Bisnis

7 Contoh Kata-kata Menarik Dalam Promosi Bisnis!

promosi bisnis

Ketika menjalankan sebuah bisnis, promosi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Promosi menjadi sebuah strategi jitu yang dilakukan untuk memberi informasi dan mempengaruhi target konsumen agar membeli produk yang Anda tawarkan. Promosi jelas sangat penting dilakukan oleh setiap bisnis apapun, baik dalam skala kecil maupun besar. 

Melakukan promosi bisnis pun haruslah menggunakan strategi-strategi yang efektif. Strategi promosi ini dilakukan sebagai cara untuk meningkatkan permintaan pasar sehingga laba perusahaan dapat meningkat. Untuk mengetahui lebih lanjut berikut ini ulasan mengenai pengertian promosi bisnis, pentingnya promosi bisnis dan daftar kata-kata terbaik untuk mempromosikan bisnis Anda!

Baca Juga : Begini Cara Endorse Selebgram untuk Promosi Bisnis, Mau Coba?

Definisi Promosi Bisnis

Promosi sangat berkaitan erat dan selalu menjadi bagian dari istilah bisnis. Menurut Investopedia, pengertian promosi bisnis adalah berbagai tindakan yang dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran atau kemajuan yang lebih besar dari suatu barang. Dalam pemasaran, promosi mengacu pada peningkatan minat pada suatu produk melalui iklan atau potongan harga.

Promosi adalah istilah umum yang mencakup semua cara yang dapat dilakukan bisnis untuk meningkatkan visibilitas produk, layanan, atau mereknya. Iklan poster di halte bus adalah salah satu bentuk promosi. Begitu juga obral yang mendiskon harga suatu produk atau layanan untuk jangka waktu tertentu.

Pentingnya Promosi Bisnis

Promosi adalah aspek penting dari bisnis apapun. Tanpa setidaknya beberapa tingkat promosi, bisnis tidak bisa mendapatkan pelanggan, dan tanpa mereka, hanya masalah waktu sebelum bisnis harus menutup pintunya. Menurut laman Balance Money, bisnis baru mungkin harus melalui masa coba-coba bereksperimen dengan gaya promosi yang berbeda sebelum mereka menemukan yang paling cocok untuk mereka. Bahkan bisnis yang sudah mapan bereksperimen dengan strategi promosi baru selain melanjutkan promosi mereka yang sudah terbukti benar. Berikut ini poin-poin penting dari fungsi promosi bagi sebuah bisnis:

1. Promosi Penting Untuk Menciptakan Brand Awareness

Promosi pertama kali dilakukan adalah agar target konsumen mengenali produk yang Anda tawarkan. Melakukan promosi akan mencipatakan brand awareness sehingga target konsumen Anda mengetahui mengenai produk Anda. Jika tidak melakukan promosi bagaimana target konsumen Anda akan mengenali dan membeli produk yang Anda jual. Untuk menciptakan brand awarness ini juga sangat penting ketika Anda baru memulai sebuah bisnis.

2. Membangun merek

Ketika Anda telah mengenalkan produk Anda dan target konsumen telah banyak mengenali produk Anda, langkah selanjutnya adalah Anda harus menciptakan kesan yang baik dan positif pada produk yang Anda jual.  Bangun citra merek yang positif dan kuat sehingga konsumen akan lebih memilih produk Anda daripada kompetitor. Untuk membangun merek dengan citra yang baik sebaiknya fokuskan pada kualitas produk dan pelayanan yang telah Anda berikan. 

Selain itu, Anda juga bisa membuat logo produk yang mudah diingat dan menonjol agar merek Anda dapat melekat dalam pikiran para konsumen. Sebagai contoh, logo dari merek sepatu Nike sangatlah iconic sehingga kita bisa tahu merek sepatu tersebut tanpa mereka harus menuliskan kata Nike di sepatu yang mereka jual.

3. Menciptakan Loyalitas Konsumen

Selain manfaat di atas, dengan melakukan promosi, loyalitas konsumen akan semakin meningkat. Loyalitas konsumen ini sangat penting supaya target konsumen Anda tidak beralih pada kompetitor. Loyalitas konsumen juga bisa Anda dapatkan dengan tetap mempersembahkan produk atau jasa dan pelayanan terbaik bagi mereka.

Kemampuan promosi yang baik dan efektif akan selalu menjadi hal yang dinanti oleh konsumen setia Anda. Tawarkan dan adakan program membership yang mengandung diskon tertentu atau keuntungan bagi konsumen yang menarik perhatian mereka dalam pembelian produk Anda. Hal ini dimaksudkan agar konsumen bisa semakin loyal dan rutin mendukung bisnis Anda.

Baca Juga : 5 Tips Promosi Produk yang Ampuh Menarik Konsumen

4. Sebagai Sarana Untuk Memberikan Edukasi Pada Target Konsumen

Dengan melakukan promosi juga berarti bisnis Anda juga melakukan komunikasi dengan target konsumen. Melakukan promosi juga sama dengan menyampaikan informasi atau pesan pada target konsumen Anda. Melalui promosi pun Anda dapat menyampaikan value apa yang ada pada produk Anda untuk lebih mengedukasi target konsumen Anda.

Sebagai seorang pebisnis, sudah menjadi kewajiban Anda untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda miliki pada pelanggan. Dalam promosi, Anda bisa menyelipkan beragam info yang mengedukasi siapapun calon konsumen Anda. Misalnya, dalam mempromosikan lembaga kursus bahasa asing, Anda bisa memberikan promo berupa  belajar gratis atau seminar mengenai keunikan bahasa yang akan dipelajari oleh calon konsumen Anda. Selain akan menarik perhatian, hal ini bisa memberi keuntungan ganda dimana Anda tidak perlu mengeluarkan banyak dana untuk membuat iklan atau banner maupun selebaran mengenai bisnis Anda. 

Daftar Kata-kata Promosi Bisnis

Mengolah kalimat ternyata tak hanya seputar menggabungkan satu kata dengan kata lainnya. Ada sebuah seni di dalamnya dan tips-tips yang bisa Anda coba implementasikan. Dilansir dari laman Hubster, inilah daftar kata-kata promosi bisnis yang bisa Anda gunakan:

1. Diksi Yang Digunakan Sesuai Target Konsumen

Pemilihan diksi kalimat atau kata-kata di dalam konten promosi disesuaikan dengan kosakata yang lumrah digunakan target konsumen. Sebagai contoh apabila target merupakan anak-anak, maka gunakanlah kata yang mudah dicerna anak-anak dan terkesan seru menyenangkan. Sementara jika target pemasaran adalah remaja, maka gunakanlah kata-kata kekinian yang biasa mereka gunakan dalam percakapan. Berikut contoh kalimat promosi yang bisa Anda jadikan referensi:

  1. Mainan anak-anak: Sudah lihat squishy lembut dan wangi yang satu ini? Tak hanya lucu, squishy imut ini bisa menambah koleksi squishy-mu yang menggemaskan!
  2. Sabun cuci muka untuk remaja: Hari gini masih mencetin jerawat? Duh jangan deh, nanti bisa jadi bopeng! Gunakan facial wash ini yang kandungan pH nya aman untuk kulit remajamu! Terbuat dari bahan alami yang aman, dijamin menjaga kulit remajamu!

2. Kalimat Awal yang Menarik

Selain menggunakan diksi yang sesuai dengan target pasar, faktor selanjutnya yang harus diperhatikan adalah penggunaan kalimat awal yang memikat dan membuat orang tertarik. Salah satu cara membuat orang tertarik adalah dengan membuat mereka penasaran dan mau mencoba produk Anda. 

Berikan kesan seolah Anda peduli dengan keluhan konsumen. Susun kalimat yang membuat Anda dekat dengan konsumen secara personal. Berikut beberapa contoh kalimat awal yang dapat membuat orang tertarik:

  1. Sudah gonta-ganti facial wash tapi kulit wajah terus saja tumbuh jerawat? Padahal sudah cuci muka berkali-kali dan sangat menjaga pola makan. Eits, hati-hati. Jangan-jangan Anda salah memilih facial wash. Facial wash yang tepat adalah yang sesuai dengan kondisi kulit wajah. Kami punya solusinya!
  2. Ingin berat badan ideal tapi berat badan justru naik terus? Padahal sudah diet ketat dan rutin olahraga? Gunakan produk diet sehat dari perusahaan X. Dibuat dari bahan-bahan alami yang diracik oleh dokter terbaik. Konsumsi rutin diiringi pola hidup sehat dijamin akan membuat berat badan Anda menjadi ideal.

Baca Juga : Limited Edition Sebagai Strategi Penjualan Bisnis

3. Iming-iming dengan Harga Diskon

 Di zaman serba digital saat ini, banyak konsumen yang rela merogoh kocek sangat dalam demi mendapatkan produk yang tengah didiskon besar-besaran. Banyak konsumen yang bahkan ketika mencari produk tidak melihat spesifikasi produknya terlebih dahulu namun langsung mencari tulisan diskon.

Bentuk diskon sendiri ada banyak macamnya, mulai dari uang tunai, hingga kupon diskon untuk beli produk lainnya. Berikut contoh kalimat promosi bisnis online menggunakan iming-iming diskon:

  1. Promo Singkat! Dapatkan promo cashback sebesar 30% hanya hari ini dengan belanja minimum Rp 300.000.
  2. Dapatkan gratis kupon diskon listrik PLN atau voucher listrik sebesar Rp 10.000 dengan minimum pembelian Rp 200.000.

4. Menggunakan Kata-kata yang Terlihat “Ajaib”

Salah satu inti dari kesuksesan pemasaran produk secara online adalah dengan menggunakan kata-kata yang terkesan ajaib di mata target konsumen. Berikut beberapa contoh kata “ajaib” yang seringkali ditemukan digunakan:

  1. Asli: “Produk ini asli kualitasnya. Tak main-main!”
  2. Eksklusif. “Produk ini eksklusif kami luncurkan untuk kamu para wanita kekinian yang ingin tampil beda.”
  3. Terlengkap: “Dapatkan paket perawatan kulit terlengkap dari pagi hingga sore hanya dengan biaya sebesar Rp 115.000 saja.”
  4. Satu-Satunya: “Produk ini adalah satu-satunya produk kosmetik asli dari alam.”
  5. Instan: “Dapatkan tubuh sehat dan langsing tanpa ribet tanpa efek samping dengan diet instan ini.”

5. Jual Manfaat Dari Produk Yang Ditawarkan

Melalui kalimat promosi singkat, jangan lupa untuk mencantumkan iming-iming manfaat produk yang dijual. Tunjukkan apa keunggulan produk yang Anda miliki berdasarkan fakta produk tersebut. Meski begitu, hindari penggunaan kata berlebihan dengan klaim yang tidak sesuai. Berikut contoh kalimat promosi yang menekankan manfaat dari produk yang ditawarkan:

  1. Gunakan serum pencerah ini secara rutin selama 10 hari dan buktikan khasiatnya!
  2. Masker wajah dibuat dari bahan-bahan alami dengan kandungan vitamin pencerah serta anti bakteri. Gunakan masker ini di pagi hari dan dapatkan wajah yang halus, tanpa noda serta jerawat hilang.

6. Jelaskan Kandungan Produk

Manfaat yang Anda cantumkan saat promosi produk secara online tidak akan menarik perhatian target konsumen apabila tidak Anda tunjukkan kandungan produk di dalamnya. Target konsumen tidak akan percaya begitu saja dengan klaim Anda jika tidak disertai oleh bukti berupa kandungan produk. 

Meski Anda sebaiknya mencantumkan kandungan produk, namun jangan berlebihan saat menyampaikan kandungan produk. Berikut contoh promosi bisnis online dengan mencantumkan kandungan produk yang menarik:

  1. Ribuan orang sudah membuktikan khasiat sabun ini dalam mencerahkan kulit. Kandungan susu dan ekstrak bengkoang di dalam sabun ini dapat membuat kulitmu lebih putih dan sehat secara alami.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Customer Relationship dan Cara Membangunnya

‍7. Kalimat Penutup Yang Menarik Target Untuk Membeli

Terakhir adalah kalimat penutup yang pamungkas untuk menarik target konsumen agar segera membeli. Susunlah kata-kata yang dapat mensugesti calon konsumen untuk segera membeli namun mereka tidak merasa “dipaksa” dalam membeli. Berikut contohnya:

  1. Kapan lagi punya rice cooker di rumah yang bisa memanggang kue, mengukus makanan, rebus bakso, menanak nasi dan berbagai jenis makanan secara higienis selain di sini? Ayo, tunggu apalagi. Segera hubungi nomor berikut ini sekarang juga.”
  2. “Penawaran terbatas hanya hari ini saja, jangan sampai ketinggalan promonya! Hubungi kami di nomor berikut!

Peningkatan penjualan sangat dipengaruhi oleh seberapa baik dan menarik Anda bisa membuat konten promosi. Promosi dalam bisnis tidak hanya penting tapi juga berperan sebagai kunci keberhasilan bisnis Anda. Hal yang patut diperhatikan juga adalah kata dan diksi yang digunakan dalam kalimat promosi Anda. Semakin menarik kalimat promosi bisnis Anda, maka semakin banyak pelanggan yang akan tertarik dan percaya kepada produk atau jasa yang Anda tawarkan. Semoga ulasan ini menginspirasi! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *