Bisnis

Ini Dia Jenis Iklan Online yang Sebaiknya Anda Tahu

iklan online

Apakah Anda pernah mendengar istilah iklan online? Ya, di zaman digital seperti sekarang memang iklan online bukanlah hal yang asing. Bahkan hampir semua pebisnis telah beralih dari iklan offline yang konvensional menjadi iklan online. Lantas apa itu iklan online dan apa saja jenisnya? Yuk, cari tahu!

Pengertian Iklan Online

Iklan online merupakan promosi sebuah produk atau jasa yang menampilkan foto atau video dengan tujuan tertentu. Umumnya tujuannya antara lain penjualan atau selling, memperkenalkan brand atau brand awareness, dan lainnya.

Iklan online akan mengarahkan calon konsumen ke situs, website, atau sosial media. Tidak hanya itu, iklan online juga bisa digunakan untuk menawarkan produk/jasa guna meraih keuntungan.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Strategi Mobile Marketing dan Kelebihannya

Jenis Iklan Online

Ada banyak jenis iklan online yang sebaiknya Anda tahu, yaitu:

Adanya situs pencarian Google memunculkan jenis iklan online yang pertama, yaitu paid search. Dengan paid search, Anda bisa menawarkan atau mempromosikan produk Anda. Tujuan dari paid search adalah mengajak konsumen untuk menemukan produk atau jasa Anda melalui situs Google. Contoh paid search yang banyak dikenal saat ini adalah Google Ads.

2. Paid Social

Berikutnya ada juga paid social. Jenis iklan online ini mirip dengan paid search yang ada di Google, namun bedanya paid social digunakan di berbagai media sosial seperti Instagram atau Facebook. Anda bisa membuat iklan yang mudah ditemukan melalui media sosial dengan menggunakan paid social.

3. Email Marketing

Jenis iklan online lainnya adalah email marketing. Saat ini email tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai alat komunikasi yang sifatnya pribadi, namun juga bisa digunakan sebagai alat pemasaran. Melalui email marketing, Anda bisa mengirimkan surat penawaran, promosi, atau newsletter yang bertujuan untuk menarik konsumen untuk menggunakan produk/jasa Anda.

Baca Juga : Tips Membuat Copywriting Produk yang Menarik

4. Video Marketing

Video marketing merupakan iklan online yang paling banyak disukai pebisnis. Pasalnya, video marketing dianggap paling efektif untuk menarik perhatian konsumen. Jenis video marketing antara lain video produk, video tutorial, vlog, serta live streaming.

Itulah jenis iklan online yang sebaiknya Anda tahu. Dengan mengetahui apa saja jenisnya, Anda bisa memilih dan menentukan jenis iklan online apa yang sebaiknya dipakai untuk mempromosikan produk/jasa Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.