Bisnis

13 Ide Bisnis Online yang Cocok Untuk Pemula

ide bisnis online

2023 merupakan tahun yang tepat untuk Anda memulai sebuah bisnis. Tidak ada yang perlu ditakutkan karena yang terpenting Anda mencoba terlebih dahulu. Anda pun bisa memulai bisnis online dengan modal yang sedikit saja. Sangat mudah bukan? Dengan masyarakat yang mulai melek dengan yang namanya internet, akan lebih mudah untuk Anda menjangkau audiens. 

Nah, apa saja bisnis online yang cocok untuk pemula? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Ide Bisnis Online yang Cocok Untuk Pemula

Kini, dengan adanya internet yang sudah menjangkau masyarakat, Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk membuka bisnis online. Berikut adalah 13 ide bisnis online yang cocok untuk pemula. Yuk simak!

1. Membuka Toko Online

Ide bisnis online yang cocok untuk pemula yang pertama adalah membuka toko online. Saat ini sudah banyak platform e-commerce yang menyediakan fasilitas toko online. Keuntungannya adalah, Anda tidak perlu untuk membuka toko offline Anda sendiri. Anda bisa menjual produk kapan pun dan di mana pun dengan membuka toko online ini. Manfaatkan iklan yang ditawarkan platform, agar Anda bisa menjangkau lebih banyak audiens. Anda bisa menggunakan jasa bisnis online dari SAP Express, yaitu dengan menjadi mitra seller. Plusnya, Anda bisa mendapatkan website toko online secara gratis!

2. Dropship

Untuk Anda yang tidak memiliki modal yang besar, Anda bisa memulai bisnis online dropship. Anda tidak perlu untuk menjual produk sendiri, melainkan Anda hanya perlu membantu memasarkan produk orang lain. Apabila Anda menjual banyak produk, maka hasil yang didapatkan akan lebih besar. Untuk pengiriman pun, Anda tidak perlu repot repot untuk mengirim, karena itu adalah tugas dari penjual. Gunakan jasa bisnis online dari SAP Express untuk solusi bisnis Anda. 

3. Affiliate Marketing

Pernahkah Anda mendengar yang namanya affiliate marketing? Nah, inilah ide bisnis online yang cocok untuk pemula. Saat ini pun, sudah banyak influencer yang menjadi affiliate marketing, yang membantu brand-brand besar maupun kecil untuk menjual produk. Apabila terjual, maka affiliate tersebut akan mendapatkan keuntungan. Biasanya affiliate akan membagi link produk yang dipromosikannya melalui berbagai social media seperti Instagram atau Facebook. 

4. Menjual Makanan Secara Online

Nah, untuk Anda yang jago masak, ide bisnis online yang bisa banget Anda coba adalah menjual makanan secara online. Kini, banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk menjual makanan. Bisa melalui media sosial, situs web, dan e-commerce. Dengan menjual secara online, Anda tidak perlu memiliki toko offline. Manfaatkan dapur di rumah Anda sendiri, dan mulai dapatkan cuan!

5. Menjual Pulsa, Kuota, dan Token

Mungkin Anda biasanya membeli pulsa ke konter-konter hp secara offline. Namun, dikarenakan zaman yang semakin canggih, orang-orang tidak perlu lagi keluar rumah hanya untuk membeli pulsa, kuota, dan token. Nah, inilah ide bisnis online yang bisa Anda lakukan. Cukup gunakan media sosial atau platform online, dan mulai jual pulsa, kuota, dan token. Nantinya pelanggan cukup melakukan transfer secara online. Sangat fleksibel bukan?

6. Freelance

Kini, banyak lowongan kerja freelance yang bisa Anda temui di internet. Mulai dari penulisan artikel, penerjemah, jasa edit video, dan yang lain-lainnya. Nah, apabila Anda memiliki skill-skill khusus ini, Anda bisa memulai ide bisnis online ini untuk tambahan uang. Anda bisa menemukannya di berbagai situs-situs freelance, dan biasanya Anda akan dibayar dengan dollar lho!

7. Content Creator

Untuk Anda yang memiliki kemampuan speaking, make up, atau gaming, Anda bisa memulai bisnis online sebagai content creator. Misalkan saja Anda memiliki hobi gaming, Anda dapat membuka akun YouTube atau platform lainnya untuk mendapatkan uang. Mungkin awalnya akan terasa sulit, namun apabila Anda konsisten upload, dan semakin kreatif, maka followers Anda akan bertambah banyak.

8. Menawarkan Jasa Pembuatan Website

Apabila Anda punya skill pembuatan website, Anda bisa mendapatkan uang secara online lho. Pada situs freelance, Anda biasanya akan menemukan berbagai perusahaan yang menawarkan lowongan pembuatan website. Gunakan kesempatan ini untuk menambah cuan Anda tahun ini. Anda tidak perlu ke kantor untuk membuat website ini, sebab bisa Anda lakukan secara online saja.

9. Menjadi Podcaster

Ide bisnis online yang cocok untuk pemula yang selanjutnya adalah menjadi podcaster. Bisnis ini tentu akan sesuai dengan Anda yang memiliki kemampuan public speaking dan storytelling. Topik podcast pun bisa beragam, mulai dari sejarah, hobi sampai dengan politik. Anda dapat mengundang narasumber yang berkompeten untuk berbicara di podcast Anda. 

10. Membuka Jasa Titip

Bagi Anda yang suka travelling, bisa banget untuk mencoba ide bisnis online ini. Misalkan saja Anda sedang berjalan-jalan ke luar negeri, Anda bisa menawarkan jastip pada followers Anda di media sosial. Untuk mendapatkan keuntungan, Anda bisa menambahkan beberapa persen untuk jasa titip beli barang tersebut. Bayangkan saja bila ada banyak yang meminta jastip. Sudah pasti banyak keuntungan Anda.

11. Menjadi Blogger

Ide bisnis yang cocok untuk pemula selanjutnya adalah menjadi blogger. Usaha ini tepat bagi Anda yang memiliki kemampuan menulis. Misalkan saja Anda punya hobi traveling, nah Anda bisa membagikan pengalaman Anda jalan-jalan di blog Anda. Apabila blog Anda memiliki traffic yang lumayan banyak, Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih dari traffic tersebut. Contohnya, Anda bisa menambahkan iklan di blog Anda. 

12. Menjadi Virtual Assistant

Ide bisnis yang cocok untuk pemula yang berikutnya adalah menjadi virtual assistant. Mungkin Anda jarang mendengar istilah ini, namun pada dasarnya adalah Anda bisa menjadi manajer atau sekretaris sebuah klien secara online. Anda pun tidak perlu ke kantor untuk menjadi virtual assistant, yang terpenting adalah Anda memiliki kemampuan organisasi dan manajerial yang baik. 

13. Jasa Desain Grafis

Nah, ide bisnis yang cocok untuk pemula yang terakhir adalah jasa desain grafis. Lagi-lagi, Anda tidak perlu ke kantor untuk desain grafis ini. Sudah banyak website yang menawarkan lowongan jasa desain grafis ini. Lakukan sebaik-baiknya untuk memperbagus portfolio Anda. Selamat mencoba!Demikianlah 13 ide bisnis online yang cocok untuk pemula. Dari sekian banyak inspirasi, manakah yang menjadi kesukaan Anda? Jadilah Sahabat Satria SAP Express, dan dapatkan keuntungan seperti mendapatkan website toko gratis, dan gratis pick up. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi Anda.

1 Comment

  • sofyanto 16 Oktober 2023

    melihat ide bisnis online yang diurai dalam artikelnya, sepertinya bisnis online begitu tidak ada modal sama sekali. Jadi pas sekali bagi pebisnis pemula 8 langkah jitu memulai bisnis online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *