Logistik

Estimasi Pengiriman: Pengertian, Faktor yang Mempengaruhi dan Contohnya

estimasi pengiriman

Saat mengirim barang atau paket, pasti Anda penasaran berapa lama barang tersebut akan sampai kepada penerima? Untuk memudahkan pengirim dan penerima barang, biasanya jasa ekspedisi akan memberikan estimasi pengiriman atau perkiraan berapa lama barang tersebut sampai pada alamat yang dituju.

Tidak bisa dipungkiri, jika estimasi pengiriman menjadi salah satu indikator yang paling sering dicari tahu ketika melakukan pengiriman barang menggunakan jasa ekspedisi. Masing-masing jenis ekspedisi biasanya memiliki estimasi pengiriman yang berbeda tergantung dari jenis layanan yang digunakan.

Untuk lebih jelas tentang apa itu estimasi pengiriman dan apa yang mempengaruhi berapa lama proses pengiriman? Yuk, simak penjelasan lengkapnya disini:

Pengertian Estimasi Pengiriman Jasa Ekspedisi

Estimasi pengiriman merupakan perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan barang dengan memperhitungkan waktu dan jarak sampai kepada penerima barang. Estimasi pengiriman ini biasanya diberikan kepada pelanggan berdasarkan seberapa jauh barang dikirim dan layanan apa yang dipilih untuk proses pengiriman.

Jasa ekspedisi akan menawarkan beberapa pilihan produk atau layanan pengiriman dengan estimasi waktu pengiriman yang berbeda-beda. Ada yang bisa sampai di hari yang sama (same day), 1 hari, 3 hari atau lebih lama tergantung dari jarak pengiriman.

Jadi arti estimasi pengiriman paket adalah perkiraan waktu yang dibutuhkan sampai barang sampai ke penerima barang. Dengan adanya estimasi pengiriman ini, Anda bisa memilih jenis layanan yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga : 4 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Paket Tidak Sampai

Faktor yang Mempengaruhi Estimasi Pengiriman

Setiap jenis layanan pengiriman memiliki estimasi waktu yang berbeda-beda. Akan tetapi, untuk menentukan estimasi pengiriman ini ada beberapa faktor atau landasan yang digunakan. Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi estimasi pengiriman.

1. Jenis Layanan Pengiriman yang Digunakan

Jasa pengiriman atau jasa ekspedisi memiliki berbagai pilihan layanan produk yang bisa dipilih oleh pelanggan. Masing-masing produk biasanya memiliki estimasi pengiriman yang berbeda. Contohnya seperti layanan produk same day, next day, pengiriman reguler 2 – 3 hari atau bahkan membutuhkan waktu seminggu lebih hingga barang sampai ke penerima.

Masing-masing jenis layanan pengiriman ini memiliki tarif yang berbeda. Semakin cepat yang Anda pilih, biasanya tarifnya juga akan semakin mahal. Jika Anda memilih layanan dengan estimasi pengiriman cukup lama, tarifnya akan lebih murah.

2. Lokasi Pengiriman

Lokasi pengiriman juga berpengaruh terhadap cepat atau lamanya estimasi waktu barang sampai ke tujuan. Jasa ekspedisi biasanya menawarkan layanan produk premium namun hanya terbatas pada wilayah tertentu saja. Semakin sulit tujuan pengiriman, maka akan membutuhkan waktu lebih lama hingga barang bisa sampai ke penerima.

Layanan pengiriman cepat atau premium biasanya hanya menjangkau kota-kota besar saja sehingga jika tujuan pengiriman Anda merupakan daerah terpencil tidak bisa menggunakan layanan tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa semakin jauh lokasi dan semakin sulit aksesnya, maka tarif pengiriman yang harus dibayar juga akan semakin mahal.

Baca Juga : Berapa Lama Paket dari China ke Indonesia? Yuk, Cari Tahu!

Contoh Estimasi Pengiriman Jasa Ekspedisi Terkenal

Saat ini ada banyak pilihan jasa ekspedisi yang bisa Anda pilih jika ingin mengirim barang atau paket. Masing-masing jasa ekspedisi biasanya memiliki pilihan layanan produk dan estimasi pengiriman yang berbeda-beda.

Berikut ini contoh estimasi waktu pengiriman SAP Express yang perlu Anda ketahui:

  • Same day                     : paket sampai di hari yang sama pengiriman
  • ODS                              : 1 x 24 jam
  • Reguler                         : 1 – 7 hari

Nah, itulah beberapa hal mengenai estimasi pengiriman barang yang perlu Anda ketahui. Estimasi pengiriman diperlukan untuk mengetahui dan memperkirakan kapan paket akan tiba. Jadi dalam pembelian online, customer tidak perlu menduga-duga berapa lama paket akan diterima karena sudah mengetahui estimasi pengiriman berapa lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *