jika modus tersebut adalah memberi hadiah. Anda dipaksa untuk membayar sejumlah uang terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Kirim Paket COD Tanpa Marketplace, SAP Express Solusinya

5. Pelaku Menghilang

Nah, setelah korban melakukan transfer biaya clearance, kemudian pelaku akan menghilang. Korban tidak bisa berkutik karena kesulitan melakukan verifikasi baik dengan pihak bank maupun kurir. 

Karena adanya perbedaan negara, maka proses verifikasi bank akan dilakukan dalam waktu yang lama. Namun pada saat ini, uang korban sudah diambil oleh pelaku dan barang tidak sampai ke tangan korban.

6. Penggunaan Bahasa yang Tidak Profesional

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri berikutnya adalah penggunaan bahasa yang tidak profesional dari pelaku. Ketika pelaku mengirimkan pesan melalui media sosial atau email, amati bahasa yang digunakan. Jika tidak profesional, bahkan typo atau salah grammar, maka Anda patut curiga.

Pasalnya, pada saat oknum pelaku mengatasnamakan perusahaan atau bank tertentu, seharusnya bahasa yang digunakan profesional layaknya sebuah institusi. Namun jika terlihat rancu dengan bahasa yang kacau, maka bisa jadi ini merupakan tindakan penipuan.

7. Alamat Email atau Nomor Telepon Tidak Resmi

Penipuan lewat wa, email, atau telepon dari luar negeri patut Anda curigai jika berasal dari nomor telepon atau alamat email yang tidak resmi. Dalam hal ini, pelaku memberikan alamat email atau nomor telepon yang tidak meyakinkan.

Padahal, sebagai perusahaan profesional yang hendak mengirimkan hadiah atau menjalin kerja sama, tentunya email dan nomor telepon yang digunakan haruslah resmi. Bukan email perorangan, apalagi dengan domain yang tidak jelas.

jasa pengiriman barang internasional termurah

8. Meminta Data Pribadi yang Tidak Perlu

Anda patut curiga terjadi penipuan paket luar negeri ketika pelaku meminta data pribadi yang tidak perlu dan di luar nalar. Umumnya, data pribadi yang diminta hanyalah sebatas KTP dan alamat email.

Namun jika ia sudah meminta foto KTP, 4 digit nomor kartu debit, bahkan password tertentu, maka sudah bisa dipastikan Anda sedang diincar penipu. Anda perlu meningkatkan kewaspadaan jika terjadi hal-hal tersebut.

9 Mengklaim Punya Perusahaan Importir Pribadi

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri berikutnya adalah pelaku mengaku memiliki perusahaan importir pribadi, tidak lagi mencatut nama perusahaan importir yang sudah dikenal. Tujuannya adalah agar perusahaan importir yang dicatut namanya tidak melapor ke pihak berwajib. Tujuan lainnya adalah untuk mengelabuhi korban agar percaya pada pelaku.

Untuk menghindarinya, Anda perlu mencari tahu mengenai perusahaan importir yang dimaksud. Cek apakah benar perusahaan tersebut ada dan legal. Jangan sampai Anda menjadi korban lantaran tergiur paket pengiriman dari luar negeri.

10. Dilakukan oleh Dua Orang Pelaku

Seperti yang dibahas di poin sebelumnya, penipuan paket luar negeri biasanya dilakukan oleh dua orang pelaku. Pelaku pertama akan mengumpulkan informasi dan data korban lalu mengelabui korban dengan berbagai iming-iming.

Sedangkan pelaku kedua menyamar sebagai kurir yang akan mengirimkan paket, atau bahkan mengaku sebagai pemilik jasa kurir pribadi. Ia akan membuat jasa pengiriman paket tersebut terlihat meyakinkan meskipun sebenarnya tidak aman dan legal.

Bisnis online

Kirim Barang ke Luar Negeri dengan SAP Express

Banyaknya penipuan paket dari luar negeri tentu membuat siapa saja was-was. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan Anda memilih jasa pengiriman luar negeri terpercaya untuk paket Anda. SAP Express merupakan jasa kirim barang ke luar negeri yang aman dan dan terbaik.

SAP Express melayani pengiriman barang ke berbagai negara, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Hongkong, Taiwan, Vietnam, dan Australia. Tidak hanya pengiriman ke luar negeri, SAP Express juga melayani pengiriman barang dari luar negeri. Lantas berapa lama pengiriman paket dari luar negeri melalui SAP Express? Tentunya untuk estimasi biaya pengiriman dari negara mana paket dikirimkan. Untuk informasi lebih lanjut, cek ongkir SAP Express di sini.

Nah, sekarang sudah tahu kan ciri-ciri penipuan paket luar negeri apa saja yang perlu Anda waspadai? Pastikan Anda melakukan transaksi atau jual beli dengan pihak yang terpercaya agar tidak menjadi korban penipuan. Terlebih saat berhubungan dengan pihak luar negeri, Anda perlu lebih waspada ya!

1,466 Comments

  • Antamm 15 Maret 2023

    Saya juga baru saja hampir kena tipu dengan orang filiphin, yg awalnya dia chat di ig lalu minta no wa. Lalu dia bilang dia akan ulang tahun dan akan membelikan saya sebuah iphone. Jujur saja kok ada ya orang royal secepat itu, lalu dia mengirim resinya awalnya saya percaya tapi setelah paketnya sampai saya di minta untuk melakukan pembayaran sebanyak 3 juta di rekening pribadi kurir tersebut. Sungguh tidak masuk akal

  • Widayanti07 15 Maret 2023

    Saya baru sja knal org Vietnam dia bilng tinggal di London…akun Facebook David James .. nomor WhatsApp +234-816-978-3304
    berteman dengan dia bbrp hari dia mau kirim paket… Tp dgn ada artikel ini sya langsung chat dia.. jangan kirimkan barang/hadiah apapun ke saya…saya tidak mau..saya bilang saya tidak punya uang untuk membayar bea cukai…trs dia bertanya berapa uang yang saya punya,saya jawab tidak…dia langsung marah”

  • Novi 14 Maret 2023

    Mbk Aprianti kalo boleh tahu orang nya seperti dari negara mana?
    Soalnya ada yang kirim saya hadiah setelah berkenalan seperti itu di ig dan meminta no wa saya.

  • rizatrisna 14 Maret 2023

    Saya baru saja terjadi penipuan ini dan uang saya udah lenyap 4 juta bagaimana cara melaporkan ini😭 dia memaksa saya karena barang sudah di Indonesia jdi dia mohon mhon untuk membayar bea cukai nya dlu +234 915 925 3994 itu no pelaku nya +234 816 289 2309 ini no delevery nya kemana hrus melaporkan kan ini no rekening bea cukai nya an lastri handayani Account name::LASTRI HANDAYANI
    Account number::528101034314531

    Bank name::BRI🇮🇩

  • Una 13 Maret 2023

    Saya juga baru mengalaminya. saya benar – benar takut dan tidak bisa makan. udah lemes banget. awalnya kenal dari apk. Chatting. Saya ga curiga sama sekali. bahkan kita vc tapi cuma beberapa detik. Terus dia nawarin saya barang- barang gitu. saya udah nolak tapi dia tetap maksa. Jadi saya kasih alamat kantor dan email saya. Eh beberapa hari kemudian muncul deh email kalo paketnya udah di Indonesia tapi saya harus bayar 1juta supaya paketnya sampai. Awalnya saya mau aja TF 1jt. Tapi stlh liat komentar disini saja jadi berpikir lagi. Mana dia blg bakal ke polisi lagi. Sumpah ini saya takut bgt. Pdhl saya gaada minta apapun. Dan tiba” skrg dia malah pura” sedih gitu gara” saya katanya. Dan anehnya yg ngirim email itu gamau ngirim resi paketnya ke saya. Mereka malah maksa buat bayar. Ini saya harus gimana ya? Minta solusinya dong, mau nangis banget. Anehnya yang ngirim email ngaku sebagai kurir itu nyuruh TF ke nmr rek. Pribadi. Dan saya minta nmr hp dan akun resmi pun tdk diberikan. Takut bgt saya sampe skrg. Gabisa makan jdnya lemes.

    • Hijrah Basri 19 Maret 2023

      Saya dapat masalah mulai kemarin.saya dpt kenalan dr polandia.dia menganggap saya katanya teman baik.knlan dr tik tok kemudian ke wha.tiba” dia mau kirimkan saya hadiah.di Poto hadiah sepatu,tas,dan hp.saking senangx saya kirimkan alamat .
      Kemarin dia kirim katanya .tiba-tiba dia kirimkan saya selembar bukti klu Sy hrs bayar 5 juta saya TDK tidur 1 hari 1 Mlm mencari pinjaman klu barang sudah sampai.blm beberapa jam sdh dtng sms di nmr wha Indonesia katax sdh sampai di bea cukai jadi harus di bayar.saya pinjam ke adik buat bayar.setelah saya transfer 5 JT.tiba” ada lagi SMS di wha klu barang saya bermasalah karna ada uang dolar sampai di Vidio itu kotak jadi saya percaya.saya di suruh lagi membayar 25 juta .saya panas dingin sampai demam hari ini karna TDK punya uang.kalau TDK di bayar saya akan di penjara 15 tahun kasus pencucian uang.saya minta resi .tapi TDK ada juga..saya di potokan barang yang ada nama dan alamat yang benar.
      Sampai sekarang saya di tagi terus yang 25 juta itu..boleh di bayar 2 kali katanya .klu sdh lunas baru di antar ke alamat.Apakah ini penipuan atau bagaimana..?saya ketakutan dari kemarin diancam terus.tolong solusinya…

      • Ria 22 Maret 2023

        Sama mba,,saya baru saja mengalami hal sama,,saya diancam kasus pencucian uang apabila tidak membayar uang bea cukai sebesar 20 juta rupiah,,padahal saya udah bayar 7 juta untuk biaya kirim,,mereka memaksa saya untuk membayar,,bagaimana ini? Apakah benar saya akan dilaporkan padahal saya tidak menerima paket tersebut?

  • Aprianti 12 Maret 2023

    Sama Seperti komentar sebelum nya yang saya alami sekarang, kenal di satu aplikasi chatting an lalu dia minta no whatsapp , lalu saya kasih dan disitu kami sering chatingan, pernah sekali vc cuma beberapa detik, ok dari situ gak ada curiga, dia ngaku orang Korea tinggal di cyprus lagi kerja, gak lama kemudian dia bilang kesaya kalo dia memenangkan kontrak kerjaan disana lalu dia mau ngasih saya sebuah hadiah atas doa dan dukungan saya “ucap si pelaku” Sy syok banget baru kenal udah ngasih barang2 mewah terus dia ngirim resi kiriman sama list nama2 barang seprti I-Phone 13 promax sama tas guci dan frada dan lain lain, lalu dia minta alamat dan email sya, bodohnya saya, lalu sy kasih, terus gak, bebrapa hari kemudian dia bilang paket nya akan dikirim dan bayar paket setelah datang di negara saya”Indonesia ” Saya kaget ko bisa dia yg kirim paket saya yg harus bayar, terus dia bilang kalo dia sudah menyimpan uang di dalam paket itu untuk mengurangi biaya pengeluaran saya, dari situ kami debat di WA saya bilang saya gak mau nerima paket itu apa lagi saya harus bayar $533, kalo dirupiahkan 5jt lebih, saya bilang ajah saya gak punya uang sebanyak itu dan saya baru mulai kerja, terus si pelaku ngomong gini kamu bisa pinjam ke temen kamu, saya bilang lagi temen saya juga tidak punya uang sebanyak itu, dari kejadian itu saya chat dia terus, isi chat saya penipu penipu kamu penipu kedia, 2 hari saya cek resi itu ok bener masuk ada katanya lagi di SORTING, dan saya chat ke email yg tertera diresi itu chat email saya tidak masuk dan email nya tuh tidak ada gituh, saya ketakutan banget awal nya takut benr2 datang kerumah tuh paket dan saya harus bayar 5 jt, 2 hari saya nggak bisa makan enak dan tidur tenang, takut barang yg dikrim berupa kejahatan, uadh lemes gemeteran ya gak henti2 nya berdoa, tapi setelah lihat komentar disini yg pada ngalamin, ternyata paket nya benr2 gak datang kan cuma ditelpon si penipu suruh transfer.. Agak tennag, dari kejadian ini gak mau lagi kenal kenal lewat sosmed, jadikan pelajaran banget ini

    • Husnul Ayu 14 Maret 2023

      Dan apakah dia bilang kalo GK dibayar paketnya tidak akan datang
      Dan dia juga bilang tolong jgn kecewakan saya jika pket itu tidak kamu bayar brrti sia2 dia menaruh uang 3000 dolar hanya krna 5 jt

  • Saadah 12 Maret 2023

    Saya juga barusa sama kenalan di fb orangnya ramah dia minta no WA saya kasih.. Stelah brapa minggu kenalan dia ngomong mau serius dengan saya lalu dia krimi saya hadiah tas, jam tangan, cincin berlian serta uang 50juta bahkan dia kirimkan resi pengiriman nya.. Barusan dia kirimi apa ini juga penipuan yah.. Apa yg harus saya lakukan

    • Nuy 13 Maret 2023

      saya juga ngalamin, disuruh tf 3,5 juta. untungnya saya baca2 dulu di google. trnyata kasus sama. awal kenal dari ig trs minta nmr wa
      trs ktnya ultah mau kirim2 barang dan uang. saya bilang aja penipuan

  • Aida 12 Maret 2023

    Saya juga barusa sama kenalan di fb orangnya ramah dia minta no WA saya kasih.. Stelah brapa minggu kenalan dia ngomong mau serius dengan saya lalu dia krimi saya hadiah tas, jam tangan, cincin berlian serta uang 50juta bahkan dia kirimkan resi pengiriman nya.. Barusan dia kirimi apa ini juga penipuan yah.. Apa yg harus saya lakukan

  • Natrisa (disamarkan) 12 Maret 2023

    Saya juga, lg saya alami. Berawal kenalan di IG . Ya saya pikir sudah hal biasa berkenalan dengan orang asing melalui media sosial. Trus lanjut ke WA , herannya WA Bussines. Tapi yaudahlah, karna jaman skrg cowo² emg pake WA Bussiness. Trus yaudah chat biasa, tp disini tuh pepet terus ibaratnya. Hal romantis gitulaah. Jujur sempet kemakan rayuannya. Dia ngaku orang thailand kerja di UK kode telepon nya +7 saya cek memang bener kode negara UK. Trus sama kayak mba diatas, berkedok ibunya ulang tahun trus mau kirim hadiah. Mana hadiahnya banyak bgt, iphone, perhiasan, uang dollar dll dalam 1 koper. Logika saya masih berfungsi. Ngapain baru kenal berapa hari udh pede mau kirim barang sebanyak itu. Trus saya ikutin aja permainannya. Saya iyakan saja semua yg dia katakan. Ibaratnya saya termakan omongan dia. Trus yg bikin curiga pas vcall tuh bener mukanya dia. Tp saya curiga giliran saya yg vcall dia gk angkat. Tp dia yg vcall. Jadi saya berfikir ‘oh dia sedang mempersiapkan video untuk seakan² bener orang tsb yg vcall” . Soalnya kualitas gambarnya berbeda, ngerti gk si kalo vcall sm video dengan vcall yg kameranya kurang bagus. Keliatan bedanya. Dr situ lah saya curiga. Dia sempet nelpon juga nangis² karna gabisa bayar by pengirimannya. Trus saya bilang, kenapa gk pakai uang yg mau dikirimkan ke saya. Pokoknya banyak alasan deh. Untung logika saya masih berjalan dan berfungsi. Sampai akhirnya bener tuh ada yg WA mengatasnamakan expedisi Fed*x tp pakai no. Hp biasa. Penulisannya pun banyak typo, entah dia menggunakan bahasa melayu atau apa. Trus saya cek deh pakai getcon*ac* , bener dong ada yg save “scammer” yaudah dr situ sy blokir semua akun mereka² itu. Dr WA sampai Instagram nya.
    Buat para korban yg telah sampai mentransfer uang, tolong bersabar yaa. Sekoga digantikan dengan yg lebih baik.
    Dan untuk yg sedang mengalaminya, semoga pikiran kalian dibukakan dengan logika. Gunakan logika kalian sebaik mungkin. Tidak ada yg benar² langsung berani mengirimkan barang sebanyak dan semahal itu ke orang asing. Be Smart gais 🥰

    • Ria 22 Maret 2023

      Aku juga baru saja mengalami nya,,aku berkenalan dengan pria bernama mohamed hafiz dengan nomor hp +44 di tiktok dan dia DM aku minta no WA,,saya kasi no wa dan mulai instens chat,,dia mengaku orang malaysia kerja di London,,tibalah saat nya dia bilang ibunya ulang tahun dan dia akan memberikan hadiah untuk ibunya sekalian membelikan untuk ku juga,,dia videoin barang yang dia beli untukku,,perhiasan,tas mewah,jam tangan mewah,hp iphone dan uang 20 ribu dollar,,dia minta alamatku untuk mengirimkan barang tsb,,aku kasi alamatku dan dia vidioin dia mengirim barang tsb ke kantor pos,,aku masih tidak menaruh curiga,,pada akhirnya dia bilang barang sudah sampai dalam waktu 14 jam dan benar saja ada kurir yang mengaku akan mengantar barang ku dan meminta uang sejumlah 7 juta rupiah untuk biaya kirim barang tsb,,aku masih tidak curiga dan aku mencari pinjaman karena aku tidak ada uang,dia mendesak agar segera di transfer sebelum jam 12 siang,,saya transfer dana itu sebesar 7 juta rupiah,,tidak lama setelah itu kurir katakan barang ditahan pihak bea cukai karena ada uang dollar didalamnya dan aku diancam kasus pencucian uang,,mereka mau membantu tidak memproses secara hukum dan akan melepas paketku kepada pihak kurir tetapi aku harus mentransfer lagi dana sebesar 20 juta ke nomor rekening pribadi oknum penipu yang mengaku dari pihak bea cukai,,disaat itu aku merasa aneh kenapa harus di transfer ke rekening pribadi bukan rekening negara,,aku dipaksa untuk transfer segera,,aku beralasan cari pinjaman dulu dan tidak mau mentransfer yang 20 juta,,sampai keesokan harinya aku masih dihubungi oleh pihak kurir untuk segera membayar ke pihak bea cukai kalau tidak mau di penjara karena kasus pencucian uang,,aku malah mengatakan malah kalian yang akan di penjara karena kalian sudah menerima uangku 7 juta tetapi paket tidak kalian kirimkan,,dia malah mengancam bahwa aku hari ini akan di jemput pihak bea cukai untuk diproses secara hukum karena uang dollar tadi,,aku harus bagaimana?? Apakah benar aku akan di laporkan? sementara aku tidak menerima dana tsb,,bahkan uang ku yang sudah di ambil oleh mereka sebesar 7 juta rupiah 🥺 ada yang bisa kasi pencerahan disini

  • Anisa 11 Maret 2023

    Barusan banget aku hampir kena tipu ngakunya kenalan lewat ig ngakunya org Korea besar dan kerja di London, katanya dia mau kirim barang perhiasan dan uang, katanya setelah paketnya sampai aku di suruh bayar 2jt dan dia menaruh uang juga di dalam paket, aku mikirnya kok org segampang itu kirim barang dan uang padahal belom pernah ketemu, aku mulai curiga dan aku baca2 di google buat cari tau ini penipuan atau bukan
    Dan ternyata benar ini semua penipuan
    Untung nya aku cek Google dulu sebelum ketipu, abis itu aku langsung wa org nya aku bilang dia penipu trus aku blok wa dan ig nya

    • Nuy 13 Maret 2023

      setelah di block dia mencoba menghubungi dengan nomor lain atau tidak?

  • Tri k 11 Maret 2023

    Saya juga baru mengalami kejadian hari ini .orangnya bilang asalnya dari Malaysia trus kerjanya di Inggris.katanya kirim saya paket saya di minta bayar 2juta sama kurirnya katanya udah sampai di Indonesia saya bilang GX ada uang minta transfer 1juta dl sisanya bisa d bayar barang waktu di antar terus setelah saya transfer katanya bosnya GX kasih ijin harus bayar 2juta. Setelah saya bayar 2juta.katanya mau cek .trus mereka bilang katanya kena bea cukai waktu d geledah karena di dalamnya ada uang dolar.saya bilang saja tolong d bayarin dulu nanti bisa ambil dari uang yang di kirim ke saya.saya berdebat lama sampai diakatanya bilang iya.saya wa teman saya yg ngirim barang saya d suruh bayar tapi saya gak bayar.mau saya coba tunggu apakah barangnya d kirim.mereka kirim no rek. bank jago karena saya udah terlanjur bayar 2jt saya akan tunggu apakah akan di kirim.karena teman saya bilang dia pindah ke turki

  • Eka Agustina 10 Maret 2023

    Saya juga baru saja kena tipu, dengan modus kenal di Ig terus mnta no wa, terus dengan rayuan nya saya mau diberikan Hadian barang branded, sampai ada vedio dan resi pengiriman tapi sampai situ saya tidak percaya lagi karna saya di suruh tf uang beacukai sebesar 5 juta, dia terus memaksa saya untuk bayar agar paketnya bisa sampai kerumah saya dan ad sejumlah uang dollar katanya di paket tsb, kenapa kata saya tidak langsung saja uangnya, sampai saat ini masih itu mnta krim uang beacukai

  • Dewi wulansari 10 Maret 2023

    Setelah diancam akan dilaporkan ke polisi dengan tuduhan pencucian uang karena ada dollar di paket, jika tidak mau membayar, apa yg kalian lakukan gaes? Biarkan saja yaa, mungkin itu cuman gertakan kah?

  • De 10 Maret 2023

    Namanya si hafiz aroon ada yg ngalamin juga orang yg sama ngaku orang thailand dan tinggal di london mau ngasih hadiah terus minta alamat

    • luks 15 Maret 2023

      Sama aku juga lagi di wa sama orang itu…. ih bahaya sekali ya, makasih lo kak

  • Aulya Mifta 9 Maret 2023

    Sama banget sama kasus saya. Saya dihubungi pertama kali lewat IG, lalu lama-lama dia minta nomor HP. Saya bilang nomor HP saya terlalu banyak buat bisnis jadi saya kasih Line. Dia bilang kalau dia orang Singapore yang bekerja di Belanda. Setelah itu selama seminggu dia PDKT dan suka memuji-muji saya dengan rayuannya, yang mana itu bikin saya risih karena terkesan berlebihan, padahal baru kenal. Saya ga ada curiga penipuan sama sekali, saya pikir dia cuma orang yang sedang nyari teman. Chatnya tetap saya balas ala kadarnya sekedar untuk menghormatinya karena dia jauh lebih tua. Oh iya dia mengaku sudah memiliki 1 anak dan bercerai dengan istrinya. Setelah sekitar 1 minggu komunikasi, dia bilang kalau anaknya ulang tahun dan dia seneng banget karena habis shopping untuk hadiah anaknya. Dia juga bilang kalau dia membeli hadiah untuk saya juga. Dia minta saya mengirim nama, nomor hp, alamat dan alamat email. Akhirnya saya beri nomor hp yang tidak saya pakai dan alamat kantor saya. Setelah saya kasih alamat dll, dia baru bilang kalau dia kirim iphone, laptop, jam tangan , perhiasan dan amplop berisi $40.000. Dia juga bilang buat minta saya mendonasikan 10% ke panti asuhan. Awalnya saya tidak berfikir sama sekali kalau itu penipuan, tapi saya terheran-heran kenapa ada orang sebaik ini yang tiba-tiba mengirim saya segala macam barang yang kalau di total bisa bernilai lebih dari 1 M, padahal kita juga belum lama saling kenal. Lalu dia bilang kalau ketika barang sudah sampai Indonesia, saya akan dihubungi perusahaan logistik dan akan ada tagihan bea cuka yang harus dibayar penerima, sekitar $900 (Rp14jt). Kemudian sekitar jam 10 malam dia bilang kalau sudah mengirim barangnya ke Indonesia. Awalnya saya sempat percaya dan hampir mau merelakan kalau nanti harus bayar 14 juta. Tapi tepat keesokan harinya, sekitar jam 7 pagi, saya dihubungi perusahaan logistik yang bilang kalau parcel saya sudah sampai di Indonesia. Disitulah saya mulai curiga karena nomornya pribadi, meskipun dia akun bisnis. Terlebih paketnya sampai sangat cepat, tidak sampai 10 jam. Padahal penerbangan tercepat dari Belanda ke Indonesia adalah 17 jam. Disitulah saya yakin kalau itu penipuan. Saya coba cari bukti-bukti lain. Saya juga coba lihat tracking barang kiriman di web bea cukai ternyata tidak ada. Bahasa pihak logistik memang formal dan rapih, dia minta saya bayar 14juta ke nomor rekening yang dia kirim. Tapi nama akun banknya adalah akun pribadi, bukan akun logistik ataupun akun bea cukai. Saya juga minta legal/official invoice resmi dari bea cukai untuk pembayaran clearance, tapi yang dia kirim hanya tabel sederhana yang sama sekali tidak resmi. Kepada si oknum yang mengirim barang, saya coba minta dia untuk bayar dulu tagihan bea cukai sebesar 14juta, setelah itu akan saya kembalikan. Tapi dia beralasan sudah tidak ada uang sebesar itu. Benar-benar penipuan. Setelah itu dia ataupun pihak logistik tidak membalas lagi. Alhamdulillah saya tidak sampai mentransfer uang yang dia minta.

    • Aulya Mifta 9 Maret 2023

      Terima kasih sekali pada web ini yang sudah membantu saya untuk menyadarkan saya bahwa itu adalah penipuan.

      • Angel 12 Maret 2023

        Saya juga mengalami kejadian yg hampir Sama, kenalan Di fb dia bilang mau kasih surprise Dan ud kirim paket isinya barang berharga, bisa Minta Saran apakah saat kurir pengiriman datang atau menghubungi, apa lebih baik langsung ditolak saja yah

    • Fifi 17 Maret 2023

      Inti ny teman2 jangn mentransfer duluan klo org itu mnta transfer dg alasan pembayaran ini itu, ia bohong itu penipuan, logika mn ada org yg baru kenal udh mo kirim brang2 berhrga trs kita d mnta byar bea cukai, klo pun d sruh byar kita hrus k kntor negara bukn lwat transfer pribadi aplgi nm Bank ny bank jago itu smua penipuan, temn2 jngn percya itu, org itu cm gertak, gpp klo kita SDH terlanjur kasi almat,.blas gertak lg, blokir smua akun penipu

  • Kusuma Dewi 9 Maret 2023

    Saya juga baru saja ketipu dalam jumlah besar. Bermula kenalan di ig. Sepertinya itu akun palsu dengan foto seorang pilot Jetbus Airbus yang tinggal di London dan berasal dari Singapura dengan menggunakan foto-foto pilot yang good looking entah milik siapa. Dia pandai merayu dan benar ternyata penipu ini sdh mengantingi identitas saya dari postingan saya selama ini. Dengan rayuan maut dan berkedok cinta dia mengirim barang2 mewah dan sejumlah uang yang dimasukkan ke dalam pket tsb. Kemudian ada kurir yg menghubungi saya dan mengatakan pketnya tak bisa diantar karena ada sejumlah uang dalam bentuk dollar dan harus ditukar ke rupiah bla bla bla akhirnya dia meminta sejumlah uang berkali-kali dan pket tak pernah datang. Astagfirulloh terasa mendidih kepala ini

  • Nur Halimah 9 Maret 2023

    Sama saya juga bru nih kejadian, saya kenal dri Ig dia orng Thailand tinggal di jerman tpi kode hp nya +66, dia kata nya mengirim barang untuk saya, dan setelah kta nya paket saya sudah sampai di Indonesia, saya harus melakukan pembayaran sebesar 5 juta seharusnya kan klo dia mau ngirimin paket pasti dia yg bayar dulu dong ke jasa pengiriman, bodoh nya saya, saya tidak minta cek resi atau apa gitu, trus di dlm nya ada dollar kta petugas, kta nya sih cwo yg kenal saya dri Ig itu pas ngirimin paket dia gk bilang sma petugas nya klo ada sejumlah dollar, trus pihak perusahaan IBC itu menghubungi saya nah pihak perusahaan itu kode hp nya sma +66 juga dia bilang saya segera untuk melakukan pembayaran sebesar 7 juta, trus dia nelponin saya trus untuk segera pembayaran, klo saya tidak bayar yg 7 juta itu saya akan di laporkan ke polisi, apa yg harus saya lakukan. Tpi sih cowok , oh iya mau tanya satu lagi klo dari luar negri bisa TF ke Indonesia gk sih

  • Sr4 8 Maret 2023

    Aku juga baru² ngalamin hal² seperti kalian katanya dia orang Korea kerja di u.k selain memperkenalkan dirinya dia juga memperkenalkan keluarganya yang dikorea,
    Dia Ngechat aku di Ig lalu aku respon dong kemudian dia meminta wa aku dan akupun ngasih,setelah itu kita lanjut chat di wa tpi aku ragu kalau itu memang dia soalnya fotonya bagus² dan seperti aktor² Korea tpi aku tidak percaya klau itu adalah foto dia,nah timbullah inisiatifku buat vc dia awalnya dia tolak terus alasannya sibuk krja dan takut ketahuan bossnya karena bisa² dia di pecat terus aku berhenti untuk vc dia tidak lama kemudian dia vc balik dan langsung liat orangnya sama kok, setelah beberapa hari dia kemudian ingin memberi kejutan kepadaku terus aku nolak dan dianya marah tapi aku nolak terus yah alasannya takut di tipu itu aja sih pikiranku terus dia maksa mau ngirimin kejutannya,terus aku coba tnya deh kejutan seperti apa yg ingin kamu berikan, lalu dia jawab sesuatu seperti phone,pakaian,tas,perhiasan,sepatu dll tapi saya ttp menolak dan dia marah kmudian dia meminta untuk tidak mengganggunya lagi,
    Apakah itu juga penipuan???
    Sya curiga dan takut juga untung sya tidak mengirim alamat apapun

  • Dewi Erna Thomas 8 Maret 2023

    Sepertinya harus korban ada yg melapor polisi nih soalnya sdh byk korban nya…
    Semoga tertangkap pelakunya.

  • Dewi Erna Thomas 8 Maret 2023

    Sepertinya haris ada ygvlapor pokisi nih soalnya sdh byk korban nya…
    Biar gak ada lagi korban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *