Logistik

Waspada, Begini Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri yang Perlu Anda Tahu!

penipuan paket luar negeri

Membeli paket dari luar negeri saat ini bukanlah perkara sulit. Anda bisa membeli barang dari negara manapun yang Anda mau. Hanya melalui smartphone, Anda bisa mendapatkan berbagai paket luar negeri. Namun hati-hati, ciri-ciri penipuan paket luar negeri perlu Anda waspadai supaya tidak tertipu.

Pasalnya, saat ini banyak oknum nakal yang memanfaatkan mudahnya jual beli online luar negeri dengan cara menipu. Perlu Anda ketahui bahwa pengiriman paket dari luar negeri membutuhkan biaya bea cukai serta biaya lainnya yang disebut clearance. 

Nah, oknum penipu memanfaatkan hal ini untuk meminta pembeli melakukan pembayaran biaya clearance terlebih dahulu, padahal barang tidak dikirim. Selain itu, oknum juga tidak jarang menggunakan kurir palsu untuk memanipulasi kondisi bahwa barang sedang dikirim, padahal tidak.

Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri

Untuk meminimalisir terjadinya penipuan orang luar negeri yang merugikan, Anda perlu tahu ciri-ciri penipuan paket luar negeri sebagai berikut:

1. Pendekatan Melalui Media Sosial

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri yang pertama umumnya dilakukan melalui media sosial. Pelaku akan berkenalan dengan korban melalui media sosial, kemudian mengaku sebagai penjual produk dari luar negeri, atau bahkan akan mengirimkan hadiah dari luar negeri.

Dalam hal ini, pelaku sudah mengincar korban terlebih dahulu dengan mengantongi data diri korban. Pelaku tahu nama lengkap korban, nomor telepon, alamat email, hingga alamat usahanya sehingga tampak meyakinkan.

Pelaku terkadang juga menyamar sebagai rekan bisnis yang mengajak bekerja sama dengan iming-iming menarik. Oleh karena itu, Anda perlu waspada jika ada orang tak dikenal tiba-tiba mengajak interaksi via media sosial, terlebih jika Anda tidak terlalu aktif bermedia sosial.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Kirim Paket ke Luar Negeri, Gampang!

2. Menggunakan Kurir Palsu

Pelaku terdiri dari minimal 2 orang, satu orang sebagai orang yang mengajak berkenalan secara personal (modus). Orang ini mengumpulkan data dan informasi mengenai korban, menghubungi, dan kemudian merayu korban.

Selanjutnya, orang kedua berlaku sebagai kurir palsu yang mengirimkan barang. Setelah korban tahu barang dari luar negeri akan dikirim, maka kurir palsu akan ditunjuk, seolah-olah sedang mengirimkan barang kepada korban.

3. Menggunakan Resi Palsu

Tak hanya kurir palsu, ciri-ciri penipuan paket luar negeri juga menggunakan resi palsu. Pelaku akan membuat resi palsu dan mengirimkan pada korban. Korban akan percaya karena resi yang dibuat benar-benar mirip dengan aslinya.

Oleh karena itu, ketika Anda mendapatkan resi pengiriman barang, segera cek resi tersebut apakah asli atau palsu. Pastikan juga perusahaan pengiriman barang tersebut benar-benar ada dan terpercaya.

4. Meminta Biaya Clearance

Selanjutnya, ciri-ciri penipuan pengiriman barang dari luar negeri berikutnya adalah adanya permintaan pembayaran clearance. Pelaku beralasan bahwa barang telah dikirimkan ke Indonesia, namun kurir tidak bisa bergerak karena biaya clearance belum dibayar. 

Pelaku kemudian meminta korban untuk membayar sejumlah biaya melalui transfer ke rekening atau akun pelaku. Biasanya nominal biaya yang diminta cukup besar, terlebih jika modus tersebut adalah memberi hadiah. Anda dipaksa untuk membayar sejumlah uang terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Kirim Paket COD Tanpa Marketplace, SAP Express Solusinya

5. Pelaku Menghilang

Nah, setelah korban melakukan transfer biaya clearance, kemudian pelaku akan menghilang. Korban tidak bisa berkutik karena kesulitan melakukan verifikasi baik dengan pihak bank maupun kurir. 

Karena adanya perbedaan negara, maka proses verifikasi bank akan dilakukan dalam waktu yang lama. Namun pada saat ini, uang korban sudah diambil oleh pelaku dan barang tidak sampai ke tangan korban.

6. Penggunaan Bahasa yang Tidak Profesional

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri berikutnya adalah penggunaan bahasa yang tidak profesional dari pelaku. Ketika pelaku mengirimkan pesan melalui media sosial atau email, amati bahasa yang digunakan. Jika tidak profesional, bahkan typo atau salah grammar, maka Anda patut curiga.

Pasalnya, pada saat oknum pelaku mengatasnamakan perusahaan atau bank tertentu, seharusnya bahasa yang digunakan profesional layaknya sebuah institusi. Namun jika terlihat rancu dengan bahasa yang kacau, maka bisa jadi ini merupakan tindakan penipuan.

7. Alamat Email atau Nomor Telepon Tidak Resmi

Penipuan lewat wa, email, atau telepon dari luar negeri patut Anda curigai jika berasal dari nomor telepon atau alamat email yang tidak resmi. Dalam hal ini, pelaku memberikan alamat email atau nomor telepon yang tidak meyakinkan.

Padahal, sebagai perusahaan profesional yang hendak mengirimkan hadiah atau menjalin kerja sama, tentunya email dan nomor telepon yang digunakan haruslah resmi. Bukan email perorangan, apalagi dengan domain yang tidak jelas.

jasa pengiriman barang internasional termurah

8. Meminta Data Pribadi yang Tidak Perlu

Anda patut curiga terjadi penipuan paket luar negeri ketika pelaku meminta data pribadi yang tidak perlu dan di luar nalar. Umumnya, data pribadi yang diminta hanyalah sebatas KTP dan alamat email.

Namun jika ia sudah meminta foto KTP, 4 digit nomor kartu debit, bahkan password tertentu, maka sudah bisa dipastikan Anda sedang diincar penipu. Anda perlu meningkatkan kewaspadaan jika terjadi hal-hal tersebut.

9 Mengklaim Punya Perusahaan Importir Pribadi

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri berikutnya adalah pelaku mengaku memiliki perusahaan importir pribadi, tidak lagi mencatut nama perusahaan importir yang sudah dikenal. Tujuannya adalah agar perusahaan importir yang dicatut namanya tidak melapor ke pihak berwajib. Tujuan lainnya adalah untuk mengelabuhi korban agar percaya pada pelaku.

Untuk menghindarinya, Anda perlu mencari tahu mengenai perusahaan importir yang dimaksud. Cek apakah benar perusahaan tersebut ada dan legal. Jangan sampai Anda menjadi korban lantaran tergiur paket pengiriman dari luar negeri.

10. Dilakukan oleh Dua Orang Pelaku

Seperti yang dibahas di poin sebelumnya, penipuan paket luar negeri biasanya dilakukan oleh dua orang pelaku. Pelaku pertama akan mengumpulkan informasi dan data korban lalu mengelabui korban dengan berbagai iming-iming.

Sedangkan pelaku kedua menyamar sebagai kurir yang akan mengirimkan paket, atau bahkan mengaku sebagai pemilik jasa kurir pribadi. Ia akan membuat jasa pengiriman paket tersebut terlihat meyakinkan meskipun sebenarnya tidak aman dan legal.

Bisnis online

Kirim Barang ke Luar Negeri dengan SAP Express

Banyaknya penipuan paket dari luar negeri tentu membuat siapa saja was-was. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan Anda memilih jasa pengiriman luar negeri terpercaya untuk paket Anda. SAP Express merupakan jasa kirim barang ke luar negeri yang aman dan dan terbaik.

SAP Express melayani pengiriman barang ke berbagai negara, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Hongkong, Taiwan, Vietnam, dan Australia. Tidak hanya pengiriman ke luar negeri, SAP Express juga melayani pengiriman barang dari luar negeri. Lantas berapa lama pengiriman paket dari luar negeri melalui SAP Express? Tentunya untuk estimasi biaya pengiriman dari negara mana paket dikirimkan. Untuk informasi lebih lanjut, cek ongkir SAP Express di sini.

Nah, sekarang sudah tahu kan ciri-ciri penipuan paket luar negeri apa saja yang perlu Anda waspadai? Pastikan Anda melakukan transaksi atau jual beli dengan pihak yang terpercaya agar tidak menjadi korban penipuan. Terlebih saat berhubungan dengan pihak luar negeri, Anda perlu lebih waspada ya!

1,466 Comments

  • indry setiawati 1 April 2023

    tadi saya hampir kena tipu, untung nya saya tidak melakukan transfer uang sebanyak 7jt untuk menebus paket dari orang luar tsb. ada yang chat saya melalui WhatsApp dgn nomor Indonesia, dan dia mengaku sebagai kurir paket dari perusahaan tacelogistics, saya di suruh cepat² bayar uang PPN nya jika tdk sy akan kena denda dan di masukan ke dalam penjara. dan ketika saya meminta resi paket, resi paket tersebut tdk terdaftar di bea cukai Indonesia, bahkan no req nya atas nama pribadi, apakah ini scammer?

    • SITHA 11 April 2023

      kak, cara tau no resinya tdk terdaftar di indonesia. bagaimana ya?
      karena paketnya sdh tiba di indonesia dan tertahan.
      plis pencerahannya kak. saya udh ketipu 6juta dengan trs no rek pribadi

  • Ianatul Lutfa 1 April 2023

    Yaallah, saya juga barusan kena tipu di DM igku ngakunya juga orang Singapura tapi tinggal di London katanya duda anak 2, kasusnya seperti semua yang sudah berkomentar, dimana si duda itu ingin mengirim hadiah ke saya dengan barang2 mewah kemudian hari ini saya disuruh bayar pajak untuk pengiriman ke rumah
    Saya takut semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, semoga tidak ada penipuan lagi yang berkedok pengiriman paket dari luar negeri.

    Tolong di ingat dan waspada nama Ig nya : kankara02499

  • Yani 1 April 2023

    Aku baru seminggu kenal yang namanya Wang chun di Ig dia merayu dan setelah seminggu dia chat dia mu ngirim hadiah dia memaksa untuk mengambil hadianya,tapi harus mentransfer 15 jt bodoh nya terlalu percaya sama orang yg tulus eh malah kena tipu dan kurir nya tidak mengirimkan paket ke saya karena di dalam paket isi uang karena di scan oleh pihak bea cukai isi uang banyak dan saya di suruh nyari surat antiteroris kalau tidak membayar 45 JT asli ini saya kena tipu buat teman2 atau masyarakat tolong hati 2 yang nama Ig nya Wang Chung

    • Antari 5 April 2023

      Kak Yani, mohon info nya….apakah kakak membayar sertifikat anti teroris itu ? Aku juga kena masalah seperti itu. Aku gak mungkin membayar segitu, uang darimana…..apakah kak Yani membayarnya ? apa yang terjadi klo kita gak bayar sertifikat itu kak ? Mohon info nya kak….:(

    • Nuni 11 April 2023

      Lalu bagaimanna ka, saya sedang mengalami itu, kurir minta 15jt tp tidak saya kasih

  • Iren 1 April 2023

    Saya mendapatkan ancaman , jika tidak mengirimkan uang barang dan paket ini dikirimkan kenegara lain……

  • Iren 1 April 2023

    Uang dituju adalah bank bernama JAGO bank….apakah itu ada..?Apakah kasus ini bisa diadukan…?

  • Iren 1 April 2023

    Terimakasih saya bisa berbagi pengalaman, saya berkenalan dengan seseorang dari luar negri,sopan dan bisa berkomunikasi dengan baik, dia berkata akan membelikan saya beberapa barang dan akan dikirimkan ke saya, saya tidak meminta.Kemarinbdikirimkan dan hari ini Sabtu pagi bagian pengiriman barang menyatakan kiriman saya sudah ada dibandara, dan harus melakukan pembayaran…didesak ,sampai saat ini saya bingung harus bagaimana…

  • Sitidian 31 Maret 2023

    Sama seperti saya barunsaja saya alami.. Kenal dari facebook lalu minta no whatsaap
    Lanjutlah chat di watshap
    Dia mau ngasih sya uang 700 juta
    Sangat impossible kan
    Lalu dia mengatakan uang itu akan tiba pagi nya ..pagi ini ada nomor yg wa saya bahwa paket sudah sampai di jkt dan harus bayar pajak 5 juta
    Ini sya udh curiga banget
    Saya minta resi malah marah2 🤣
    So hati2 yaa teman
    Ini nama fb nya sajjad arts 👌

  • Fitria 31 Maret 2023

    Aku juga nih. Kena baru aj. Kenalan di IG terus DM n nanya nomer WA. Orang Korea n Kerja di Washington DC, kita chat doank ga pnh Video call. Katany dia mau ngasih aku baju dll n di dlmny ad uang 50.000 dollar. Barang dibeli Rabu n jumat pagi sampe. Cuma harus bayar dulu biaya masuk ny. Tapi kenapa transfer nya ke nama pribadi ya, bang jago juga dengan minta bayaran 15 juta. Mnrt kalian itu penipuan ga sih. Akun IG nya nedyong

  • dwi sunarsih 31 Maret 2023

    pokoknya hati2 saja buat kakak2ku dengan akun yg mengatas namakan andrew mark,ngakunya dr singapura tp tinggal diparis,bilngnya krja jd insinyur perminyakan

  • dwi sunarsih 31 Maret 2023

    saya jg kk baru kemarin di wa katanya sdh di belikan baju cincin tas sepatu jg dikirim i sejumlah uang,,ini sdh proses d kantor pos,,,untungnya saya hari ini tau dr kakak2 semua,,trima kasih infonya kak

  • Nisa Julianti 29 Maret 2023

    WE HEREBY NOTIFY YOU THAT YOUR PACKAGE 📦 SENT FROM (England) BY( Muhammad Ibrahim ) HAS ALREADY ARRIVED HERE in
    INTERNATIONAL AIRPORT) Indonesia 🇮🇩

    YOU ARE REQUIRED TO PAY THE SUB TRANSIT /CUSTOM AND LOCAL CHARGES OF (500 USD dollar ) TO ENABLE t US DELIVER THE PACKAGE 📦 TO Be Your resiental

    DO THE REQUEST FOR THE BANK ACCOUNT DETAILS FOR THE PAYMENT WHEN YOU ARE READY TO MAKE YOUR PAYMENT.

    ✈️ COOPERATE GLOBAL EXPRESS company

    Ini chat ingat nama di atas dengan IG Ibrahim hati2 teman2

  • Nisa Julianti 29 Maret 2023

    Saya juga udah mengrim alamat sama email saya gimana dong…masa minta bayaran sebesar 500 dolar..saya tidak percaya lalu saya cari2 info pembayaran pajak ternyata tidak semahal itu…tolong di IG mereka bayak menipu.

    • Devi 6 April 2023

      Bantuanny donk kak, aq order barg murh bnget trnyata dri luar negeri lalu sya dimnta byar asuransi masak sampek 30 jt kak krn ad macam² byarny krn sesuai hukum kira² benar ap g y kak.. mhon bantuanny

  • Mega 28 Maret 2023

    Saya juga mau dikirim uang dari intagram yang bernama andrew_mark_9000 ujung2nya mau dimintain duit dulu buat biaya pajak wkwkkw lawak , untung Allah masih melindungi saya

  • Melisa 28 Maret 2023

    Buat teman teman yang sudah terlanjur ngirim alamat tidak perlu khawatir jika ada yang wa atau email laporkan saja kemudian blok wanya emailnya seting biar masuk ke spam jangan sekali kali transfer dana kemereka saya dari awal memang sudah tau kalo si bule itu penipu dari kode telponnya karena saya langsung searching begitu dia wa saya.

  • Melisa 28 Maret 2023

    Saya baru alami kejadian beberapa minggu lalu ada yang dm terus minta kenalan kemudian minta no wa kemudian saya kasih no wa saya dan lanjut chat di wa 2hari kemudian ngajak pacaran terus nanya ukuran cincin.sebenarnya saya sudah curiga cuman saya ladeni saja pengen tau lanjut cerita saya tidak lansung kasih ukuran cicin saya dengan alasan saya tidak tau ukurannya da malas ngukur nah si bule ini terus maksa karena mau belanja buat beli cicin, tas iphone sepatu dan banyak lagi jujur saya langsung ketawa. Setelah 3minggu akhirnya saya kasih ukuran cicin saya dan malam harinya dia ngirim poto dan video yang menggiurkan kaum wanita ada tas , sepatu, iphone barang barang berharga kemudian minta alamat dan saya tidak kasih alamat. Tepat hari senin kemaren tgl 27 pagi ada yang wa paket sudah sampai di indonesia dan harus bayar 5juta biaya pajak saya langsung blok wanya kemudian saya bilang ke si bule ada yang wa paket sudah sampe di indo dan suruh bayar 5juta kemudian saya bilang lagi kamu mau memeras saya dan mau nipu ya dia gak balas wa tapi langsung block wa saya.

  • BuBu 28 Maret 2023

    Lucu bgt ya sy jg sering bgt didm ig sma org luar gpernah sy respon, gtau knp dngn nma ig hakeem abdul ini sya percaya dan sy dklabui jg dngn cr cr dia berkomonikasi sllu bw bw nama allah.
    Hakeem abdul ini profesinya ajudan pilot di london aslinya dia org malaysia sttusnya duda anak 1
    Dann ceeritanya pun sma kek kk kk yg lainnya yg pda komen disini .
    Beruntunglahh kita kita msh dilindungi ga smpai tersesat jauh dngn tipu daya mreka,
    Sya barusan bgt mncari menggali informasi usut demi usut soalny sy orgny kepoan jdi pngen tau smuanya.
    Udh dpt smua usutnya sdh dicapture jga eh ktmulah dngn komenan komenan kalian smua ini tambahlah buktii buat percaya klo itu cuman manipulasi dia . Untung nya sy ga smpaii rugi bnyk cuman rugii nyri nyri artikel aja smpaii larut malam . Karna besok ketentuan paket hadiah yg mau dikirim dan hrus ngluarin biaya yg ga sdikit bagi sy. Untunglahh ktmu sma komenan disini alhmdulillahh disadarkan sebelum wktunya tiba 😁

    Jdikan pelajaran aja bagi kita smua smoga selalu dilindungi dimna pun kita berada

    Btw ingat ya IG nya HAKEEM ABDUL

  • Nchan 27 Maret 2023

    Aduh aku udh terlanjur kirim alamat sama email gimana dong helpp, belum di suru bayar si tp dr chat dia udh bilang bakal ada kurur yg minta 2 juta 🙁 tolonginnn takut

    • Nurhayati 2 April 2023

      Betul sekali kakak2 saya alami kemaren ngkunya dia kerja di Korea sebagai insunyur bensin, minyak dan gas. Yang anehnya dia berani videocall dan benar itu dia lanjut chattingan ko dia mau ngasih kejutan karena mamahnya ulang tahun saya ladeni sampai mana. Belum ada kabar lagi nih. Minta do’anya semoga kita semua tidak terjebak oleh manipulasi orang2 yang tidaj bertanggung jawab. . Semoga kita semua di lindungi oleh Allah Aamiin aamiin

    • Isna 2 April 2023

      Sama ,dia malah minta 400usd setara hampir 6 juta

  • may 27 Maret 2023

    Bisa tidak kasus ini dilaporkan supaya uang kita kembali?

  • Irsan 27 Maret 2023

    Sama pacar gue juga mau di kirimin IPhone sama tas Brand dari london
    Tapi sy cek nomor wa yg mau mengirim kok kode ponsel nya Nigeria
    Dan pelaku tersebut minta uang 3jt untuk bayar uang paket

  • Cing 27 Maret 2023

    Pertama² saya saya sangat berterima kasih untuk org² yg sdh berkomentar disini.
    Ini yg saya alami barusan. Kebetulan habis chatingan lgsg buka google. Krn saya benar² ga habis pikir kenapa bisa berkenalan dg org baru 2 hari sudah mau mengirimkan hadiah . ini yg sangat saya heran kan. Kronologi ceritanya sama persis dg yg diatas. Berarti bisa saya pastikan, saya juga hampir kena tipu. Dan Alhamdulillah nya, saya cepat cari informasi di google.
    Jadi, besok jika ada yg menghubungi saya untuk mentransferkan uang, langsung saya tolak.

    • Fitri 29 Maret 2023

      Sama saya juga udah kirim alamat tapi belum di minta uang jadi takut, jadi solusinya apa?

      • Zulfayani 2 April 2023

        Saya baru kena juga mba.. Udh sya transfer malah 5 jt.. Trs saya kena pinalti karna da uang dolar di paket saya mba jd saya hrs byr sangsinya sebesar 7 jt mba.. Udh saya gk mau lg mba.. Walaupun sudah saya kirim angap aj tu tabungan saya di akhirat nanti

        • SITHA 11 April 2023

          apa ada yang mengenal dengan hakimi farhan bekerja bagian enginering di malaysia.
          Dia membelikan saya hadiah dll dan mengirimkan paket dengan koper dan menyelipkan uang 20.000 dollar di dalam koper tsb.
          ada yg wa berbeda meminta 6juta dan sdh saya bayarkan. Dan sudah saya lunaskan uang pengiriman, perusahaan agent meminta saya membayar urusah PBB 42juta. benar kan ini berarti penipuan? saya cuekin chatnya, dia selalu chat dan menggangu saya, giliran di video call selalu tidak mau.
          IG PELAKU: hakimi_farhan

        • SITHA 12 April 2023

          berarti itu penipuan kan kak?
          saya di mintain biaya PBB 42 juta. saya bilang tdk ada uang. lucunya dia selalu chat saya dan menyarankan saya untuk memakai aplikasi pinjaman online. wkwk
          kalo berbicara di chat dan tlp selalu berbahasa inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *