Bisnis

5 Fungsi Media Pemasaran Untuk Bisnis Anda

fungsi media pemasaran

Untuk memasarkan produk dan jasa, tentunya pemilik bisnis memerlukan media pemasaran, baik itu secara online maupun offline. Media pemasaran adalah sarana yang dapat dimanfaatkan pemilik bisnis untuk mengenalkan produk serta layanan ke khalayak audiens. Dengan berbagai strategi yang tepat, penggunaan dari media pemasaran ini akan menjadi efektif. 

Lantas apa saja fungsi media pemasaran untuk bisnis? Nah, simak ulasan selengkapnya berikut ini, yuk!

Fungsi Media Pemasaran

Nah, untuk memahami media pemasaran lebih lanjut, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa dari fungsi media pemasaran, yaitu antara lain;

1. Meningkatkan Brand Awareness

Fungsi media pemasaran yang pertama yaitu untuk meningkatkan brand awareness audiens Anda. Dengan teknologi internet kini, Anda bisa memanfaatkan berbagai platform online seperti media sosial. Di situlah Anda bisa mengeluarkan biaya promosi untuk endorse produk Anda melalui influencer media sosial yang sesuai dengan nilai produk Anda. Dengan banyaknya pengikut, influencer tersebut dapat membantu meningkatkan brand awareness. 

Baca Juga : 5 Tips Cara Membuat Nama Brand Untuk Usaha Anda

2. Menarik Perhatian Masyarakat

Fungsi media pemasaran yang selanjutnya adalah untuk menarik perhatian masyarakat. Misal saja produk skincare Anda memiliki beragam manfaat untuk kecantikan kulit. Lalu, Anda membuat video di media sosial mengenai review orang-orang yang sudah menggunakan produk skincare Anda. Hal ini tentunya bisa menarik perhatian audiens Anda, sehingga mereka penasaran juga ingin membeli produk dari Anda. 

3. Menjaga Agar Pelanggan Tetap Loyal

Agar Anda tetap memiliki pelanggan yang loyal, Anda tentunya perlu memanfaatkan media pemasaran. Dengan internet 24 jam, Anda bisa tetap terhubung dengan pelanggan-pelanggan Anda. Apabila audiens Anda memiliki pertanyaan, mereka bisa langsung terhubung ke customer service online ataupun live chat bisnis Anda. Pelanggan tidak perlu lagi keluar rumah untuk mendapatkan layanan, hanya butuh internet dan gadget mereka bisa langsung terhubung. 

4. Meningkatkan Penjualan Produk

Fungsi dari media promosi online, salah satunya adalah untuk meningkatkan penjualan produk. Kini sudah ada banyak e-commerce yang bisa membantu menjualkan produk produk Anda. Dengan e-commerce, pastinya lebih banyak audiens yang dapat mampir ke toko online bisnis Anda tanpa batas wilayah. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan iklan dari e-commerce untuk menargetkan usia, jenis kelamin dan wilayah tertentu. 

Baca Juga : 6 Cara Promosi di Sosmed untuk Mendapatkan Pelanggan

5. Menambah Nilai Produk 

Fungsi media pemasaran yang selanjutnya adalah untuk menambah nilai produk. Promosi yang Anda lakukan di media pemasaran dapat mengubah cara pandang dari calon audiens Anda. Hal terpenting dalam promosi yaitu kata-kata yang menarik untuk mendapatkan calon pelanggan baru, serta kualitas gambar yang bagus. Dengan begitu, produk atau layanan Anda akan mendapatkan nilai tambah. Apakah kini sudah tertarik menggunakan media promosi online?

Tips Menggunakan Media Pemasaran yang Tepat

Agar Anda menggunakan media pemasaran yang tepat, pertama-tama Anda perlu memahami setiap dari platform dan kegunaannya. Setiap dari media pemasaran seperti media sosial memiliki karakteristik dan cara berkomunikasinya sendiri. Misalkan saja Instagram cocok untuk gambar visualisasi dari produk Anda. Luangkan waktu untuk riset platform atau saluran yang akan Anda gunakan, untuk membantu bisnis Anda memilih platform yang terbaik. 

Selain itu, sebelum memutuskan untuk memilih media pemasaran, ada baiknya Anda terlebih dahulu riset mengenai kompetitor Anda di industri Anda. Lihat dan pahami saluran apa yang mereka gunakan, dan pelajari seberapa terlibat audiens terlibat pada setiap saluran. Dengan begitu, Anda juga dapat bersaing nantinya di pasar Anda. 

Demikianlah ulasan kali ini mengenai 5 fungsi media pemasaran untuk bisnis Anda. Pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu mengenai saluran apa yang ingin Anda gunakan, agar nantinya bisnis Anda bisa berjalan dengan efektif, dan siap-siap penjualan Anda akan meningkat dengan bantuan media pemasaran. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *