Bisnis

30 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing di 2023

contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing

Untuk Anda yang ingin memulai bisnis kecil-kecilan, sekaranglah waktunya untuk mencoba. Kini, sudah banyak peluang usaha yang bisa Anda lakukan. Mulai dari modal kecilpun Anda bisa mulai berbisnis. Anda tidak perlu takut, karena lama-lama nantinya Anda akan terbiasa. Nah, apa saja contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing di 2023? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

List 30 Usaha Modal Kecil 

Nah, untuk Anda yang sudah penasaran apa saja contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing, yuk langsung saja kita lihat!

  1. Bisnis Makanan Sehat

Saat ini, banyak pebisnis yang mulai terjun ke dunia food & beverages. Namun, tidak banyak yang menawarkan makanan-makanan diet sehat. Inilah contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing di tahun 2023 ini. Apakah Anda tertarik untuk memulai usaha bisnis makanan sehat ini? 

  1. Paket Sayur 

Nah, usaha modal kecil selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah paket sayur. Untuk ibu-ibu rumah tangga yang cenderung sibuk, paket sayur ini sangatlah menguntungkan. Sebab, dapat memudahkan ibu-ibu memasak setiap hari. Praktis, dan tinggal memasukkan bahan-bahan dari paket sayur Anda. Misalkan saja paket sayur sop, sayur asem yang sudah dilengkapi dengan bumbu-bumbu dapur. Sangat praktis kan?

  1. Virtual Assistant

Apakah Anda pernah mendengar istilah virtual assistant ini? Jasa ini bisa Anda tawarkan ke klien apabila Anda memiliki kemampuan manajerial yang baik. Anda bisa menjadi sekretaris pribadi, atau manajer klien, hanya dengan modal internet saja, lho! Mungkin jarang terdengar jasa ini, namun Anda bisa mencobanya, karena belum banyak pesaingnya. 

  1. Jasa Kursus Online

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaingnya yaitu jasa kursus online. Anda tidak perlu untuk memiliki tempat sendiri untuk membuka les. Hanya perlu modal internet dan laptop. Akan sangat menguntungkan jika Anda memiliki kemampuan yang tidak banyak dimiliki orang, seperti bahasa asing. Untuk pembayaran, Anda bisa dibayar per sesi ataupun per bulan. Itu semua tergantung pada kesepakatan bersama. 

  1. Jasa Titip (Jastip)

Untuk Anda yang suka banget jalan-jalan, bisa banget nih coba membuka usaha jasa titip, atau jastip. Misalkan saja Anda sedang berlibur ke Singapore, atau negara lainnya, Anda bisa menawarkan saudara atau teman-teman Anda terlebih dahulu. Nah, jika sudah banyak pelanggannya, Anda bisa menjangkau masyarakat umum. Usaha ini juga lumayan menghasilkan cuan lho!

  1. Jasa Menulis

Bagi Anda yang memiliki kemampuan menulis, Anda bisa menawarkan jasa menulis secara freelance di berbagai platform, seperti website, atau agensi. Biasanya, Anda akan dibayar per artikel yang Anda buat. Buat tulisan yang mendalam dan menarik, sehingga nantinya akan menjadi portofolio yang bagus untuk Anda. 

  1. Thrifting

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaingnya yang selanjutnya adalah bisnis thrifting. Bisnis ini yaitu mengumpulkan baju bekas yang masih layak pakai untuk dijual kembali. Misalkan saja, Anda masih banyak memiliki baju bagus yang sudah tidak muat, Anda bisa menjualnya dengan harga yang miring. Daripada terbuang begitu saja, mending Anda jual saja. 

  1. Frozen Food

Usaha selanjutnya yang belum banyak pesaingnya yaitu frozen food. Kini, frozen food digemari sebab sangat praktis. Anda pun tidak perlu untuk memiliki toko sendiri untuk menjual frozen food. Untuk langkah pertama, Anda bisa menggunakan kulkas yang ada di rumah. Nantinya, jika Anda sudah punya banyak pelanggan, Anda bisa menggunakan kulkas yang lebih besar, khusus untuk jualan Anda. 

  1. Salad Buah

Untuk Anda yang memiliki modal kecil, bisa banget nih untuk coba bisnis salad buah yang belum banyak pesaingnya. Untuk mendapatkan kualitas buah yang segar, Anda bisa survei terlebih dahulu pasar-pasar di sekeliling Anda. Untuk resepnya, lihat video-video cara masak salad buah di YouTube. 

  1. Makanan Pendamping ASI

Untuk ibu-ibu yang cenderung sibuk, mungkin mereka kurang memiliki waktu untuk memasak. Nah, oleh sebab itu, gunakan kesempatan ini untuk membuka bisnis makanan pendamping ASI. MPASI ini dibutuhkan oleh bayi mulai dari 6 bulan ke atas, dan ibu perlu memberikan makanan yang bergizi tinggi. Untuk tahap pertama, Anda bisa menawarkan ibu-ibu di sekeliling komplek Anda, lalu merambah ke media sosial.

  1. Sewa Peralatan Bayi

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaingnya di 2023 yang berikutnya adalah sewa peralatan bayi. Seperti yang kita ketahui, bayi terasa sangat cepat pertumbuhannya. Maka dari itu, bisnis ini dapat menguntungkan Anda. Mungkin beberapa dari peralatan bayi cukup mahal, maka tidak semua orang bisa membelinya. Misalkan saja kotak boks bayi, yang penggunaannya hanya sebentar.

  1. Reseller

Untuk Anda yang masih pemula, Anda bisa memulai bisnis reseller terlebih dahulu. Selain hanya membutuhkan modal kecil, Anda tidak perlu pusing untuk memproduksi barang. Anda bisa menjadi reseller produk kecantikan, baju, hijab, ataupun barang-barang yang lain sesuai dengan keinginan Anda. 

  1. Bisnis Berlangganan Video Premium

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing yang dapat Anda coba yaitu bisnis berlangganan video premium. Saat ini, sudah banyak platform yang menawarkan video streaming. Namun, tidak semuanya gratis dan perlu kartu kredit untuk bayar langganan. Tidak semua orang memiliki kartu kredit untuk membayar video premium. Oleh sebab itu, Anda bisa mulai bisnis berlangganan ini untuk konsumen Anda.

  1. Laundry Kiloan

Usaha modal kecil yang selanjutnya adalah laundry kiloan, yang biasanya ramai di perumahan. Untuk keluarga yang cukup sibuk, tentunya kurang ada waktu untuk mencuci baju. Bisnis laundry kiloan ini adalah solusinya. Apabila rumah Anda padat dengan penduduk, bisa banget untuk membuka usaha di rumah Anda saja. Tawarkan terlebih dahulu ke saudara atau tetangga-tetangga terdekat. 

  1. Penerjemah

Untuk Anda yang memiliki kemampuan bahasa asing, Anda bisa membuka layanan jasa penerjemah. Di internet pun, sudah banyak platform yang menawarkan lowongan menjadi penerjemah lepas. Misalkan saja, Anda bisa menerjemahkan komik, novel, dokumen dan lain-lain. Biasanya Anda akan dibayar per lembar, atau per dokumen yang Anda submit. 

  1. Penitipan Hewan

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaingnya adalah penitipan hewan. Bagi Anda yang menyukai hewan seperti kucing atau anjing, cocok sekali untuk Anda. Pada umumnya, penitipan hewan ini akan cenderung ramai di saat liburan panjang seperti natal dan lebaran. Sebab, keluarga akan pulang ke kampung halaman dan kemungkinan besar tidak dapat membawa hewan peliharaannya untuk sementara waktu. 

  1. Jasa Grooming

Bagi Anda yang memiliki kemampuan grooming hewan, Anda bisa memanfaatkannya untuk menjadi lahan bisnis. Untuk tahap awal, Anda bisa grooming dari rumah ke rumah. Nantinya jika sudah banyak pelanggan, Anda dapat membuka toko grooming sendiri di tempat Anda. 

  1. Tempat Daycare

Kini, banyak pasangan suami isteri yang bekerja dua-duanya. Sehingga, tidak ada orang yang dapat mengasuh anak di siang hari. Oleh karena itu, Anda bisa membuka tempat daycare anak. Akan sangat mengasyikan jika Anda juga menyukai anak-anak kecil. Apabila Anda tinggal di perumahan, Anda bisa membuka daycare di rumah Anda. 

  1. Jasa Pembersih

Contoh usaha modal kecil yang berikutnya adalah jasa pembersih rumah. Untuk pasangan yang cukup sibuk, tentunya mereka membutuhkan jasa pembersih. Misalkan saja untuk bersih-bersih sofa, tempat tidur, dan ruangan lainnya di rumah. Untuk tarif, biasanya bisa dibebankan per-jam. 

  1. Wedding Organizer/Event Organizer

Bagi Anda yang suka kerja dalam tim, Anda bisa mencoba buka usaha wedding organizer atau event organizer. Tim inilah yang nantinya akan membantu calon mempelai atau klien untuk mempersiapkan acara. Mulai dari persiapan hingga hari-H. Untuk modal pun yang dibutuhkan tidak terlalu besar, yang penting Anda memiliki tim yang kompak terlebih dahulu dan kemampuan managing. 

  1. Kue Kering 

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaingnya yaitu usaha kue kering. Untuk Anda yang mencari usaha modal 1 juta, Anda bisa mencoba usaha ini. Biasanya pemesanan kue kering akan cenderung melonjak saat-saat lebaran dan juga natal. Selain itu, Anda bisa membuat parsel atau hampers dengan berisikan kue kering tersebut. Selamat mencoba ya!

  1. Jasa Make Up Artist

Bagi Anda yang suka makeup, Anda bisa memulai usaha make up artist untuk berbagai acara seperti pernikahan, dan lain-lain. Untuk langkah pertamanya, Anda bisa les atau belajar terlebih dahulu kepada yang ahlinya. Setelah Anda sudah mendapatkan sertifikat, Anda bisa mulai mencari klien-klien yang membutuhkan jasa make up artist. 

  1. Jasa Setrika

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaingnya yang bisa Anda coba yaitu jasa setrika. Mungkin banyak orang yang menganggap bahwa setrika itu pekerjaan yang cukup melelahkan. Oleh sebab itu, Anda bisa mencoba peluang usaha yang menjanjikan ini. Anda bisa tawarkan ke orang-orang sekeliling Anda seperti tetangga dan kerabat. 

  1. Pembuatan Website 

Bagi Anda yang memiliki kemampuan programming, Anda bisa membuka jasa pembuatan website. Kini, banyak platform yang menawarkan lowongan pembuatan website secara freelance. Oleh sebab itu, Anda pun tidak perlu ke kantor untuk membuat website ini. Anda hanya perlu internet serta laptop yang dapat mendukung pekerjaan Anda. 

  1. Souvenir Pernikahan

Seperti yang kita ketahui, bahwa setiap pernikahan biasanya terdapat souvenir untuk dibagikan ke tamu-tamunya. Inilah contoh usaha sendiri yang bisa Anda lakukan. Misalkan saja, Anda membuat gantungan kunci yang cantik untuk dijadikan souvenir pernikahan, atau mug custom nama pengantin. 

  1. Toko Sembako

Selanjutnya ada usaha toko sembako yang bisa dijadikan referensi Anda. Akan lebih bagus lagi apabila Anda tinggal di wilayah dengan banyak penduduk. Mereka tentunya akan membutuhkan berbagai keperluan harian seperti roti, beras, atau snack. Dengan modal di bawah 1 juta, Anda bisa membuka toko sembako kecil-kecilan di perumahan Anda. 

  1. Jual Sarapan 

Bagi Anda yang jago banget masak, Anda bisa mencoba jual sarapan sebagai usaha pertama. Anda tidak perlu memiliki toko sendiri untuk menjual sarapan. Kini Anda pun sudah bisa menjual makanan secara online, atau apabila rumah Anda padat penduduk, Anda bisa berjualan di depan rumah. Misalkan saja menjual ketupat sayur, bubur, dan sarapan yang lainnya. 

  1. Dropship

Di dunia serba digital ini, Anda bisa menjual apapun yang disukai. Anda bisa memulai bisnis dengan menjadi dropshipper. Anda tidak perlu modal yang begitu besar untuk memulai dropship. Anda hanya perlu gadget dan internet, dan pasarkan barang yang ingin Anda jual. Untuk pengiriman, biasanya akan dibebankan kepada sang produsen. Apakah Anda tertarik?

  1. Sewa Mainan Anak

Kini, Anda bisa mencoba bisnis sewa mainan anak seperti ayunan, dan lain-lain. Anak cenderung untuk cepat bosan pada mainan sendiri. Oleh sebab itu, Anda bisa banget mencoba membuka jasa sewa mainan anak. Sebelum itu, Anda bisa riset terlebih dahulu kira-kira mainan apa yang biasanya disukai oleh anak-anak. 

  1. Minuman Kesehatan

Saat ini, banyak orang yang menjual minuman, namun kebanyakan yang manis-manis. Bagi orang yang sedang menjaga kesehatannya, tentunya tidak bagus. Oleh sebab itu, Anda dapat mencoba usaha modal kecil ini. Misalkan saja, Anda bisa menjual jus detox untuk kesehatan, atau berbagai macam jamu. 

Daftar jadi Mitra Seller SAP untuk dapatkan Website Toko Online Gratis

Nah, setelah membaca inspirasi contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaingnya, apakah Anda sudah menentukan pilihan? Nah, untuk Anda UMKM, Anda bisa menjadi mitra seller SAP, dan dapatkan website toko online secara gratis. Untuk pendaftaran, Anda bisa klik di sini untuk menjadi mitra seller SAP Express. Kita tunggu ya!Nah, demikianlah 30 contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaingnya di 2023. Gunakan layanan Last Mile Delivery sebagai mitra jasa pengiriman usaha Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menginspirasi bagi bisnis Anda.

1 Comment

  • Dani wahyudin 12 Januari 2024

    Saya ingin punya usaha sampingan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *