Bisnis

5 Ide Bisnis Sampingan yang Menguntungkan!

bisnis sampingan

Saat ini banyak orang yang mulai membuka usaha sampingan demi mendapatkan keuntungan lebih. Namun, banyak dari mereka yang masih bingung ingin membuka usaha apa. Seiring perkembangan zaman, masyarakat kini mudah membuka usaha sampingan. Bahkan, tak perlu sampai menyewa tempat yang mahal karena Ana bisa membuka usaha di rumah sendiri demi menekan biaya pengeluaran. 

Apalagi dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, bisnis usaha bisa berkembang cepat dengan bantuan media sosial. Maka tak heran, ada beberapa bisnis usaha yang langsung ramai diserbu masyarakat karena tengah viral di internet.
Lantas, apa saja sih usaha sampingan yang dapat Anda lakukan di rumah? Simak selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Bisnis Sampingan?

Seperti dengan namanya, bisnis sampingan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan di sela-sela pekerjaan utama. Tujuannya adalah untuk menghasilkan pemasukan tambahan tanpa mengabaikan pekerjaan pokok. Bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja mulai dari ibu rumah tangga hingga karyawan perusahaan. 

Baca Juga : Kenapa Harus Berbisnis Sejak Muda? Ini Alasannya!

Ide Usaha Sampingan Karyawan

Karyawan usaha sampingan di rumah tentu bukanlah hal yang salah. Bahkan kini, banyak para karyawan melakukan hal tersebut. Ada yang sekedar iseng-iseng sambil bekerja kantoran. Namun juga ada yang justru berhasil, dan memilih resign untuk menggeluti usaha sendiri. Usaha sampingan yang serius digeluti, bisa memberikan keuntungan besar. Menariknya lagi, waktu bekerjanya sangat fleksibel. Tertarik mencoba? Berikut ide sampingan yang dapat dilakukan oleh segala profesi:

1. Membuka Usaha Makanan ringan

Salah satu usaha yang cepat laku yaitu usaha makanan. Usaha makanan ringan merupakan pilihan terbaik karena banyak orang senang makan makanan ringan di waktu luangnya. Hampir peluangnya tidak pernah sepi dan merupakan usaha sampingan di rumah yang mengungtunkan. Setiap hari manusia butuh makan, dan di era sekarang, banyak masyarakat lebih menyukai cara praktis  Selain pangsa pasarnya yang terbuka lebar, usaha makanan katering ini juga tidak menuntut Anda memiliki modal besar. Anda bisa memanfaatkan media sosial dalam mendongkrak penjualan, lakukan promosi semenarik mungkin di berbagai platform dan nikmati keuntungan berlimpah dari usaha sampingan ini.

2. Membuka Usaha Siap Saji

Selain cemilan, makanan siap saji juga menjadi solusi tepat. Terutama bagi Anda yang ingin membuka usaha kecil-kecilan namun tidak punya banyak waktu dalam mengurusnya. Makanan siap saji dimasak dan diberikan pada pelanggan dalam waktu yang cepat.  Ini yang membuatnya tidak pernah sepi karena banyak sekali orang sibuk yang perlu mengonsumsi makanan yang cepat dan siap saji..Bentuk kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana membuatnya kian diminati masyarakat. Bagi sebagian orang, makanan siap saji sering dianggap tidak sehat karena terkenal mengandung lemak dan kalori. Meski begitu, kini banyak makanan siap saji yang dapat menyehatkan tubuh. 

Baca Juga : Yuk, Intip Ide Bisnis Milenial dengan Modal Kecil Berikut Ini!

3. Menjadi Reseller Fashion Online

Selanjutnya, salah satu usaha yang tidak pernah sepi yaitu menjadi reseller fashion online. Sistem online bisnis sampingan satu ini banyak diminati oleh para ibu rumah tangga. Menariknya, para ibu rumah tangga berupaya mendapatkan penghasilan sendiri, di sela-sela pekerjaan rumah. Menjadi reseller fashion online nyatanya bukan hal yang sulit, Anda bisa memulainya dengan membeli barang dari supplier utama. Kemudian menjualnya lagi dengan menghitung keuntungan yang Anda inginkan. Sebaiknya, upayakan membeli barang dari pemasok utama atau pabriknya langsung. Sehingga harga pokok pembeliannya masih sangat murah. Anda bisa menjualnya lagi dengan harga terjangkau juga. Lalu, promosilan produk melalui media sosial, sehingga atensi konsumen bisa diraih!

4. Blogger

Menjadi seorang blogger merupakan salah satu pilihan menarik untuk usaha sampingan mahasiswa. Selain menyalurkan bakat dan hobi, jenis pekerjaan satu ini nyatanya bisa menjadi sumber penghasilan.

Silahkan menulis hal menarik dan unik di sela-sela mengerjakan tugas kuliah. Asah kemampuan menulis dengan niche tertenttu serta ciptakan konsep berbeda, agar pembaca semakin tertarik mengunjungi blog yang Anda bangun.  Menariknya, bisnis yang satu ini sudah mulai masuk perhitungan budget marketing oleh banyak perusahaan besar.

5. Youtuber

Sebagian besar masyarakat sering menonton konten youtube, baik anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan, konten Youtube kini dapat menyaingi konten televisi karena kualitas konten yang disediakan oleh para youtuber.Tak hanya itu, pemasukan para kreator youtube  dapat mencapai puluhan hingga ratusan juta. Jika Anda  memiliki hobi atau mengenai suatu bidang, Anda dapat menambahkannya dengan membuat konten Youtube.

6. Dropship

Dropship yaitu bisnis yang terdiri dari dropshipper sebagai penghubung antara produsen dan pembeli. Peran dropshipper hampir sama dengan reseller. Seorang dropshipper menjual barang dari supplier kepada pembeli. Dropshipper menentukan harga jual dengan supplier. Lalu, selisih dalam harga yang nantinya menjadi keuntungan untuk dropship. 

Membuka bisnis sampingan memang bukan hal yang mudah. Tantangan serta hambatan nyatanya selalu ada, terlebih masa awal-awal merintis. Namun, jika Anda bersungguh-sungguh melakukannya. Yakinlah bahwa usaha tersebut pasti membuahkan hasil yang memuaskan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang sedang berpikiran untuk membuka usaha sampingan. Selamat mencobanya!

bisnis rumahan modal kecil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *