Finance

Daftar Investasi Modal Kecil Tapi Cuan, Cocok untuk Pemula!

investasi modal kecil

Ingin merencanakan keuangan untuk masa depan tapi keuangan belum mapan? Anda bisa mulai dari investasi modal kecil yang cocok untuk pemula. Investasi jenis ini bisa dilakukan dengan modal kecil, namun tetap mendatangkan cuan.

Salah satu cara terbaik untuk mempersiapkan masa depan adalah dengan melakukan investasi. Berbeda dengan menabung yang uangnya hanya diam, investasi membuat uang Anda terus bergerak dan berputar sehingga bisa mendatangkan keuntungan baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Saat ini ada banyak instrumen investasi yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Lalu jenis apa saja kira-kira jenis investasi dengan modal kecil yang paling cocok untuk pemula? Simak info lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Investasi

Melansir dari Investopedia, investasi adalah aset atau pun barang yang diperoleh dengan tujuan menghasilkan pendapatan atau apresiasi. Apresiasi ini merujuk pada peningkatan nilai aset dari waktu ke waktu. Saat Anda membeli sebuah barang sebagai investasi, tujuannya bukanlah untuk konsumsi, namun Anda menyimpannya untuk masa depan dan menciptakan kekayaan.

Jenis Investasi Modal Kecil yang Cocok untuk Pemula

Investasi bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja bahkan dengan modal kecil sekalipun. Anda hanya perlu memilih jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan financial. Berikut ini beberapa contoh jenis investasi yang menguntungkan dengan modal kecil yang bisa Anda coba:

Baca Juga : Cara Menghitung Modal Awal untuk Memulai Sebuah Bisnis

1. Deposito

Salah satu instrumen investasi yang cukup aman dan cocok untuk pemula adalah deposito. Cara kerja deposito cukup mudah sehingga aman untuk pemula yang masih belajar berinvestasi. Deposito merupakan jenis simpanan di bank yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau (LPS).

2. Reksa dana

Reksadana merupakan jenis investasi dimana dana yang disetorkan oleh nasabah akan dikelola oleh manajer investasi. Tujuannya tidak lain agar mendapatkan keuntungan. Reksadana bisa menjadi salah satu jenis investasi terbaik untuk pemula karena cukup aman dan bisa menghasilkan cuan.

Selain aman dan mudah, investasi reksa dana ini juga bisa dimulai dengan modal kecil yaitu mulai Rp 100.000 saja. Bahkan ada beberapa sekuritas yang menawarkan investasi reksa dana dengan modal Rp 10.000 sebagai instrumen investasi modal kecil profit harian.

3. Agen Retail SAP 

Ada peluang investasi yang dapat menguntungkan Anda, yaitu menjadi salah satu agen dari retail SAP. Dengan maraknya bisnis online, tentunya jasa pengiriman penting untuk kelancaran operasional bisnis. Oleh sebab itu, agen retail SAP bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin investasi jangka panjang. Mulai dari harga 350 ribu rupiah, Anda bisa menjadi agen retail SAP.

4. Emas

Emas juga bisa menjadi salah satu jenis investasi yang cocok untuk pemula karena bisa dimulai dengan modal kecil. Kelebihan dari investasi emas adalah memiliki harga yang stabil dan cenderung terus meningkat serta tidak tergerus inflasi sehingga bisa mendatangkan keuntungan di masa depan.

5. Rekening valas

Membuka rekening valas untuk investasi modal adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin berinvestasi dalam  bentuk mata uang asing. Meski memiliki risiko yang cukup tinggi karena harga valas bisa berubah kapan saja, namun investasi jenis ini juga bisa mendatangkan untung besar.

6. Peer to Peer Lending (P2P Lending)

Pernahkah Anda mendengar istilah investasi peer to peer landing atau P2P landing? Dengan teknologi yang semakin canggih, masyarakat bisa mengirim uang dan meminjam uang tanpa perlu datang ke bank. Inilah manfaat dari peer to peer landing. Melansir dari OJK, peer to peer landing adalah layanan pinjam uang dalam rupiah secara langsung antara kreditur dan debitur yang berbasis teknologi informasi. Pastikan platform P2P lending yang Anda pilih sudah terlindungi oleh OJK, ya!

banner Agen Retail

7. Equity Crowdfunding

Investasi dengan modal kecil bagi pemula yang selanjutnya adalah equity crowdfunding, yang mengajak masyarakat Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Crowdfunding sendiri merupakan teknik pendanaan untuk proyek atau unit usaha yang melibatkan masyarakat luas. Nah, untuk Anda yang ingin turut andil dalam perekonomian negara, Anda bisa mencoba investasi equity crowdfunding ini.

Jenis Investasi Syariah Modal Kecil

Selain beberapa rekomendasi di atas, bagi Anda yang ingin investasi untuk mahasiswa modal kecil berbasis syariah, ada beberapa pilihan yang bisa dijadikan pilihan. Seperti namanya, investasi jenis ini menggunakan prinsip syariah sehingga lebih cocok untuk umat muslim. Di antaranya adalah:

1. Saham syariah

Salah satu jenis produk investasi syariah yang cukup populer beberapa waktu belakangan ini adalah saham syariah. Saat ini Bursa Efek Indonesia (BEI) telah memiliki beberapa produk Daftar Efek Syariah (DES) yang merupakan hasil seleksi saham syariah berdasarkan aturan OJK berkaitan dengan saham syariah.

2. Reksadana syariah

Produk investasi modal kecil untung besar berbasis syariah yang kedua adalah Reksadana Syariah. Produk investasi jenis ini sangat cocok untuk investor pemula karena lebih aman dan mudah dilakukan. Ada beberapa jenis reksadana syariah yang bisa Anda pilih antara lain seperti saham syariah, pendapatan tetap dan pasar uang.

3. Obligasi Syariah (Sukuk)

Obligasi syariah merupakan produk investasi syariah yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah RI dengan berdasarkan prinsip syariah islam. Produk investasi ini berupa surat berharga yaitu surat pengakuan utang. Pemegang obligasi akan menerima keuntungan dari bagi hasil secara berkala.

4. Emas

Emas juga bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin produk investasi syariah. Di Indonesia, menabung emas telah diperbolehkan oleh Majelis Ulama Indonesia karena mampu mendatangkan kebaikan di masa depan. Anda bisa mulai investasi modal 500 ribu dengan membeli perhiasan emas atau logam mulia.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Laba dan Cara Menghitungnya

Aplikasi untuk Investasi Modal Kecil

Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, saat ini berinvestasi menjadi semakin mudah dilakukan. Ada banyak pilihan aplikasi yang menyediakan layanan investasi dengan modal kecil, antara lain:

1. Bareksa

Bareksa merupakan marketplace reksa dana yang menjual berbagai produk investasi dari berbagai perusahaan dan dikelola oleh manajer investasi profesional. Beberapa pilihan produk investasi yang ditawarkan seperti reksa dana, surat berharga, emas, hingga umrah.

2. Bibit

Jenis aplikasi lain yang juga bisa digunakan untuk mulai investasi modal 20 ribu adalah Bibit. Aplikasi ini menyediakan layanan all in one yang sangat mudah digunakan bahkan untuk pelajar sekalipun. Anda bisa mengalokasikan dana ke berbagai produk investasi seperti reksa dana, pasar saham, obligasi dan ada juga pilihan investasi syariah.

3. Ajaib

Rekomendasi aplikasi selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mulai investasi adalah Ajaib. Aplikasi ini menawarkan layanan investasi yang bisa dimulai dengan modal Rp 10.000 saja. Ada dua pilihan produk investasi yang ditawarkan yaitu reksa dana dan emas.

Investasi bisa dilakukan kapan saja tidak perlu menunggu Anda menjadi kaya terlebih dahulu. Seiring perkembangannya, saat ini investasi bisa dilakukan dengan lebih mudah bahkan melalui berbagai aplikasi digital dengan beragam pilihan produk dan investasi reksadana adalah salah satunya.

Meski melakukan investasi modal kecil, namun pastikan tetap memilih produk yang tepat dan sesuai kebutuhan. Selain agar lebih aman, memilih jenis produk investasi yang aman juga bisa mendatangkan keuntungan lebih besar untuk Anda.

6 Comments

  • rudi 31 Maret 2024

    Artikelnya bermanfaat banget buat yang ingin memulai investasi, Aku juga punya nih buat temen-temen yang mau baca tentang apa saja jenis-jenis investasi dan cara investasi yang menguntungkan dengan stockbit, barangkali artikel aku bisa jadi referensi kamu dalam mencari informasi atau referensi artikel kamu juga. Bisa di cek link di bawah yaa.

    https hubstler.com/investasi-yang-menguntungkan-dengan-stockbit/

  • Diyan 24 November 2023

    Bagaimana caranya untuk daftar reksa dana pemula?

  • Hendro 19 September 2023

    Terima kasih untuk gambaranya ini jadi bahan pertimbangan yang bagus untuk memulai investasi.

  • iklima 4 September 2023

    gimana cara nya

  • Tinggaludin 11 Agustus 2023

    Gmna caranya daftar

  • Jamaludin 30 Januari 2023

    Terima kasih atas penjelasannya, sangat berharga bagi sy utk memilih dan memilah ketika akan berinvestasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *