Bisnis

Harga Pokok Penjualan: Komponen, Cara Menghitung, dan Contoh Perhitungannya

harga pokok penjualan

Bagi Anda yang kerap membuat atau membaca laporan keuangan pasti sudah tidak asing dengan istilah harga pokok penjualan. Ini merupakan salah satu elemen penting dalam laporan keuangan yang menjadi salah satu unsur dari biaya produksi setiap perusahaan. Maka dari itu, perhitungan harga pokok penjualan harus dilakukan dengan tepat.

Harga pokok penjualan (HPP) merupakan jumlah pengeluaran dan beban yang dikeluarkan baik secara langsung maupun tidak langsung dalam proses menghasilkan produk atau jasa. Dalam prinsip akuntansi Indonesia, HHP juga diartikan sebagai jumlah pengeluaran dan beban yang dikeluarkan baik secara langsung atau tidak untuk menghasilkan barang atau jasa dalam kondisi dan tempat barang itu dapat dijual atau digunakan.

Lalu bagaimana cara menghitung harga pokok penjualan dan apa saja komponen yang ada di dalamnya? Yuk, simak info lengkapnya sebagai berikut.

Komponen dalam Harga Pokok Penjualan (HPP)

Dalam perhitungan HPP, ada beberapa komponen yang perlu Anda perhatikan. Sebelum menghitung berapa harga pokok penjualan, ketahui dulu komponen apa saja yang ada dalam HPP,  yaitu:

1. Persediaan awal barang dagang

Persediaan awal barang dagang merupakan persediaan yang tersedia di awal periode akuntansi perusahaan. Anda bisa cek saldo persediaan awal barang di neraca saldo periode berjalan atau di awal perusahaan pada tahun sebelumnya.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Omset Penjualan Online, Mudah!

2. Persediaan akhir barang dagang

Persediaan akhir barang dagang merupakan persediaan barang yang ada di akhir periode akuntansi perusahaan atau pada akhir tahun buku berjalan.

3. Pembelian bersih

Pembelian bersih dalam HPP merupakan keseluruhan pembelian barang dagang yang dilakukan perusahaan untuk pembelian barang yang dilakukan secara tunai atau kredit. Unsur yang termasuk dalam pembelian bersih ini antara lain pembelian kotor, pengurangan harga, retur pembelian, potongan pembelian.

4. Penjualan bersih

Pembelian bersih adalah salah satu unsur pendapatan perusahaan yang cara menghitung pembelian bersih terdiri dari tiga komponen penting yaitu retur pembelian, pembelian kotor, dan pengurangan harga.

Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan

Perhitungan harga pokok penjualan dilakukan dalam beberapa langkah atau tahapan. Berikut ini langkah-langkah cara menghitung HPP yang perlu Anda lakukan:

Tahap I Menghitung Biaya Bahan Baku

Tahap yang pertama yaitu dengan menghitung biaya bahan baku terlebih dahulu. Bahan baku ini adalah stok yang belum digunakan untuk memproduksi barang dalam proses. Jenis dari bahan baku ini bisa beragam, mulai dari baja, kaca, tembaga hingga kayu. Nah di bawah ini adalah cara menghitung biaya bahan baku;

Bahan Baku Awal = (HPP + Persediaan Bahan Baku Akhir) – Pembelian Persediaan Bahan Baku

Tahap II Menghitung Biaya Produksi

Nah, bagaimana kalau menghitung biaya produksi? Melansir dari Investopedia, biaya produksi adalah semua biaya langsung dan tidak langsung yang dihadapi bisnis dari pembuatan produk atau penyediaan layanan. Berikut merupakan rumus untuk menghitung biaya produksi dari perusahaan Anda;

Biaya Produksi = Bahan Baku + Tenaga Kerja Langsung + Biaya Overhead Perusahaan

Tahap III Menentukan Harga Pokok Produksi 

Tahap selanjutnya adalah menentukan harga pokok produksi. Menghitung harga pokok produksi ini memiliki manfaat antara lain untuk menentukan harga jual produk, dan untuk penghitungan laba rugi periodik. Nah, seperti apa rumus untuk menentukan harga pokok produksi?

Harga Pokok Produksi = Total dari Biaya Produksi + Persediaan Barang dalam Produksi Awal + Persediaan Barang dalam Produksi Akhir

Tahap IV Menghitung HPP

Nah, langkah terakhir yaitu dengan menghitung harga pokok penjualan (HPP). Untuk menghitung HPP, caranya cukup sederhana, yaitu seperti di bawah ini;

HPP = Pembelian Bersih + Persediaan Awal – Persediaan Akhir

Baca Juga : Mau Memulai Bisnis? Inilah Cara Membuat dan Contoh Perencanaan Usaha

Contoh Perhitungan Harga Pokok Penjualan (HPP)

Untuk memudahkan memahami cara menghitung harga pokok penjualan, Anda bisa menyimak contoh di bawah ini:

Laporan keuangan toko A sebagai berikut:

  • Persediaan awal barang 2022 = Rp 500.000.000
  • Pembelian baru selama  2022 = Rp 800.000.000
  • Persediaan akhir barang 2022 = Rp 600.000.000

HPP = Pembelian bersih + Persediaan awal barang – Persediaan akhir barang

        = Rp 800.000.000 + Rp 500.000.000 – Rp 600.000.000

        = Rp 1.000.000.000.000

Jadi toko A telah berhasil menjual barang dagangan sebesar Rp 1.000.000.000 selama tahun ini.

Dalam sebuah bisnis, penting untuk memahami cara menghitung harga pokok penjualan (HPP) ini. Hal tersebut karena perhitungan HPP yang tepat sangat berpengaruh terhadap keakuratan perhitungan laba perusahaan. Maka dari itu, laporan keuangan perusahaan harus disusun dengan tepat dan teliti karena berpengaruh terhadap kondisi financial perusahaan secara keseluruhan.

bisnis jasa pengiriman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *