Bisnis

Ini Kelebihan dan Kekurangan e-Commerce yang Perlu Anda Tahu

kelebihan dan kekurangan e commerce

Bagi Anda yang gemar berbelanja secara online, penting untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan e commerce. E-commerce merupakan sebutan untuk pasar digital dimana terjadi transaksi jual beli secara online. Cara ini dianggap lebih praktis dan mudah sehingga tidak heran jika e-commerce berkembang begitu pesat.

Hadirnya teknologi internet memang membuat banyak hal bisa dilakukan dengan lebih mudah termasuk dalam transaksi jual beli online. Salah satu cara menjalankan bisnis digital yang paling populer adalah dengan memanfaatkan e-commerce.

Namun sudah tahukah Anda apa itu e-commerce dan apa kelebihan serta kekurangan e-commerce?  Berikut penjabarannya.

Apa itu e-Commerce

E-commerce adalah singkatan dari electronic-commerce yang merupakan suatu proses atau transaksi jual beli barang secara elektronik dari perusahaan ke perusahaan dengan memanfaatkan koneksi internet serta komputer.

Menurut David Baum (1999) e-commerce diartikan sebagai satu set teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang dinamis untuk menghubungkan perusahaan, konsumen serta masyarakat lewat transaksi elektronik dan pertukaran barang, pelayan dan informasi yang dilaksanakan secara elektronik.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Omset Penjualan Online, Mudah!

Dibandingkan transaksi jual beli secara konvensional, kekurangan dan kelebihan e commerce dianggap masih lebih baik khususnya untuk bertransaksi di era digital seperti sekarang ini. Transaksi jual beli melalui e-commerce ini bisa dilakukan dimana saja asalkan memiliki gadget dan koneksi internet.

E-commerce sendiri terdiri beberapa jenis, yaitu:

  • Business to business (perusahaan ke perusahaan)
  • Business to consumer (pelaku bisnis dan konsumen)
  • Consumer to consumer (konsumen dan konsumen)
  • Consumer to business (konsumen ke perusahaan)

Kelebihan dan Kekurangan e-Commerce

Tidak bisa dipungkiri jika semakin hari popularitas e-commerce memang semakin meningkat. Tren belanja online yang terus meningkat membuat penggunaan e-commerce juga semakin meningkat. Meski begitu, Anda tetap harus tahu kelebihan dan kekurangan e-commerce pdf seperti berikut :

Kelebihan e-Commerce

Beberapa kelebihan e-commerce antara lain:

1.  Meningkatkan Transaksi Antar Wilayah

Salah satu kelebihan dari penggunaan e-commerce adalah bisa meningkatkan transaksi antar wilayah. Dengan kelebihan dan kekurangan e-business model ini, proses jual beli yang dulu hanya bisa dilakukan untuk lingkungan dekat, kini dapat dilakukan secara lebih luas. Hal ini karena transaksi jual beli dilakukan secara online sehingga tidak memiliki batasan waktu dan jarak.

2. Meningkatkan Market Expose

Transaksi jual beli melalui e-commerce ini bisa dilakukan dari mana saja tanpa adanya batasan wilayah. Secara tidak langsung, kelebihan dan kekurangan e-commerce menurut para ahli mampu meningkatkan exposure dari toko tersebut sehingga akan lebih dikenal oleh konsumen luas.

3.  Tidak Membutuhkan Toko Fisik

Berjualan di e-commerce tidak mengharuskan pemilik bisnis memiliki toko fisik. Hal tersebut karena semua transaksi dilakukan secara online dimana penjual dan pembeli tidak perlu bertemu secara langsung. Anda hanya perlu mengupload foto produk yang dijual melalui platform e-commerce dan konsumen bisa melihat dan langsung membeli jika tertarik.

4.  Bisa Menjadi Dropshipper

Selain menguntungkan pemilik bisnis, ada juga keuntungan atau kelebihan e-commerce bagi konsumen. Salah satunya adalah konsumen bisa menjadi dropshipper untuk produk e-commerce yang sedang laku. Selain bisa memberikan keuntungan bagi pemilik bisnis, konsumen juga bisa mendapatkan keuntungan dari sistem dropship seperti ini.

Bisnis online

5.  Pengelolaan Usaha Lebih Mudah

Satu lagi kelebihan e-commerce adalah memudahkan dalam pengelolaan usaha. Anda tidak perlu pusing tentang bagaimana proses transaksi dan pengiriman barang karena semua sudah disediakan oleh platform e-commerce. Selain itu, ada banyak pilihan pembayaran yang disediakan mulai dari transfer bank hingga menggunakan fasilitas uang elektronik.

Kekurangan e-Commerce

Selain memiliki kelebihan, e-commerce juga memiliki kekurangan yang perlu Anda waspadai. Berikut ini kekurangan e commerce bagi konsumen dan pemilik usaha yang perlu Anda ketahui:

1. Masalah keamanan

Salah satu kekurangan terbesar dari penggunaan apa itu e-commerce dan contohnya adalah berkaitan dengan masalah keamanan. Dalam transaksi melalui e-commerce masih sering terjadi penipuan dan transaksi palsu yang bisa merugikan konsumen.

2. Ketidaksesuaian Produk

Kekurangan lainnya saat melakukan transaksi jual beli secara online adalah barang yang dikirim tidak sesuai dengan yang dipesan. Untuk menghindari risiko ini, penting bagi konsumen untuk memilih toko online terpercaya agar pesanan yang diterima dari kelebihan dan kekurangan electronic markets (ems) sesuai dengan yang diinginkan.

Baca Juga : Yuk, Intip Ide Bisnis Milenial dengan Modal Kecil Berikut Ini!

3. Kerugian Tidak Terduga

Meski menawarkan keuntungan bisnis yang cukup menggiurkan, akan tetapi berjualan melalui platform e-commerce juga memiliki risiko mendatangkan kerugian tidak terduga. Hal ini bisa terjadi jika ada salah satu penjual yang melakukan penipuan sehingga membuat nama seluruh toko di platform e-commerce menjadi buruk di mata konsumen. Inilah perbedaan e-commerce dan e-business yang bisa mendatangkan kerugian tidak terduga.

Sistem Online Seller SAP Express

Dengan e-commerce yang semakin menjamur, tentunya Anda perlu sebuah sistem online yang dapat memudahkan Anda dalam berbisnis online. Salah satunya adalah menjadi bagian dari Sahabat Satria yang dapat membantu Anda dalam pengiriman paket, bahkan tanpa aplikasi maupun marketplace. Anda pun bisa menambahkan fitur COD pada pengiriman paket Anda, yang dananya akan cair setiap harinya.  Hubungi kami lebih lanjut untuk informasi mengenai Sahabat Satria lebih lanjut.

Tren belanja online yang terus meningkat membuat keberadaan e-commerce juga semakin dibutuhkan. Akan tetapi sebelum terjun dalam bisnis online seperti ini, pastikan ketahui dulu kelebihan dan kekurangan e commerce agar Anda lebih bijak dalam melakukan transaksi via e-commerce.

2 Comments

  • Effendi 6 Mei 2023

    Cara agar tetap konsisten di tengah² persaingan haga..

    Kebetulan saya masih banyak belajar/penula😊

    Mohon🙏 solusinya min..

  • Webbie 12 Februari 2023

    Terima kasih atas insight nya mengenai e-Commerce. Sukses selalu SAP express ❤️

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *