Logistik

4 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Paket Tidak Sampai

cara mengatasi paket tidak sampai

Salah satu kekhawatiran terbesar saat berbelanja secara online adalah paket tidak sampai sesuai dengan estimasi waktu yang telah ditentukan. Mengalami kondisi seperti ini pasti membuat Anda bingung dan akan berusaha untuk mencari tahu penyebab kenapa paket tidak kunjung sampai.

Berbelanja secara online memang menawarkan kemudahan karena tidak perlu datang ke penjual secara langsung. Akan tetapi metode ini juga memiliki kekurangan, salah satunya adalah pengiriman barang yang kadang tidak sesuai dengan ekspektasi. Belum lagi jika ada masalah dalam proses pengiriman sehingga membuat barang yang dipesan tidak kunjung datang meskipun sudah ditunggu cukup lama.

Lalu bagaimana jika paket tidak sampai? Jangan panik terlebih dahulu, lakukan beberapa hal berikut ini.

1. Cek Kembali Alamat Pengiriman

Jika paket yang Anda pesan tidak kunjung diterima meskipun telah sampai pada estimasi waktu yang ditentukan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah cek kembali alamat pengiriman. Pastikan alamat pengiriman yang Anda cantumkan sudah besar karena data ini sangat berpengaruh dalam proses pengiriman paket.

Baca Juga : Waspada, Begini Ciri-ciri Penipuan Paket Luar Negeri yang Perlu Anda Tahu!

Paket yang tidak kunjung sampai bisa terjadi karena alamat pengiriman yang dicantumkan tidak sesuai. Maka dari itu,untuk menghindari risiko paket tidak sampai seperti ini pastikan cantumkan alamat pengiriman dengan benar dan detail agar kurir lebih mudah menemukan alamat Anda.

2. Salah Titik Lokasi

Jika alamat pengiriman sudah benar namun paket yang dikirimkan tidak mampu sampai ke tujuan bisa jadi ada kekeliruan saat memasukkan titik lokasi. Jika hal ini terjadi, coba pastikan apakah status paket sudah diterima atau belum. Jika sudah, cobalah untuk cek ke tetangga sekitar untuk memastikan apakah ada yang menerima paket yang Anda pesan atau tidak.

3. Cek Nomor Resi

Cara lain yang bisa Anda lakukan jika mendapati kasus paket yang tidak sampai adalah dengan cek nomor resi. Nomor resi yang diberikan oleh jasa ekspedisi bisa digunakan sebagai cara melacak paket yang tidak sampai sekaligus melacak status paket apakah sudah diterima atau belum.

Untuk melacak nomor resi ini bisa melalui website layanan ekspedisi yang digunakan untuk mengirim paket. Setelah nomor resi dimasukkan, website akan menampilkan informasi secara detail tentang paket yang dikirim hingga status paket sampai dimana. Biasanya keterlambatan penerimaan paket ini bisa saja terjadi jika terjadi pengiriman yang overload.

Baca Juga : Cara Mengirim Paket yang Benar dan Aman

4. Hubungi Pihak Logistik

Satu lagi cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi paket tidak sampai adalah dengan menghubungi pihak logistik. Cara ini bisa Anda lakukan untuk mengetahui mengapa paket tidak kunjung datang meskipun telah sampai pada estimasi waktu yang diberikan.

Anda bisa menghubungi pihak logistik melalui nomor kontak yang tersedia atau melalui layanan media sosial. Biasanya pihak logistic akan meminta nomor resi paket untuk membantu pengecekan status pengiriman. Jika masalah sudah ditemukan, pihak logistik biasanya akan menghubungi Anda untuk memberitahukan alasan keterlambatan serta solusi untuk masalah tersebut dan memastikan bahwa paket akan segera diterima dalam waktu dekat.

Paket tidak sampai sesuai estimasi waktu yang telah ditentukan bukan berarti Anda mengalami penipuan. Kondisi ini bisa saja terjadi karena berbagai alasan sehingga Anda harus memastikannya terlebih dahulu. Untuk mengantisipasi masalah seperti ini, pastikan simpan nomor resi paket agar jika terjadi masalah dalam proses pengiriman Anda bisa langsung melacak dan melakukan pengaduan dengan lebih mudah.

4 Comments

  • dyan 15 Agustus 2023

    bgst emg expedisi ini sy dpt kiriman kartu kredit tokped dan hrusny kidim ke tanjung pinang malah keliru di jambi, sy udh konfirm dan sdh sy kirim bukti identitas blg akan d kembalikan ke jkt tpi msih di simpan ke gudang anjing betul emg kalau paket sy d salah gunakan gmn goblok

  • Mastur 22 Maret 2023

    Paket sy sudah di bawa kurir malah di balikin lagi ke gudang klu ngga tau alamat kan ada no telepon…kenapa ngga telp klu balik lagi kan jadi tambah lama

  • Putunisanggi perdanari 14 Januari 2023

    Assalamualaikum kenpa paket saya tidak bergerak sama sekali di tgl 10 janjinya 4-7 hari sampai tapi sampai detik ini psket saya tdk bergerak juga status kiriman masih sama keluar dari kantor cabang Rokan hulu itu trus. No resi BLM23010702332. Mohon kerja sama nya🙏

  • Yuni 27 Desember 2022

    Kenapa paket saya gak di kirim”
    No resi : ACE00111706827

    Kerja yang bertanggung jawab dong.. gak ngotak kalian kerja atau gaj becus.. di komplen dari pagi dan sore jawab iya iya aja sekarang saya malam cek lagi paket saya .masih aja di verifikasi udah 20jam lebih koplak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *